7 Jenis Kabel Listrik yang Bagus untuk Kelistrikan Rumah

Ada berbagai jenis kabel listrik yang bagus untuk dimanfaatkan di rumah. Apalagi listrik adalah kebutuhan utama di setiap rumah dan wajib terpenuhi setiap waktunya. Dengan adanya aliran listrik, maka Anda dan keluarga dapat menjalani berbagai macam aktivitas di rumah dengan mudah. Sebenarnya ada berbagai jenis kabel listrik dengan kelebihan dan fungsi berbeda-beda. Penasaran apa saja?
 

Kabel Listrik yang Bagus

Di bawah ini ada delapan jenis kabel listrik yang dapat Anda manfaatkan untuk sistem kelistrikan. Berikut penjelasan selengkapnya bersama Klopmart.
 

1. Kabel Listrik NYM

Kabel listrik NYM digunakan untuk instalasi listrik di rumah atau gedung dengan memiliki dua hingga empat inti. Selain itu dilengkapi isolasi PVC sebanyak dua lapis sehingga jauh lebih aman jika dibandingkan dengan kabel listrik NYA. Walau bisa digunakan di lingkungan basah atau kering, kabel NYM tidak dapat ditanam.
 

2. Kabel Listrik NYA

Kabel listrik NYA digunakan dalam instalasi perumahan dan sistem tenaga dengan inti tunggal serta dilapisi bahan PVC berwarna biru, merah, kuning, dan hitam. Ukurannya bisa dari 1,5 mm dan 2,5 mm. Sayangnya, kabel ini sangat tipis, tidak tahan air, dan mudah robek.

Baca juga: Merk Kabel Listrik Terbaik
 

3. Kabel Listrik NYAF

Kabel listrik NYAF digunakan untuk instalasi listrik rumah dalam panel yang membutuhkan fleksibilitas tinggi. Inilah mengapa kabel ini cocok untuk daerah dengan belokan tajam. Kabel ini memiliki material tembaga dan dilapisi isolasi PVC. Sebaiknya jangan sampai terkena pengaruh cuaca langsung karena hanya cocok digunakan dalam lingkungan kering.
 

4. Kabel Listrik NYY

Kabel listrik NYY terdiri dari dua hingga empat inti serta menggunakan material tembaga yang diisolasi PVC. Kabel ini sangat aman jika ditanam dalam tanah karena isolatornya tebal dan kuat. Ciri khas kabel ini berwarna hitam dan tahan terhadap air. Walaupun memiliki tingkat daya tahan yang kuat, sebaiknya lapisi kabel ini dengan pipa tambahan ketika ditanam. Khususnya untuk aliran listrik dengan tegangan tinggi.

Baca juga: Cara Menghemat Listrik yang Mudah
 

5. Kabel Listrik NYCY

Kabel listrik NYCY memiliki tingkat ketahanan prima dalam menghadapi berbagai jenis cuaca. Anda dapat menggunakannya di dalam ruangan, alam terbuka, hingga ditanam di tanah. Kabel ini terdiri dari penghantar konsentris serta dilapisi pita CU. Dengan kualitas yang ditawarkan, harga jual kabel listrik jenis ini terhitung tinggi.
 

6. Kabel Listrik NYMHYO

Kabel listrik NYMHYO terdiri dari dua inti serabut dan sering digunakan untuk peralatan elektronik rumah tangga yang hanya memerlukan arus rendah. Contoh peralatan elektronik tersebut mencakup kabel audio video dan sound system yang dimiliki di rumah Anda. 

Baca juga: Cara Menyambung Kabel Listrik Sendiri
 

7. Kabel Listrik NYMHY/NYYHY

Kabel listrik NYMHY memiliki ciri khas dengan warna putih, sedangkan NYYHY berwarna hitam. Ada beberapa inti serabut di dalam kabel ini dan diisolasi PVC. Biasanya digunakan untuk alat rumah tangga dengan daya 900 watt ke bawah. Kelebihan dari kabel ini adalah fleksibilitas yang tinggi serta tidak mudah patah.

Dari penjelasan ketujuh kabel listrik di atas, mana yang Anda butuhkan? Setiap kabel memiliki fungsi dan keunggulan berbeda-beda. Namun untuk kebutuhan rumah tangga, Klopmart memiliki satu rekomendasi kabel listrik, yaitu Kabel Eterna. Terdiri dari berbagai ukuran, yakni  2 x 1,5 - 2 x 2,5 - 3 x 1,5 - 3 x 2,5, Anda bisa segera mendapatkan kabel ini di Klopmart. Dengan informasi jenis kabel listrik yang bagus, cek Klopmart yang jual Kabel Eterna murah Jakarta sekarang juga. 

Baca juga: Fungsi Stop Kontak dan Cara Kerjanya


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
08 Mei 2021

Related Article