5 Penyebab Paku Berkarat dan Cara Mencegahnya yang Mudah Dilakukan

Pahami berbagai penyebab paku berkarat agar Anda tidak sering membuang dan membeli paku baru. Pastinya Anda punya cadangan paku yang disimpan untuk digunakan ketika nantinya dibutuhkan. 


Namun seringkali paku yang disimpan tersebut ditemukan dalam keadaan berkarat sehingga penggunaannya pun sudah tidak layak pakai. Pastinya hal ini sangat merugikan, bukan? Meski harga paku tidak seberapa, tetapi sungguh merepotkan apabila Anda harus melakukan pembelian berkala karena sering berkarat. 


Itu sebabnya penting untuk memahami apa saja yang menyebabkan paku berkarat dan bagaimana cara mencegahnya. Baca informasi pentingnya di bawah ini agar Anda bisa mengamankan paku dari karat! 

Proses Terjadinya Karat

Karat pada paku terbentuk akibat proses oksidasi yang terjadi antara material besi pada paku dengan oksigen dan air. Ketika besi terkena oksigen dan air, maka terjadi reaksi kimia yang menghasilkan zat besi oksida atau lebih dikenal sebagai karat. 


Proses oksidasi ini makin dipercepat apabila paku berada di lingkungan yang lembap dan tempat yang terkena air hujan atau kondensasi. Lebih lengkapnya, paku yang berkarat akan melalui 3 proses, yaitu korosi, depolarisasi, dan difusi-ion. 


Tahapan korosi terjadi karena beberapa faktor, termasuk kelembapan tinggi, paparan air, dan paparan garam. Hal ini membuat paku yang digunakan di daerah dengan kelembapan tinggi atau yang digunakan untuk membangun struktur di dekat laut lebih rentan terhadap karat. 


Selain itu permukaan yang kasar atau tidak merata pada paku juga dapat mempercepat terjadinya korosi. Berlanjut ke tahap depolarisasi yang terjadi karena adanya elektrolit yang memungkinkan terjadinya perpindahan ion dari paku ke larutan dan sebaliknya. 


Oleh karena itu meminimalkan paparan paku terhadap air atau kelembapan dapat membantu memperlambat terjadinya depolarisasi dan karat pada paku. Pada tahap terakhir—yaitu difusi ion—, ion-logam yang terbentuk pada tahap pertama dan kedua akan menembus lapisan oksida pada permukaan paku yang bereaksi dengan logam di bawahnya. 


Hal ini menghasilkan senyawa karat yang menempel pada permukaan paku sehingga pada akhirnya menyebabkan kerusakan serta menurunkan kekuatan paku saat digunakan.


Baca juga: 9 Cara Mencegah Korosi Pada Besi yang Efektif

Penyebab Paku Berkarat



Dari penjelasan proses paku yang mengalami karat, beberapa dari Anda pasti sudah memahami apa saja faktor-faktor yang menyebabkannya. Lingkungan lembap bisa menjadi salah satu penyebab utama mengapa paku berkarat. Coba temukan penyebab lainnya di bawah ini! 

1. Lingkungan Basah dan Lembap

Paku yang terkena air atau kelembapan yang tinggi akan lebih mudah berkarat. Oleh karena itu jangan heran kalau Anda melihat paku berkarat dengan cepat ketika tempat penyimpanannya lembap seperti garasi tidak terawat.

2. Kontak dengan Logam Lain

Paku yang bersentuhan dengan logam lain seperti baja atau besi juga bisa berkarat. Hal ini terjadi karena reaksi elektrokimia yang terjadi antara kedua logam. Reaksi ini memicu aliran listrik kecil yang menyebabkan ion-ion oksigen dari air terikat pada logam lain beralih ke paku dan menyebabkan karat.

3. Paparan Oksigen

Oksigen dalam udara juga dapat mempercepat terjadinya korosi pada paku. Paparan oksigen yang berlebihan dapat menyebabkan paku bereaksi dengan oksigen sehingga membentuk senyawa karat pada permukaan paku.

4. Kontak dengan Bahan Kimia

Kontak dengan bahan kimia, seperti asam atau garam, juga dapat menyebabkan paku berkarat. Bahan kimia ini dapat merusak lapisan pelindung pada permukaan paku yang akhirnya mempercepat terjadinya proses korosi.

5.Kondisi lingkungan

Lingkungan yang kotor dan terpapar polusi dapat mempercepat terjadinya korosi pada paku. Zat-zat kimia dan partikel di lingkungan dapat mempercepat terjadinya depolarisasi sekaligus difusi ion pada permukaan paku. Makin sering sebuah paku terpapar berbagai partikel asing yang ada di lingkungan kotor maka makin cepat juga karat yang terjadi.

Cara Mencegah Paku Berkarat

Pencegahan paku dari karat sebenarnya mudah dilakukan. Apabila Anda mengetahui berbagai cara pencegahannya maka paku akan selamat dari proses korosi. Pastinya Anda harus menjauhkan paku dari lingkungan yang lembap dan kotor seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya. Kemudian cari tahu lebih banyak lagi cara pencegahannya di bawah ini. 

1. Simpan Paku di Tempat yang Kering

Untuk mencegah karat pada paku, sebaiknya simpan paku di tempat yang kering dan terlindung dari air atau kelembapan. Anda bisa menyimpannya di tempat yang terlindung seperti kotak penyimpanan atau rak tertutup.

2. Gunakan Paku yang Tahan Karat

Anda juga bisa menggunakan paku yang tahan karat. Saat ini di pasaran sudah tersedia paku yang dilapisi dengan bahan anti karat sehingga daya tahannya lebih kuat. Namun Anda perlu mengeluarkan biaya yang lebih besar mengingat ketahanannya yang jauh lebih unggul dari paku pada umumnya. 

3. Lindungi Permukaan Paku dengan Cat atau Pelapis

Jangan khawatir apabila Anda sudah telanjur membeli paku tanpa lapisan anti karat. Anda masih bisa memberikan pencegahan dengan melapisinya menggunakan cat atau pelapis khusus tahan karat. Pelapis ini dapat mencegah air atau kelembapan menempel pada permukaan paku sehingga proses korosi sulit terjadi.


4. Membersihkan Permukaan Paku secara Berkala

Membersihkan permukaan paku secara berkala juga dapat membantu mencegah terjadinya korosi pada paku. Gunakan sikat atau lap kering untuk membersihkan permukaan paku dari debu atau kotoran yang menempel. Jangan tambahkan air saat membersihkannya karena hal ini akan memicu proses korosi pada paku. 


Sekarang Anda tahu bahwa penyimpanan paku tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Apabila Anda membiarkannya saja di tempat terbuka maka jangan kaget kalau beberapa hari kemudian seluruh permukaan paku sudah berkarat. Lakukan beberapa pencegahan seperti yang sudah dijelaskan agar daya tahan paku tetap kokoh seperti seharusnya. 


Baca juga: 5 Cara Mencegah Karat Muncul di Perabotan Rumah


Jika Anda sedang mencari tempat jual paku per kg murah, Klopmart adalah jawabannya! Anda bisa mencari paku berbagai ukuran untuk memenuhi kebutuhan konstruksi pembangunan yang sedang berjalan atau untuk rumah tangga. Cari saja semuanya di Klopmart sekarang! 


Semoga informasi penyebab paku berkarat yang sudah dijelaskan dapat membantu Anda melakukan berbagai pencegahan dan memastikan tidak ada proses korosi yang terjadi.


Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya