Ketahui Biaya Renovasi Rumah Per Meter di Sini

Anda sedang mencari informasi mengenai biaya renovasi rumah per meter? Pastinya, ketika ingin merenovasi rumah, hampir setiap orang bingung mengenai berapa banyak biaya renovasi rumah yang harus dikeluarkan dan tidak jarang juga yang ingin mencoba membuat gambaran perhitungan agar dapat menghemat biaya yang harus dikeluarkan untuk renovasi rumah.

Untuk itu, dalam artikel ini, Klopmart akan memberikan informasi seputar berapa biaya yang harus dikeluarkan per meternya untuk renovasi rumah. Simak pembahasannya di bawah ini.
 

Gambaran Biaya Renovasi Rumah Per Meter

Dalam memperhitungkan biaya renovasi rumah, Anda tidak hanya harus memperhitungkan mengenai luas rumah yang akan dibangun. Ada banyak hal yang harus diperhitungkan mulai dari bahan dan material yang akan digunakan, biaya tukang atau kontraktor, apakah ada perluasan area bangunan rumah, serta hal-hal lain seperti biaya di luar dugaan.

Untuk perkiraan biayanya, mari kita bahas satu persatu mulai dari biaya tukang. Estimasi perkiraan biaya tukang untuk harian biasanya berkisar mulai dari Rp125.000 hingga Rp150.000 dan untuk tukang yang dibayar bulanan, mereka akan menetapkan biaya berdasarkan renovasi rumah per meter yang berkisar antara Rp1 juta hingga Rp1,5 juta.

Pembayaran biaya tukang bulanan biasanya sudah termasuk borongan penuh. Borongan penuh artinya Anda sudah tidak perlu mengeluarkan lagi biaya untuk material karena nantinya seluruh pembelian material akan diserahkan dan menjadi tanggung jawab tukang yang akan merenovasi rumah.

Jika Anda hanya membayar tukang untuk harian, maka ada tambahan pengeluaran biaya untuk material. Anda juga yang harus mencari seluruh material yang dibutuhkan saat renovasi rumah nanti dan tukang hanya mengerjakan saja.

Selanjutnya, jika Anda ingin memperluas bangunan rumah, maka ada harga tanah per meter yang harus dibayarkan. Anda harus mencari tahu sendiri berapa harga tanah per meter sesuai dengan ketentuan Pemerintah Daerah masing-masing.

Baca juga: Perkiraan Biaya Renovasi Rumah Menjadi 2 Lantai
 

Tips Saat Ingin Melakukan Renovasi Rumah

Setiap rumah pasti memiliki usianya masing-masing sehingga harus dilakukan renovasi. Renovasi yang dilakukan pun tidak sering melainkan sekitar beberapa tahun hingga puluhan tahun sekali.

Oleh karena itu, ketika Anda ingin melakukan renovasi rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu sebagai berikut:

  1. Rencanakan secara matang renovasi rumah Anda mulai dari bagian mana saja yang ingin diperbaiki hingga perencanaan anggaran biaya. Pastikan Anda juga melakukan pengecekan secara menyeluruh pada bagian rumah yang membutuhkan renovasi untuk mencegah penambahan biaya renovasi rumah nantinya.
  2. Pahami rumah serta lingkungan sekitar Anda. Jangan sampai hasil akhir dari renovasi rumah Anda tidak sesuai dengan kondisi lapangan seperti jarak rumah menjadi terlalu sempit dengan rumah tetangga dan lain sebagainya.
  3. Ketika ingin melakukan renovasi rumah, ada baiknya untuk menggunakan jasa kontraktor atau orang yang benar-benar ahli dan bisa dipercayakan untuk merenovasi rumah Anda. Hal ini guna mencegah hal yang tidak diinginkan seperti hasil rumah yang di luar dari apa yang telah didiskusikan sebelumnya.
  4. Selalu utamakan kenyamanan Anda dan keluarga ketika akan merenovasi rumah. Jangan sampai hasil renovasi rumah membuat Anda dan keluarga menjadi tidak nyaman.
  5. Setelah renovasi rumah berakhir, pastikan Anda mendapatkan blueprint atau denah rumah terbaru. Hal ini sangat penting guna mengetahui bagian saluran pipa, listrik, dan lainnya.

Sekian informasi yang dapat Klopmart berikan untuk Anda. Sekarang Anda dapat mencoba untuk membuat anggaran biaya renovasi rumah per meter sendiri dan silakan ambil produk AM 76 dari Klopmart yang tentu sangat berguna untuk menyatukan besi beton ketika renovasi rumah nanti.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
06 Sep 2021

Related Article