2 Cara Membuat Kolam Terpal dari Kayu dengan Mudah

Selama pandemi, pernahkah Anda berpikir cara membuat kolam terpal dari kayu? Jika belum, maka sekarang bisa jadi saat yang tepat bagi Anda untuk mulai memikirkannya atau menjadikannya sebagai hobi, bahkan bisnis baru.

Membuat kolam terpal tidak memerlukan biaya yang mahal, karena Anda bisa menggunakan bahan-bahan sederhana yang bisa ditemukan di lingkungan rumah Anda. Kolam terpal ini dapat Anda gunakan sebagai kolam ikan, khususnya bagi Anda yang ingin mencoba untuk melakukan ternak ikan. Selain modal yang dikeluarkan tidak banyak, kolam terpal sangat mudah untuk dibuat.


Promosi Klopmart

Apa Saja Bahan dan Alat untuk Membuat Kolam Terpal?

Sebelum membuatnya, Anda perlu menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan dalam membuat kolam terpal ini. Berikut adalah bahan dan alatnya.

Bagaimana Cara Membuat Kolam Terpal dari Kayu?

Dalam pembuatannya, umumnya kolam terpal dari kayu sama saja dengan pembuatan kolam dari bambu. Perbedaannya terdapat pada bahan kerangka yang akan digunakan, namun memiliki tujuan atau kegunaan yang sama. Lalu dalam membuatnya terdapat dua cara untuk menempatkan kolam terpal, yakni di atas tanah dan sebagian kerangka di dalam tanah.

1. Dengan Menaruhnya di Atas Tanah

Buatlah desain kerangka yang Anda inginkan pada sebuah kertas dengan ukuran-ukuran yang jelas dari panjang, lebar hingga tinggi kolam. Anda bisa membuat desain dengan bentuk apa pun dan dengan ukuran sebesar apa pun. Jika sudah, ini saatnya Anda untuk memotong-motong kayu yang ada sesuai dengan ukuran yang telah Anda tentukan. Satukan setiap potongan kayu yang sudah dipotong dengan paku, agar kayu-kayu tersebut membentuk sebuah kerangka dari kolam tersebut. Jangan lupa untuk mengamplas kayu-kayu dengan sisi yang kasar. 

 

Hal ini dilakukan untuk mencegah kayu merobek terpal yang nanti akan dipasang. Jika kerangka dari kolam sudah jadi, selanjutnya Anda dapat memasang terpal di bagian dalam kerangka kayu tersebut. Jika posisi terpal sudah sesuai, jangan lupa untuk menempelkan terpal dengan kerangka menggunakan paku. Tidak perlu semua bagian. Cukup bagian pinggir atas dari kerangka. Pasangkan pipa PVC pada pinggiran bagian dalam kolam yang akan digunakan untuk menguras air dan mengatur tinggi air dalam kolam. Isi kolam terpal dengan air.

2. Dengan Menaruhnya Sebagian di Dalam Tanah

Proses pembuatan cara ini juga sama dengan cara di atas. Namun sebelum melakukan kerangka, Anda harus menggali tanah dari lahan yang akan Anda gunakan untuk menaruh kolam terpal yang akan dibuat. Jika sudah digali sesuai ukuran yang telah ditentukan, kini saatnya membuat kerangka kayu.

Buatlah kerangka kayu di tempat lain, jangan langsung membuatnya pada tempat yang sudah Anda gali untuk memudahkan Anda dalam menyatukan potongan kayu. Jika kerangka kayu sudah siap, barulah Anda memasukkan kerangka kayu tersebut ke dalam tanah yang sudah digali. Lalu pasang terpal pada kerangka dengan paku. Selanjutnya pasang pipa PVC dan isi kolam terpal dengan air.


Baca Juga: Cara Membuat Tenda dari Terpal saat Pergi Berkemah

 

Jika setiap prosesnya sudah Anda lakukan, maka kolam terpal Anda sudah siap digunakan. Namun perlu diingat, sebelum Anda memasukkan ikan ke dalam kolam terpal yang berisi air, Anda harus memastikan bahwa air di kolam adalah air yang bersih dan steril agar ikan dapat hidup dan berkembang biak dengan baik.


Sanitary Ware

Bagaimana? Mudah bukan membuatnya? Jika Anda masih mencari bahan-bahan untuk membuatnya seperti terpal plastik, Anda dapat mencarinya di KlopMart. Selain itu, sebagai Toko Material Bahan Bangunan Online Terlengkap, Klopmart menyediakan berbagai bahan bangunan berkualitas dengan harga bersaing. Jadi tunggu apalagi, kunjungi Klopmart sekarang juga!

Demikian penjelasan cara membuat kolam terpal dari kayu, semoga Anda dapat dengan mudah mengikutinya.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya