Inilah 5 Tips Instalasi Listrik Rumah Tangga yang Bisa Anda Ikuti

Instalasi listrik rumah tangga adalah hal yang sangat penting. Hal ini dikarenakan sumber daya yang satu ini benar-benar berguna dalam kehidupan sehari-hari. Bayangkan jika rumah tidak memiliki listrik yang akan menghidupkan lampu di malam hari, pasti keadaan akan gelap gulita membuat Anda menjadi sulit untuk beraktivitas. Memiliki instalasi listrik yang baik merupakan hal yang sangat dibutuhkan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk bisa memiliki instalasi listrik yang baik dan juga aman.

Tips Instalasi Listrik Rumah Tangga 

Di Indonesia, PLN memiliki tanggung jawab untuk bisa menyediakan listrik ke berbagai bangunan, termasuk rumah. Nah, kita sebagai penghuni atau pemilik rumah juga memiliki kewajiban untuk memasang instalasi yang akan mengalirkan listrik dari PLN ke seluruh sudut rumah. Hal sebenarnya harus menjadi perhatian penting ketika sedang membangun rumah atau ketika melakukan renovasi. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa menjadi perhatian Anda agar bisa memiliki instalasi listrik yang baik. Perhatikan berbagai macam hal berikut ini.

Baca Juga: Cari Tahu Ukuran Kabel Instalasi Listrik Rumah Standar PLN

1. Denah Akan Sangat Membantu

Penempatan kotak Miniature Circuit Breaker atau MCB adalah langkah pertama ketika ingin membuat instalasi listrik rumah. Selanjutnya baru kita bisa menentukan letak saklar ataupun stopkontak. Penempatan ini akan bisa memberikan kita kemudahan. Contohnya stopkontak strategis yang bisa dijangkau untuk menghidupkan berbagai alat listrik atau saklar lampu yang tidak jauh dari pintu untuk memberi kemudahan ketika menghidupkan atau mematikan lampu. Dengan menggunakan denah, maka hal ini akan sangat mudah dilakukan.

2. Kabel Standar SNI Adalah Hal yang Wajib

Label SNI menjadi sebuah pembuktian jika kabel yang akan digunakan punya kualitas yang baik. Keamanan, tidak mudah terkikis, dan tidak mudah terkelupas adalah beberapa hal yang menjadi perhatian ketika memilih kabel. Jenis kabelnya pun bermacam-macam. Ada kabel dengan diameter 2,5 mm yang tergolong kuat untuk daya listrik hingga 5.000 watt pada rumah dengan luas di bawah 70 meter persegi. Ada juga kabel berdiameter 1,5 mm yang aman untuk diaplikasikan pada jalur stopkontak dan lampu berdaya di bawah 100 watt.

Baca Juga: Merk Kabel Listrik Terbaik Sesuai dengan Standar SNI

3. Bagi Jalur Kabel Dengan Tepat

Pastikan untuk membagi jalur kabel sesuai dengan keperluan ketika proses instalasi listrik rumah berlangsung. Contohnya seperti AC, lampu, stopkontak, atau MCB cadangan.

4. Pastikan Perangkat Dengan Daya Besar Memiliki Jalur Tersendiri

Bila rumah Anda memiliki perangkat yang membutuhkan daya yang besar untuk beroperasi, maka ada baiknya menyiapkan jalur khusus tersendiri. Hal ini dikarenakan agar tidak mengganggu perangkat elektronik lainnya yang bisa saja menjadi tidak stabil. Ini juga bisa meningkatkan keawetan pada kabel yang digunakan.

5. Grounding saat Instalasi Listrik Rumah

Untuk menghindari sengatan listrik yang tiba-tiba membesar, mekanisme grounding sangat penting untuk dilakukan. Mekanisme ini akan menyalurkan listrik dari blok MCB ke dalam tanah, maka aliran listrik pun tidak akan meledak di salah satu saluran listrik rumah. Alat bernama earth leakage circuit breaker (ELCB) dan kabel khusus berukuran minimal 4 mm adalah beberapa hal yang dibutuhkan. Ada juga perangkat RCBO (residual circuit breaker overcurrent) yang terdiri dari MCB dan ELCB sekaligus.

Itulah beberapa tips untuk instalasi listrik di rumah Anda. Semoga hal ini bisa membantu. Bila Anda membutuhkan tambahan kabel listrik, maka segera cek harga kabel listrik 1 roll di Klopmart. Kunjungi website kami sekarang juga. Terapkan tips instalasi listrik rumah tangga di atas dengan seksama ya.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
29 Nov 2021

Related Article