Home & Living

Mengetahui Estimasi Biaya Renovasi Rumah 2 Lantai

Media
25 Okt 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Apakah Anda merasa jika rumah yang ditempati saat ini sudah mulai penuh? Mungkin solusi yang pertama adalah memperlebar rumah. Namun, jika tidak memiliki space lagi harus bagaimana ya? Jika hal tersebut sulit dilakukan, maka Anda bisa membangun secara vertikal dengan menambah jumlah lantai rumah. Bila Anda setuju dengan saran ini, maka ketahui estimasi biaya renovasi rumah 2 lantai berikut ini.

Estimasi Biaya Renovasi Rumah 2 Lantai

Sebelum menjalankan rencana ini, ada baiknya Anda melakukan beberapa persiapan. Mulai dengan memperkirakan luas dari lantai kedua rumah Anda. Ketahui kapasitas dan luas ruangan yang bisa dibangun dan perkirakan rencana anggaran biaya renovasi rumah

Baca Juga: Ketahui Biaya Renovasi Rumah Per Meter Di Sini

Selanjutnya, cek kekuatan bangunan rumah, seperti pondasi, kolom dan balok. Hal ini sangatlah penting, karena pondasi memiliki fungsi untuk menopang beban yang ada di atasnya. Apabila belum kuat, tambahkan pondasi baru pada pondasi yang sudah ada sebelumnya. Disini Anda juga bisa mengecek kekuatan tanah, apakah mampu menahan beban dari rumah nantinya,

Baca Juga: 10 Jenis Pondasi Rumah Populer Yang Aman Digunakan

Setelahnya, rancanglah tata ruang beserta fungsinya. Idealnya, tata ruang yang ada di lantai dua sama dengan lantai di bawahnya, mempermudah beban tanggungan dari struktur rumah. Lokasi sanitasi dan listrik yang berada di lantai dua diusahakan sama dengan di lantai satu agar bisa lebih hemat.

Perkirakan juga lokasi tangga, karena struktur yang satu ini bisa memperindah ataupun memperburuk interior rumah jika diletakan ditempat yang salah. Jika sudah, kini saatnya mengira-ngira berapa anggaran yang akan dikeluarkan dalam membangun rumah impian Anda.

1. Rumah Type 36

Rumah berukuran 36m2 adalah salah satu tipe yang cukup umum ditemui. Biasanya akan diisi oleh keluarga dengan jumlah 4-5 orang. Biaya renovasi rombongan untuk tipe yang satu ini berkisar dari angka Rp2.500.000 – Rp4.000.000 per meternya. Bahkan bisa menyentuh Rp6.000.000 jika menggunakan bahan berkualitas, semakin mahal harga per meternya pasti semakin bagus materialnya. Perkiraan kasar untuk renovasi rumah tipe 36 menjadi dua lantai dengan harga Rp4.000.000 adalah sekitar Rp144.00.000.

2. Rumah Type 45

Jenis rumah kedua yang juga sering dijumpai adalah type 45m2. Rumah tipe 45 pasti membutuhkan biaya renovasi yang lebih besar. Tidak jauh berbeda, semakin bagus kualitas material maka akan semakin tinggi biaya renovasi yang dibutuhkan. Kasarnya, perkiraan biaya renovasi rumah 2 lantai tipe 45 dengan biaya Rp3.500.000 per meter adalah sekitar Rp157.500.000.

Perizinan

IMB sebenarnya tidak akan dibutuhkan jika Anda berencana untuk menambah satu lantai lagi pada rumah Anda. Namun, izin terhadap tetangga dan lingkungan tetap dibutuhkan karena proses konstruksi pasti akan mengganggu. Berikan informasi kepada orang-orang disekitar tempat tinggal mengenai rencana pembangunan yang akan berisik ini.

Apakah Anda mulai tertarik mencoba merenovasi rumah menjadi dua lantai? Setelah mengetahuinya, Anda bisa mencari peralatan apa saja yang dibutuhkan dalam menambahkan lantai rumah, sehingga estimasi biaya renovasi rumah 2 lantai bisa menjadi lebih matang. Salah satu komponen yang penting adalah besi beton. Bahan ini akan bisa memastikan jika bangunan bisa bertahan dari berbagai macam hal serta mampu menopang beban. Temukan harga besi beton ulir terbaik hanya di Klopmart. Tunggu apalagi, segera kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut.

Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya