10 Jenis Kabel Listrik yang Bagus untuk Kelistrikan Rumah

Ada berbagai jenis kabel listrik yang bagus untuk dimanfaatkan di rumah. Apalagi listrik adalah kebutuhan utama di setiap rumah dan wajib terpenuhi setiap waktunya. Dengan adanya aliran listrik, maka Anda dan keluarga dapat menjalani berbagai macam aktivitas di rumah dengan mudah.

Sebenarnya ada berbagai jenis kabel listrik dengan kelebihan dan fungsi berbeda-beda. Nah, pada artikel kali ini Klopmart akan membahas, apa itu kabel listrik, jenis kabel listrik yang dipakai dalam instalasi rumah ataupun gedung, hingga fungsinya. Penasaran? Mari kita bahas stu persatu.

Apa itu Kabel Listrik?

Pada dasarnya, kabel listrik atau electrical cable adalah media untuk menghantarkan arus listrik yang terdiri dari bahan isolator dan konduktor. Konduktor merupakan bahan penghantar listrik yang terbuat dari bahan tembaga ataupun aluminium. Sedangkan isolator merupakan bahan yang sulit atau tidak dapat menghantarkan listrik, berupa pembungkus kabel yang terbuat dari bahan termoplastik.

Kabel Listrik yang Bagus

Di bawah ini ada delapan jenis kabel listrik yang dapat Anda manfaatkan untuk sistem kelistrikan. Berikut penjelasan selengkapnya bersama Klopmart.

1. Kabel Listrik NYM

Kabel listrik NYM digunakan untuk instalasi listrik di rumah atau gedung dengan memiliki dua hingga empat inti. Selain itu dilengkapi isolasi PVC sebanyak dua lapis sehingga jauh lebih aman jika dibandingkan dengan kabel listrik NYA.

Walau bisa digunakan di lingkungan basah atau kering, kabel NYM tidak dapat ditanam. Adapun tegangan nominalnya sekitar 230 - 400 (300) V. 

2. Kabel Listrik NYA

Kabel listrik NYA digunakan dalam instalasi perumahan dan sistem tenaga dengan inti tunggal serta dilapisi bahan PVC berwarna biru, merah, kuning, dan hitam. Pemberian warna pada kabel bertujuan untuk memudahkan pemasangan jalur jaraingan instalasi listrik.

Kabel listrik ini memiliki isolator berbahan PVC, dengan tegangan nominalnya sekitar 400 - 690 (600) V, dan memiliki ukuran 1,5 mm dan 2,5 mm. Sayangnya, kabel ini sangat tipis sehingga tidak tahan air, dan mudah robek. Cara mencegah kerusakan tersebut adalah jalur jaringan listrik sebaiknya dilindungi dengan pipa PVC.

Baca juga: Merk Kabel Listrik Terbaik

3. Kabel Listrik NYAF

Kabel listrik NYAF digunakan untuk instalasi listrik rumah dalam panel yang membutuhkan fleksibilitas tinggi. Inilah mengapa kabel ini cocok untuk daerah dengan belokan tajam.

Kabel ini memiliki satu inti kabel, tetapi berupa serabut bukan tunggal dengan material tembaga dan dilapisi isolasi PVC. Isolasinya tipis dan juga diberi warna berbeda.

Kabel NYAF lebih fleksibel dibandingkan kabel NYA, sehingga cocok digunakan pada belokan-belokan jaringan listrik. Sebaiknya jangan sampai terkena cuaca langsung karena hanya cocok digunakan dalam lingkungan kering. Tegangan nominal 300 – 500 V.

4. Kabel Listrik NYY

Kabel listrik NYY terdiri dari dua hingga empat inti serta menggunakan material tembaga yang diisolasi PVC. Kabel ini sangat aman jika ditanam dalam tanah karena isolatornya tebal dan kuat.

Ciri khas kabel ini berwarna hitam dan tahan terhadap air. Walaupun memiliki tingkat daya tahan yang kuat, sebaiknya lapisi kabel ini dengan pipa tambahan ketika ditanam. Khususnya untuk aliran listrik dengan tegangan tinggi.

Baca juga: Cara Menghemat Listrik yang Mudah

5. Kabel Listrik NYCY

Jenis kabel listrik NYCY memiliki tingkat ketahanan prima dalam menghadapi berbagai jenis cuaca. Anda dapat menggunakannya di dalam ruangan, alam terbuka (outdoor), hingga ditanam di tanah.

Kabel ini terdiri dari penghantar konsentris serta dilapisi pita CU. Dengan kualitas yang ditawarkan, harga kabel listrik jenis ini terhitung tinggi.

6. Kabel Listrik NYMHYO

Kabel listrik NYMHYO terdiri dari dua inti serabut dan sering digunakan untuk peralatan elektronik rumah tangga yang hanya memerlukan arus rendah.

Contoh peralatan elektronik tersebut mencakup kabel audio video dan sound system yang dimiliki di rumah Anda. 

Baca juga: Cara Menyambung Kabel Listrik Sendiri

7. Kabel Listrik NYMHY

Jenis kabel listrik NYMHY memiliki ciri khas dengan warna putih. Kabel NYMHY biasanya digunakan pada rumah yang memiliki kapasitas listrik dibawah 900 watt, dalam skala menengah.

Ada 3 bagian dalam kabel NYMHY yaitu konduktor, isolator dalam dan juga pelindung luar yang terbuat dari bahan isolator. Kabel ini memiliki selubung dalam dan luar dari PVC. Cukup fleksibel dan kuat untuk tegangan listrik rumah nominal 300 – 500 V.

8. Kabel Listrik NYYHY

Jenis kabel listrik yang bagus selanjutnya adalah NYYHY. Kabel ini memiliki beberapa inti kabel serabut yang masing-masing dilapisi isolator dengan warna berbeda.

Kabel listrik ini hanya memiliki selubung luar PVC dan sangat fleksibel. Cocok untuk digunakan pada perangkat listrik portabel seperti mesin bor, mesin las, mesin gerinda, dan sebagainya. Tegangan nominalnya berkisar antara 450 – 750 V.

9. Kabel Listrik NYRGBY/NYBY

Jenis kabel listrik NYRGBY merupakan kabel dengan insulator yang cukup kuat dan memiliki lapisan pita serat baja galvanis di antara selubung dalam dan selubung luarnya yang terbuat dari PVC. Tegangan nominalnya 0.6 - 1 (1.2) kV.

Keunggulan jenis kabel ini yaitu dapat dipendam di bawah tanah tanpa perlindungan tambahan. Akan tetapi, sangat disarankan menggunakan perlindungan pipa PVC, terutama jika kabel tersebut harus melintasi jalan raya.

Baca juga: Cari Tahu Ukuran Kabel Instalasi Listrik Rumah Standar PLN

10. Kabel Listrik ACSR

Jenis kabel listrik yang bagus terakhir adalah ACSR. Kabel ACSR merupakan kawat penghantar yang terdiri dari aluminium berinti kawat baja.

Kabel ini digunakan pada saluran-saluran transmisi bertegangan tinggi yang jarak antara menaranya saling berjauhan mencapai puluhan hingga ratusan meter. Oleh karena itu, diperlukan kuat tarik yang lebih tinggi, sehingga memakai kawat penghantar ACSR.

Prosedur Kerja Aman Alat Kelistrikan

Sebagai informasi tambahan untuk Anda yang akan bekerja menggunakan peralatan listrik, Klopmart memberikan beberapa tips praktis yang dapat Anda terapkan untuk keselamatan Anda dalam bekerja.

  1. Jangan mengganti sendiri plug alat listrik, informasikan kepada mekanik atau supervisor jika peralatan listrik rusak.
  2. Jangan gunakan household plug/colokan listrik rumahan untuk peralatan listrik portabel yang digunakan di area proyek.
  3. Hanya petugas berwenang yang diperbolehkan menyambung/memutuskan arus pada panel listrik.
  4. Gunakan single industrial plug, jangan menggunakan socket listrik yang bercabang.
  5. Kabel listrik harus digantung untuk menghindari genangan air/area lembab atau terlindas roda kendaraan di lokasi kerja serta terinjak kaki pekerja.
  6. Panel listrik distribusi untuk kerja dan dalam kondisi baik.
  7. Alat kerja listrik wajib didaftarkan, diperiksa dan diberi label.
  8. Jika bekerja di lingkungan proyek, tidak dianjurkan menggunakan kabel kerja dengan Tipe NYA/kabel serabut.
  9. Gunakan kabel listrik yang bagus minimal harus Tipe NYM (memiliki double lapisan) dan harus berstandar SNI.

Baca juga: Fungsi Stop Kontak dan Cara Kerjanya

Rekomendasi Merk Kabel Listrik Terbaik

Dari penjelasan kesepuluh kabel listrik di atas, mana yang Anda butuhkan? Setiap kabel memiliki fungsi dan keunggulan berbeda-beda. Namun untuk kebutuhan rumah tangga, Klopmart memiliki satu rekomendasi kabel listrik, yaitu Kabel Eterna. Terdiri dari berbagai ukuran, yakni  2 x 1,5 - 2 x 2,5 - 3 x 1,5 - 3 x 2,5, Anda bisa segera mendapatkan kabel merk Eterna ini di Klopmart. Dengan informasi jenis kabel listrik yang bagus, cek Klopmart yang jual Kabel Eterna murah Jakarta sekarang juga. 

Sumber artikel:

  • http://www.alkonusa.com/news/mengenal-jenis-jenis-kabel-listrik/

Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
09 Mei 2021

Related Article