Pahami Estimasi Biaya Renovasi Kamar Mandi Anda

Memiliki estimasi biaya renovasi kamar mandi akan bisa mempermudah langkah Anda. Biaya menjadi salah satu elemen penting yang sangat harus diperhatikan. Ruangan yang satu ini sangat penting kehadirannya di dalam suatu rumah sehingga jika Anda memiliki niatan untuk melakukan renovasi, maka akan sangat baik jika direncanakan dengan tepat, termasuk biayanya. Tentu kita tidak ingin mendapatkan sebuah kamar mandi yang tidak dapat digunakan dengan baik setelah di renovasi. Sebagai sebuah langkah persiapan, mari kita cari tahu estimasi biaya yang akan digunakan ketika ingin melakukan sebuah perubahan pada ruangan yang satu ini.

Biaya Renovasi Kamar Mandi Anda

Renovasi bisa saja dilakukan dalam bentuk mengganti keran, toilet, shower, ubin, ataupun bak mandi. Biayanya bisa kita perhitungkan secara satu persatu tergantung dari barang yang diganti. Namun bagaimana jika kita melakukan renovasi secara keseluruhan? Seperti apa biaya yang akan dikeluarkan untuk bisa mendapatkan kamar mandi idaman?

Baca Juga: Renovasi Rumah - Jangan Remehkan Perencanaan

Lakukan perencanaan renovasi kamar mandi, termasuk membuat estimasi biaya. Hal ini melingkupi apa saja yang akan dibutuhkan dan rincian biaya secara kasar. Dari sini mungkin bisa Anda modifikasi sesuai kebutuhan dan pilihan Anda. Beberapa hal yang harus masuk dalam hitungan biaya untuk merenovasi kamar mandi adalah sebagai berikut ini.

1. Biaya Pekerja

Sumber daya manusia sangat penting dalam proses renovasi ini. Sehingga ada baiknya jika Anda memulai rincian estimasi biaya ini dari gaji para pekerja. Untuk renovasi kamar mandi biasanya 2 orang saja sudah cukup. Bila kita mengambil asumsi waktu yang dibutuhkan adalah 10 hari serta gaji perhari dari para pekerja adalah 100 ribu rupiah, maka estimasi biayanya adalah: 2 x 100 ribu x 10 hari = Rp2 juta.

2. Keramik Dinding

Keramik pada dinding yang dibutuhkan untuk sebuah renovasi kamar mandi bisa kita estimasikan sekitar 5 dus atau 8 dus. Agar aman, maka kita asumsikan keramik yang dibutuhkan adalah 8 dus. Harga pasaran untuk 1 dus adalah pada angka Rp60.000-an dengan luas 25 x 40 cm. Maka estimasi biayanya adalah: 8 dus keramik dinding x Rp60.000 = Rp480.000

3. Memilih Kloset Duduk

Jika Anda ingin mengganti atau mengupgrade kamar mandi dengan kloset duduk, maka ada banyak pilihan di pasar yang bisa Anda gunakan. Harganya mulai dari Rp850.000 hingga jutaan. Bisa disesuaikan dengan budget milik Anda.

Baca Juga: Jenis Kloset Duduk

4. Keramik Lantai

Masih dengan harga perkiraan Rp60.000 per dus, kita akan membutuhkan 5 dus keramik. Maka estimasi untuk biayanya adalah: 5 dus x Rp60.000 = Rp300.000

Baca Juga: Ketahui Harga Keramik Lantai Yang Berkualitas Untuk Rumah Anda

5. Aksesoris Lainnya

Ada banyak aksesoris atau peralatan lainnya yang bisa Anda tambahkan ke kamar mandi. Salah satunya adalah shower. Shower yang bagus dan berkualitas banyak yang berada pada rentang harga Rp1 jutaan lebih sehingga estimasi untuk biaya shower adalah Rp1,5 juta. Lalu ada wastafel di harga Rp500.000 hingga Rp1 juta. Anda juga bisa menambahkan benda lainnya seperti lemari kabinet, gantungan baju dan handuk atau tirai shower.

Itulah estimasi biaya untuk merenovasi kamar mandi yang bisa menjadi referensi Anda. Semoga hal ini bisa membantu mempermudah rencana untuk bisa mendapatkan rumah impian. Salah satu komponen yang tidak boleh ketinggalan adalah pintu kamar mandi. Mari lihat pilihan pintu kamar mandi PVC dari Klopmart, kunjungi website kami sekarang juga dan masukan hal ini ke dalam estimasi biaya renovasi kamar mandi Anda.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
29 Nov 2021

Related Article