5 Cara Menghilangkan Lumut di Kolam Beton dengan Mudah

Seperti apa cara menghilangkan lumut di kolam beton? Hal ini tentu menjadi perhatian utama bagi Anda yang memiliki kolam untuk ikan ataupun kegunaan lainnya yang terbuat dari beton. Secara visual, kolam berlumut akan terlihat tidak enak untuk dipandang, walaupun bisa dijadikan makanan oleh ikan peliharaan.

Namun jika tidak dikontrol atau dibersihkan secara berkala, malah bisa membahayakan ikan dan merusak keindahan kolam. Lantas, bagaimana cara untuk menghilangkannya? Ikuti berbagai cara di bawah ini untuk mengembalikan kolam seperti keadaan semula yang terlihat indah.


Cara Menghilangkan Lumut di Kolam Beton

Beton sering sekali menjadi pilihan sebagai bahan utama untuk membuat kolam di luar ruangan yang bisa dijadikan sebagai tempat ikan hias atau penghias di halaman rumah. Karena posisinya yang berada di luar rumah, maka kolam ini akan terekspos oleh berbagai macam faktor yang bisa mempercepat tumbuhnya lumut ini. 

Sinar matahari langsung dapat memicu pertumbuhan spora menjadi lumut, ditambah lagi bahan sisa pakan ikan dan kotoran ikan juga semakin mempercepat lumut-lumut ini tumbuh. Membersihkan kolam dari lumut yang berlebihan ini adalah salah satu solusi yang bisa dilakukan, tapi ada banyak juga cara lainnya yang akan membuatnya terlihat bersih serta meningkatkan kualitas hidup dari ikan-ikan peliharaan.

Baca Juga: Atasi Lumut dan Jamur di Rumah

Untuk bisa menghilangkan lumut dari kolam beton ini dengan mudah, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda ikuti.

1. Menambahkan Tumbuhan Air

Eceng gondok, teratai, dan berbagai tanaman air lainnya sangat ampuh dalam mengurangi pertumbuhan lumut di kolam. Mereka akan bersaing dengan lumut untuk mendapatkan nutrisi dari air. Hal ini akan membuat lumut lebih lambat untuk bisa berkembang. Kolam juga bisa terlihat lebih menarik dengan adanya tumbuhan-tumbuhan ini. Bahkan juga bisa mengurangi sinar matahari yang juga menjadi faktor agar lumut bisa tumbuh dengan cepat.

2. Memberi Atap untuk Mengurangi Sinar Matahari

Menambahkan atap di atas kolam akan bisa mengurangi sinar matahari yang turun mengenai kolam. Tanaman-tanaman air pada poin sebelumnya juga bagus untuk menghambat sinar matahari mengenai spora-spora yang ada di sekitar kolam. Dengan sedikit kreativitas, atap ini juga bisa menjadi elemen yang bisa memperindah kolam Anda.

3. Gunakan Kapur Dolomit

Kapur ini berfungsi untuk meningkatkan derajat keasaman dari air kolam. Salah satu tempat tersulit bagi lumut untuk bisa berkembang adalah air yang bersih dan juga basa. Sehingga dengan membuat air kolam ini berada pada kondisi tersebut, lumut akan sangat susah untuk bisa tumbuh, menjaga tampilan kolam tetap bersih.

4. Menambahkan Filter pada Kolam

Filter dapat membantu untuk menghasilkan kolam dengan air yang bersih. Alat ini akan menjaga sirkulasi dari air untuk tetap stabil dan menghasilkan kondisi yang bersih. Anda bisa menemukannya dalam berbagai macam bentuk, tinggal pilih mana yang sesuai dengan selera dan juga budget.

Baca Juga: Cara Membuat Filter Air dari Pipa PVC ini Bisa Anda Coba!

5. Gunakan Batu Zeolit

Anda bisa meletakan batu ini pada dasar kolam untuk menyerap berbagai karbon aktif. Sehingga berbagai macam zat berbahaya yang ada di dalam kolam akan bisa diserap, salah satunya ammonia. Akibatnya lumut tidak akan berani muncul pada permukaan kolam.

Itulah berbagai macam cara yang bisa dilakukan guna mengurangi dan menghilangkan lumut pada kolam beton yang ada di luar rumah. Anda juga bisa melapisi dinding dari kolam beton dengan Water Repellent yang bisa ditemukan di Klopmart, kunjungi website kami sekarang juga. Semoga cara menghilangkan lumut di kolam beton di atas bisa membantu.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya