Konstruksi

10 Bahan Bangunan untuk Konstruksi Rumah, Apa Sajakah?

Media
21 Des 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Bahan bangunan rumah adalah elemen penting dalam pembangunan rumah. Simpel saja; tanpa material bangunan, Anda tidak mungkin dapat membangun rumah.

Lalu, mungkin sekarang muncul pertanyaan di benak Anda; bahan material bangunan apa saja yang dibutuhkan untuk membangun rumah dengan baik?

Promosi Klopmart

Memilih bahan bangunan mungkin awalnya terkesan gampang, tetapi begitu Anda menemukan bahwa ada banyak jenis material bangunan yang tersedia di pasaran beserta variasinya masing-masing, Anda mungkin akan mulai merasa kewalahan.

Tetapi, jangan khawatir. Anda bisa mulai dari hal-hal yang sederhana sambil mulai belajar untuk mengetahui kebutuhan material bangunan untuk membangun rumah idaman Anda. Berikut adalah panduan bahan bangunan yang Anda butuhkan dalam konstruksi rumah.

Apa Saja Bahan Bangunan untuk Konstruksi Rumah?

Terdapat beberapa jenis bahan bangunan mendasar yang dibutuhkan untuk membangun sebuah rumah. Klopmart sudah merangkumnya di bawah ini, apa sajakah itu? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cat

Ragam Warna Cat No Drop Eksterior untuk Rumah

Cat mungkin adalah salah satu bahan bangunan yang langsung muncul di benak seseorang ketika ingin membangu rumah. Bahan satu ini berfungsi untuk memberikan tampilan sesuai keinginan Anda dan memberikan perlindungan ekstra untuk interior Anda.

Cat tidak hanya terbatas pada jenis cat tembok. Anda juga dapat menemukan berbagai jenis cat furniture yang fungsinya untuk melindungi furniture rumah Anda.

Dengan memilih jenis cat yang tepat, Anda dapat memastikan kalau rumah yang telah Anda bangun beserta furniture di dalamnya akan awet serta memiliki warna yang indah dan enak dipandang.

Baca Juga: Pilihan Cat Dasar Tembok yang Bagus dan Murah

2. Keramik

Keramik untuk bahan bangunan

Serupa dengan cat, keramik mungkin adalah hal yang pertama kali terlintas di benak seseorang ketika ingin membagun rumah. Hal ini tidak salah karena bahan bangunan ini memiliki banyak fungsi dan memiliki peran vital.

Keramik adalah salah satu jenis material lantai yang dapat Anda pilih. Jika dulu keramik dibuat dengan bahan dasar tanah liat, kini banyak jenis keramik yang diproduksi dari semen, batu alam, porselen, marmer, granit, teraso, hingga kayu yang dapat Anda pilih untuk membangun hunian idaman Anda..

Selain itu, dari segi pemasangan, harga, dan jenis, keramik adalah salah satu bahan yang ramah dengan orang awam. Lalu, keramik juga adalah salah satu material yang multifungsi.

Anda dapat menggunakannya sebagai lantai dan juga dinding rumah. Anda, misalnya, dapat menggunakan keramik untuk menghias lantai dan dinding kamar mandi.

Mengapa tidak menggunakan dinding semen atau bata seperti biasa saja? Hal ini karena keramik memiliki fungsi tidak menyerap cairan serta mudah dibersihkan jika terkena air. Sifat ini membuat keramik menjadi salah satu bahan bangunan yang harus Anda miliki dalam proses pembangunan rumah.

Baca Juga: 10 Material Lantai Untuk Rumah Anda

3. Baja Ringan

Baja Ringan untuk bahan bangunan

Baja ringan adalah salah satu bahan bangunan rumah yang sedang naik daun. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan. Baja ringan adalah salah satu bahan bangunan yang fleksibel dalam arti Anda dapat menggunakannya dalam berbagai situasi.

Selain fleksibel, baja ringan juga menawarkan kekuatan dan sifat ringan. Hal ini tentunya akan sangat berguna untuk membangun bagian rumah atau bahkan furniture yang tahan lama.

Dalam membangun rumah, baja ringan sendiri dikenal sebagai bahan pengganti kayu. Misalnya, rangka atap yang dahulu masih sering dibuat menggunakan kayu, kini dapat dibuat dengan baja ringan.

Lalu, sifat baja ringan juga dinilai lebih bagus daripada kayu dalam banyak hal. Kayu adalah material yang rentan oleh serangan rayap dan cuaca di luar. Hal ini tidak berlaku pada baja ringan yang awet dan tahan lama.

Menurut laporan Cost vs Value 2019 dari website Remodeling, baja ringan adalah bahan bangunan yang sangat efisien. Nilai investasi dari baja ringan bahkan dapat mencapai 91.3% dari dana awal yang Anda gunakan untuk membelinya. Keuntungan lainnya adalah baja ringan lebih awet, tahan rayap, dan instalasinya pun mudah.

Baca Juga: 4 Jenis Baja Ringan yang Umum Dalam Konstruksi

4. Batu Bata Tanah Liat/Batako/Bata Ringan

 Batu Bata Merah untuk bahan bangunan

Renovasi rumah Anda tergolong besar? Maka bahan bangunan yang satu ini tidak dapat dilewatkan. Batu bata adalah elemen penting untuk membentuk bangunan. Mulai dari dinding hingga lantai, semua memerlukan batu bata dalam pembuatannya.

Bersama dengan campuran semen, pasir, serta kerikil, batu bata adalah penyusun utama rumah. Bahan material batu bata disusun sedemikian rupa kemudian direkatkan dengan semen sudah bisa menjadi dinding atau lantai yang kokoh.

Jika renovasi rumah Anda memasukkan perluasan ruangan atau penambahan jumlah ruang, batu bata jelas harus ada dalam daftar harga bahan bangunan yang harus dipersiapkan.

Pilih batu bata berkualitas baik agar bangunan kokoh dan awet. Salah satu jenis batu bata yang paling kuat dan baik kualitasnya adalah batu bata merah yang padat.

5. Besi Beton

Besi Beton untuk bahan bangunan

Besi beton memiliki peranan penting dalam pembangunan rumah, terutama untuk pondasi dan kerangka bangunan. Untuk pondasi sendiri, besi beton digunakan untuk memberikan kekuatan dan stabilitas yang diperlukan untuk menahan beban struktural dari bangunan di atasnya serta untuk mencegah pergerakan tanah.

Sedangkan bagian kerangka bangunan, besi beton digunakan sebagai tulangan untuk memberikan kekuatan tambahan pada struktur beton, sehingga rumah dapat menahan beban vertikal dan lateral seperti beban angin dan gempa dengan lebih efektif.

Dengan penggunaan besi beton yang tepat, pondasi dan kerangka bangunan dapat dibangun dengan kekuatan dan keamanan yang optimal, menjadikan rumah tersebut lebih kokoh dan tahan lama.

Baca Juga: Cara Menghitung Kebutuhan Besi Beton dengan Mudah

6. Pasir dan Semen

Semen untuk bahan bangunan

Campuran pasir dan semen adalah dua buah material yang tidak terpisahkan dari dunia konstruksi. Campuran semen dan pasir akan sangat berguna bagi Anda untuk merekatkan batu bata hingga batu pondasi agar Anda dapat membangun rumah yang kokoh dan tahan lama.

Baik pasir bangunan maupun semen umumnya akan memakan porsi yang paling besar dalam sebuah konstruksi bangunan.

Oleh karena itu, jika Anda mendapati RAB konstruksi rumah Anda melebihi batas, Anda bisa mengganti penggunaan semen dengan gamping yang memiliki fungsi yang serupa dengan harga yang relatif lebih murah.

7. Kayu dan Bambu

bambu untuk bahan bangunan

Bahan bangunan kayu dan bambu memang telah tergantikan oleh baja ringan dalam beberapa hal. Tetapi, keduanya tetap memiliki fungsi dan tempatnya tersendiri. Setidaknya kayu masih sering dimanfaatkan dalam membuat rangka jendela, kusen pintu, atap, dan dinding rumah.

Artinya, kedua bahan bangunan tersebut masih dapat Anda gunakan sebagai interior ataupun eksterior rumah. Bahkan untuk Anda yang ingin membangun kesan natural di rumah, kedua bahan bangunan tersebut tentunya sangat ideal untuk digunakan.

8. Genteng

genteng untuk bahan bangunan

Genteng adalah bagian vital dari rumah Anda. Jenis genteng yang Anda pilih dapat mempengaruhi suasana di dalam rumah.

Misalnya, jika Anda memilih genteng anti panas, penghuni rumah akan dapat merasa sejuk bahkan di siang terik sekalipun. Oleh karena itu, jangan sungkan untuk berinvestasi pada atap rumah Anda dengan memilih jenis atap atau genteng yang terbaik.

Baca Juga: Macam Macam Genteng Rumah Yang Dapat Ditemukan

9. Kaca

kaca untuk bahan bangunan

Kaca adalah salah satu bahan bangunan yang harus Anda miliki. Kaca dapat berfungsi sebagai jendela atau sebagai material interior lainnya. Misalnya, Anda dapat menggunakan kaca sebagai dinding pada salah satu area rumah Anda untuk membiarkan sinar matahari masuk ke dalam rumah dengan lebih mudah.

10. Pipa

 Pipa untuk bahan bangunan

Bahan bangunan berikutnya yang tidak boleh terlewat adalah pipa. Bahan satu ini memiliki fungsi utama sebagai saluran pembuangan serta bahan pelapis kabel. Dengan sifatnya, tentu bahan bangunan satu ini wajib Anda miliki.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan pipa untuk membuat furnitur atau kreasi lainnya untuk menghias rumah Anda.

Dengan bahan-bahan bangunan yang telah disebutkan di atas, Anda sudah bisa memberikan sentuhan baru pada rumah. Jangan lupakan juga material penting seperti semen, pasir, kerikil, hingga besi penyangga, terlebih jika renovasi yang Anda lakukan tergolong besar.

Setelah memilih bahan bangunan yang akan digunakan, Anda juga sebaiknya segera membuat perkiraan anggaran belanja agar budget yang dikeluarkan tidak membengkak.

Material Bahan Bangunan

Dalam proses mebangun rumah, pastikan Anda hanya memilih bahan-bahan bangunan terbaik. Klopmart sebagai Toko Jual Material Bahan Bangunan Online Terlengkap menyediakan berbagai bahan bangunan untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam membangun rumah idaman. Kunjungi Klopmart sekarang juga!

Inspirasi Lainnya

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Konstruksi

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Selengkapnya
10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Konstruksi

10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Selengkapnya
10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Konstruksi

10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Selengkapnya