Keramik: Pengertian, Keunggulan, dan Cara Pengaplikasiannya

Jika ditanya mengenai pengertian keramik? Apakah Anda bisa menjawabnya dengan baik? Mungkin Anda banyak menggunakan material ini pada ruangan lantai ataupun dinding rumah. Mengenali dengan lebih dekat salah satu bahan material yang menghiasi rumah Anda dapat membantu untuk paham karakteristiknya,

Jika Anda ingin lebih tahu banyak hal mengenai keramik mulai dari pengertian hingga beragam hal berguna lainnya, maka simak informasi berikut ini. Mari mengenal keramik dengan lebih dekat di sini.


Pengertian Keramik

Pada dasarnya keramik adalah beragam produk yang dibuat menggunakan tanah liat sebagai bahan dasarnya. Produk ini dibentuk sedemikian rupa dan kemudian melalui proses pembakaran pada suhu 600 ºC hingga lebih dari 1300 ºC terjadilah perubahan pada sifatnya. Tanah liat yang sebelumnya lembek berubah menjadi sangat keras.

Sejarah penggunaan tanah liat untuk membuat keramik bisa dilihat mulai dari zaman neolitikum, yang ditandai dengan penemuan purbakala seperti pecahan kecil tembikar. Keramik digunakan sebagai peralatan rumah tangga oleh masyarakat peradaban zaman dahulu. Tetapi kini penggunaannya sudah melebar hingga menjadi salah satu material untuk membangun rumah dan bangunan.

Bentuk penerapan keramik pada pembangunan rumah adalah pembuatan ubin untuk lantai ataupun dinding. Benda ini terbuat dari campuran air, pasir, dan tanah liat. Ruang di antara keramik yang juga biasa disebut "nat", diisi dengan campuran terpisah dari air, pasir, dan bahan seperti semen.

Baca juga: 7 Cara Membuat Keramik dari Tanah Liat (Terlengkap)

5 Kelebihan Keramik

Keramik pada zaman modern memiliki beberapa kelebihan yang sangat membantu. Kelebihan tersebut berupa: 

1. Memiliki Daya Tahan yang Bagus

Keramik dibuat dengan tujuan mampu bertahan dalam jangka waktu cukup lama karena pemakaiannya yang saat ini banyak digunakan sebagai material yang melapisi lantai ataupun dinding rumah. Keramik dibuat dengan kemampuan untuk menahan banyak benturan, tahan goresan, dan tahan terhadap kelembapan.

2, Konduktivitas Panas yang Baik

Cuaca dengan suhu udara yang panas dapat memberikan ketidaknyamanan. Namun dengan menggunakan keramik, maka masalah ini bisa Anda hadapi. Keramik sangat terkenal mampu menjaga suhu dingin secara alami, membuat ruangan memiliki suhu tidak terlalu panas. Tidak heran jika banyak yang mulai memanfaatkan keramik untuk melapisi dinding beberapa jenis ruangan.

3. Terdapat Banyak Desain Sesuai Keinginan Anda

Keramik dibuat dengan desain menarik sehingga pemilik rumah bisa memadukannya bersama desain-desain menarik. Mulai dari keramik putih bersih, motif marble, keramik dengan tekstur yang beragam, hingga keramik yang dapat menciptakan ilusi pada mata yang melihatnya. Sehingga keinginan, konsep, dan juga ide Anda bisa diwujudkan menggunakan material ini.

4. Tidak Perlu Repot Untuk Dibersihkan

Perawatan untuk keramik terbilang sederhana. Pada keramik lantai, Anda hanya perlu menyapu atau menyedot debu secara teratur untuk menjaga permukaan yang bebas dari kotoran. Melakukan kegiatan mengepel juga menjadi cara yang baik menghilangkan noda tanpa takut merusak keramik. Untuk keramik pada dinding, Anda bisa menggunakan kain lap halus serta cairan pembersih.

5. Permukaan Anti Slip

Keramik juga tersedia dengan permukaan yang beralur dan sedikit kasar untuk bisa memberikan traksi lebih pada telapak kaki sehingga tidak licin ketika dipijak. Hal ini tentu sangat berguna mengingat keramik juga digunakan untuk melapisi kamar mandi dan juga anak tangga.

Baca juga: 12 Ciri-Ciri Keramik Berkualitas Tinggi dan Cara Memilihnya

Aplikasi Keramik pada Berbagai Ruangan

Pada beberapa poin di atas, sudah disebutkan jika keramik digunakan pada beberapa bagian rumah. Namun untuk lebih jelasnya berikut ini merupakan beberapa bentuk pengaplikasian keramik pada bagian-bagian rumah Anda.

1. Keramik Lantai

Keramik menjadi salah satu pilihan utama untuk menutupi lantai ruangan rumah. Hal ini dikarenakan beberapa keunggulan keramik di atas. Pertama, dengan daya tahan yang tinggi membuat keramik bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Selanjutnya keramik juga bisa menjaga suhu ruangan karena digunakan untuk melapisi lantai dengan area luas. Terakhir, keramik juga mudah untuk dipasang, dibentuk, dan lebih terjangkau.

Baca juga: 7 Jenis Keramik Kamar Mandi Anti Licin dan Berpola Indah

2. Keramik Dinding

Sedikit berbeda dengan keramik yang digunakan untuk lantai, jenis keramik dinding memiliki permukaan yang lebih halus karena tidak akan diinjak serta lebih berfungsi sebagai dekorasi ruangan. Namun keramik ini juga dibuat untuk bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama dan tidak mudah rusak. Terdapat beragam model menarik yang bisa mengisi dinding Anda.

3. Keramik Kamar Mandi

Kamar mandi merupakan ruangan yang menggunakan keramik untuk menutupi lantai dan juga dindingnya. Hal ini dikarenakan keramik yang mudah untuk dibersihkan dari beragam hal, salah satunya lumut karena selalu terpapar oleh air. Keramik juga memiliki pilihan anti-slip atau anti licin sehingga tidak berbahaya jika digunakan pada kamar mandi.

Baca juga: Ukuran Keramik Kamar Mandi dan Cara Menghitungnya dengan Tepat

4. Keramik Anak Tangga

Tangga juga salah satu area yang bisa mendapatkan keuntungan ketika menggunakan keramik untuk menutupi anak tangganya. Mulai dari beragam desain menarik, permukaan yang tidak licin, hingga daya tahan yang sangat baik. 

Itulah beragam informasi mengenai keramik, mulai dari pengertian, kelebihan, hingga pengaplikasiannya. Untuk mendapatkan keramik yang lebih rekat dan tertata dengan sempurna, gunakanlah semen instan siap pakai dari campuran semen, additif, filler, serta agregat pasir silika yaitu IM Grout Drymix Floor Screed F100.

Anda hanya perlu menambahkan air untuk bisa menggunakannya secara praktis. Produk ini tahan terhadap abrasi, dapat menjaga konsistensi campuran, memiliki ketahanan terhadap beban, hingga sangat mudah diaplikasikan di permukaan lantai beton maupun permukaan tanah yang sudah dipadatkan.

Tunggu apalagi? Dapatkan produk ini sekarang juga di website Klopmart. Cek harganya dan langsung borong untuk membantu Anda menghias rumah. Semoga informasi mengenai pengertian keramik ini dapat membantu Anda.


Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya