8 Cara Membuat Kolam Renang di Rumah Minimalis dan Rincian Biayanya

Cara membuat kolam renang mungkin terdengar sulit dan mahal, tetapi sebenarnya bisa dilakukan dengan tepat dan efisien. Kolam renang tidak hanya memberikan hiburan dan keuntungan finansial, tetapi juga meningkatkan nilai properti rumah Anda. 

Melalui artikel ini, Klopmart akan memberikan panduan tentang cara membuat kolam renang di rumah minimalis, termasuk bahan dan perincian biaya pembuatan kolam renang yang diperlukan.

Namun sebelum itu, bilamana Anda ingin memesan berbagai bahan bangunan untuk kebutuhan pembuatan kolam renang Anda saat ini, Klopmart menawarkan diskon yang menggiurkan untuk Anda.

Material yang Dibutuhkan Untuk Membuat Kolam Renang

Material yang Dibutuhkan Untuk Membuat Kolam Renang

Sebelum memulai pembangunan kolam renang, pastikan Anda memiliki semua bahan yang diperlukan. Mulai dari beton, keramik, hingga berbagai bahan kimia seperti klorin. Supaya tidak terlewat, berikut ini beberapa material yang diperlukan untuk membuat kolam renang.

1. Beton

Beton merupakan bahan dasar yang sangat penting dalam pembuatan kolam renang. Beton digunakan untuk membuat struktur kolam yang kuat dan tahan lama. Beton yang Anda pilih harus bisa menahan beban air yang sangat berat. 

Untuk itu, pilih beton dengan kualitas tinggi agar tidak mudah retak atau rusak. Dalam proses pembuatan kolam renang, beton biasanya dicampur dengan pasir dan kerikil untuk menciptakan campuran yang kuat dan tahan lama.

Baca juga: Jenis Jenis Beton dan Kegunaannya

2. Keramik atau Batu Alami

Keramik dan Batu Alam bisa dicari melalui iklan yang dipersonalisasi bergantung pada konten dan iklan

Keramik atau batu alami digunakan untuk menutupi lantai dan dinding kolam renang. Keuntungan menggunakan keramik atau batu alami yaitu memiliki ketahanan yang baik terhadap air dan sinar matahari. 

Warna keramik ini juga dapat dipersonalisasi bergantung pada setelan/desain dan selera masing-masing. Namun, pastikan keramik yang digunakan tahan lama dan tidak mudah rusak saat terkena air dan sinar matahari. 

3. Filter dan Pompa

Komponen filter dan pompa sangat penting dalam menjaga kualitas air kolam renang. Filter digunakan untuk menghilangkan kotoran dan bahan kimia berbahaya dari air kolam renang, sementara pompa digunakan untuk mengalirkan air melalui filter. Pemilihan filter dan pompa yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap kualitas air kolam renang. Pastikan filter dan pompa yang dipilih sesuai dengan ukuran kolam renang Anda.

4. Bahan Kimia

Bahan kimia yang dimaksud adalah klorin dan alkali. Kedua komponen ini digunakan untuk menjaga keseimbangan pH air kolam renang. Menjaga keseimbangan pH sangat penting untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur yang berbahaya bagi kesehatan. Bahan kimia ini juga digunakan untuk menjaga kejernihan air kolam renang. 

5. Aksesoris Kolam Renang

Tangga, lampur, dan jet air merupakan aksesoris yang tidak kalah penting dalam pembuatan kolam renang. Tangga digunakan untuk memudahkan Anda saat naik turun, sementara lampu digunakan untuk menerangi kolam renang pada malam hari. Jet air digunakan untuk memberikan efek massa air pada kolam renang, sehingga bisa membuat Anda merasa lebih rileks.

Baca juga: 6 Desain Kolam Renang Dalam Rumah

Cara Membuat Kolam Renang Di Rumah Minimalis

Bagaimana Cara Membuat Kolam Renang Di Rumah Minimalis

Membuat kolam renang di rumah minimalis membutuhkan perencanaan yang matang dan persiapan yang baik.

Baik sebagai pemilik rumah maupun kontraktor kolam renang, Anda perlu memahami cara membuatnya agar dapat meningkatkan kualitas layanan/jasa Anda.

Berikut ini 8 cara yang harus Anda perhatikan agar proses pembuatan kolam renang jadi lebih mudah untuk dilakukan. 

1. Merinci Biaya Pembuatan Kolam

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah merinci semua pengeluaran.

Merinci biaya pembuatan kolam adalah langkah yang penting untuk memastikan bahwa proyek tersebut dapat direncanakan dan dibiayai dengan tepat.

Anda dapat mempelajari rincian pembuatan kolam pada pembahasan di bawah, ya.

2. Kaji Risiko Kerja

lakukan risk assessment agar mendapatkan informasi tambahan termasuk detail pekerjaan yang dilakukan

Sebelum membuat kolam renang, pastikan Anda mengkaji potensi bahaya dan risiko dalam pembuatan kolam renang. Hal ini agar pekerjaan berjalan lancar dan tidak terjadi kecelakaan kerja.

3. Gunakan Alat Pelindung Diri

Setelah mengkaji risiko, pastikan Anda menggunakan alat pelindung yang sesuai, seperti sarung tangan, helm, dan masker. Hal ini agar pekerjaan berjalan lancar dan tidak terjadi kecelakaan kerja.

Baca juga: Sarung Tangan: Jenis, Bahan, & Tips Penggunaannya

4. Tentukan Lokasi yang Tepat

Hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu menentukan lokasi yang tepat untuk membangun kolam renang di rumah Anda.

Pastikan lokasi yang Anda pilih memenuhi persyaratan teknis, seperti jarak dari sumur, sistem drainase, dan jarak dari bangunan sekitar. Pastikan juga lokasi yang dipilih mudah dijangkau dan memiliki akses yang baik untuk peralatan konstruksi.

5. Tentukan Jenis Kolam Renang

Setelah menentukan lokasi yang tepat, Anda perlu memilih jenis kolam renang yang ingin Anda bangun. Ada beberapa jenis kolam renang yang tersedia, seperti kolam renang beton, fiberglass, atau vinyl. Pertimbangkan juga biaya, desain, dan ukuran kolam renang saat Anda memilih jenis kolam renang tersebut. 

6. Perencanaan dan Pengukuran

Selanjutnya, Anda perlu merencanakan dan melakukan pengukuran. Pastikan proses ini dilakukan dengan akurat dan sesuai dengan desain yang diinginkan. Ini akan membantu Anda memastikan proses konstruksi kolam renang berjalan lancar dan sesuai dengan rencana.

7. Penggunaan Bahan Bangunan yang Berkualitas

Untuk memastikan kolam renang yang dibangun tahan lama dan aman, maka pemilihan bahan bangunan yang berkualitas menjadi hal yang sangat penting. Bahan bangunan seperti semen, batu bata, keramik, dan pipa harus memiliki kualitas terbaik agar tidak mudah rusak atau bocor di kemudian hari. 

8. Pemeliharaan Kolam Renang Secara Berkala

Setelah kolam renang selesai dibangun, pemeliharaan secara berkala juga menjadi hal yang sangat penting agar kolam renang tetap terawat dan aman digunakan. Pemeliharaan kolam renang meliputi pembersihan, penggantian air, dan pengecekan kualitas air. Jangan lupa untuk menjaga pH dan kandungan klorin air kolam renang agar tidak menjadi tempat berkembang biak bakteri dan virus yang dapat menyebabkan penyakit. 

Baca juga: Bagaimana Cara Menghilangkan Lumut Di Kolam Beton? Seperti Ini Caranya

Manfaat Kolam Renang Minimalis

Manfaat Kolam Renang Minimalis

Memiliki kolam renang minimalis di rumah memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat meningkatkan kualitas hidup Anda karena bisa berolahraga dengan rutin. Adapun manfaat lain yang dapat Anda rasakan akan diuraikan secara lebih lanjut di bawah ini. 

1. Meningkatkan Kualitas Hidup

Kolam renang bisa memberikan hiburan dan kesenangan bagi keluarga dan teman. Berenang juga dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran. Aktivitas berenang yang dilakukan secara rutin dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan stamina, dan memperkuat otot-otot tubuh.

2. Menambah Nilai Properti Rumah

Kolam renang minimalis yang Anda buat di rumah bisa meningkatkan nilai properti rumah Anda. Bila Anda ingin menjual rumah pada masa depan, potensi pembeli akan tertarik dengan rumah yang memiliki fasilitas kolam renang akan lebih besar. Anda juga dapat memperindah tampilan halaman rumah dan memberikan kesan mewah dengan keberadaan kolam renang ini. 

3. Penghematan Biaya

Saat Anda memiliki kolam renang di rumah, Anda dapat menghemat biaya pergi ke tempat renang umum dan biaya transportasi. Anda juga dapat menghemat waktu dan energi untuk pergi ke tempat renang umum yang jaraknya jauh dari rumah.

4. Menambah Keindahan Rumah

Memiliki kolam renang di rumah bisa menjadi fitur menarik di halaman rumah Anda. Bahkan, Anda dapat menambahkan tanaman dan ornamen untuk mempercantik tampilannya. Kolam renang juga dapat digunakan sebagai pusat kegiatan keluarga, seperti acara barbeque atau pesta ulang tahun.

5. Mengurangi Stres

Berenang dapat memberikan efek relaksasi pada tubuh dan pikiran. Saat berenang di kolam renang rumah, Anda tidak perlu khawatir tentang kesibukan di tempat renang umum, sehingga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Anda pun bisa berenang dengan nyaman. 

Baca juga: 10 Desain Rumah Kaca yang Mewah untuk Rumah Anda!

Rincian Biaya Bikin Kolam Renang


Pembangunan kolam renang memang tidak murah, tetapi biayanya sangat bervariasi tergantung pada ukuran dan jenis kolam renang yang Anda inginkan. Berikut ini rincian biaya yang perlu Anda pertimbangkan saat membuat kolam renang di rumah minimalis:

1. Biaya Pembangunan Struktur Kolam Renang

Biaya pembangunan struktur kolam renang sangat bervariasi tergantung pada ukuran dan jenis bahan yang digunakan. Biaya ini dapat dibagi menjadi beberapa komponen, yaitu biaya bahan bangunan, pekerjaan konstruksi, dan pemasangan.

Untuk biaya bahan bangunan menjadi salah satu komponen terbesar dalam pembangunan kolam renang. Bahan-bahan yang biasa di antaranya beton, keramik, fiberglass, dan vinyl. 

Biaya beton dan keramik cenderung lebih murah daripada fiberglass dan vinyl. Namun, fiberglass dan vinyl memiliki daya tahan yang lebih baik terhadap cuaca dan bahan kimia yang digunakan untuk menjaga kualitas air di kolam renang.

Biaya pemasangan menjadi komponen terakhir dalam pembangunan kolam renang. Biaya pemasangan meliputi biaya pemasangan keramik di dasar kolam, instalasi sistem filter dan sistem sirkulasi air kolam renang. Biaya pemasangan juga mencakup biaya instalasi peralatan seperti tangga, pemanas, dan lampu kolam renang.

Secara keseluruhan, biaya pembangunan struktur kolam renang berkisar antara Rp50.000.000 hingga Rp200.000.000. Namun, biaya ini dapat lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada ukuran, jenis bahan, dan kompleksitas desain kolam renang yang Anda pilih.

Baca juga: 2 Cara Membuat Kolam Terpal dari Kayu

2. Biaya Peralatan Kolam Renang

Selain biaya pembangunan struktur kolam renang, biaya peralatan kolam renang juga perlu diperhitungkan. Peralatan kolam renang yang dimaksud terdiri dari filter, pompa, bahan kimia, dan perlengkapan kolam renang lainnya.

Filter dan pompa merupakan dua peralatan yang sangat penting dalam menjaga kualitas air kolam renang. Biaya filter dan pompa bervariasi tergantung pada ukuran kolam renang dan kualitas peralatan yang dibutuhkan.

Bahan kimia juga menjadi peralatan penting dalam menjaga kualitas air kolam renang. Bahan kimia seperti kaporit, pH minus, dan pH plus digunakan untuk menjaga kadar klorin dan pH air. Biaya bahan kimia ini tergantung pada frekuensi penggunaannya.

Perlengkapan kolam renang lainnya termasuk tangga, lampu, dan pemanas. Tangga digunakan sebagai akses ke dalam kolam renang, sedangkan lampu dan pemanas digunakan untuk memberikan kenyamanan bagi Anda saat berenang pada malam hari atau saat suhu air terlalu dingin. Biaya perlengkapan kolam renang juga bervariasi tergantung pada kualitas dan jenis perlengkapan yang dibutuhkan.

Untuk biaya peralatan kolam renang berkisar antara Rp10.000.000 hingga Rp50.000.000 tergantung pada kualitas dan jenis peralatan yang dibutuhkan. Penting bagi Anda untuk mempertimbangkan biaya peralatan kolam renang yang dibutuhkan agar bisa menjaga kualitas air dengan baik dan memberikan kenyamanan saat Anda menggunakannya. 

Baca juga: 15 Desain Taman Batu Koral agar Rumah Nampak Alami

Kesimpulan

Membuat kolam renang di rumah minimalis membutuhkan persiapan yang matang dan biaya yang cukup besar. Dalam prosesnya, Anda bisa membaca kembali cara membuat kolam renang yang telah diuraikan di atas agar proses pembuatannya bisa berjalan lancar. 

Saat proses pembangunan, penting untuk Anda mencari bahan-bahan bangunan berkualitas seperti beton dan keramik. Anda juga bisa menggunakan perekat keramik kolam renang yang berkualitas dan tahan terhadap tekanan air.

Menariknya, jika memesan material bangunan tersebut saat ini di Klopmart, Anda akan mendapatkan potongan harga dan tentu saja harga distributor.

Klopmart jual MU-408 perekat keramik untuk kolam renang yang dirancang agar tahan terhadap paparan bahan kimia. Yuk, kunjungi Klopmart sekarang juga untuk mendapatkan berbagai bahan bangunan berkualitas untuk pembuatan kolam renang di rumah minimalis Anda!

Sumber rujukan:

  • https://www.rumah.com/panduan-properti/biaya-bikin-kolam-renang-68267

  • https://www.pinhome.id/blog/biaya-pembuatan-kolam-renang/ 

  • https://www.dekoruma.com/artikel/90065/cara-membuat-kolam-renang-rumah 

  • https://berita.99.co/cara-membuat-kolam-renang-ekonomis/ 

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya