Apa Itu Obeng dan Jenis beserta Fungsinya?

“Apa itu obeng?”, pertanyaan ini akan terlintas di pikiran Anda yang asing dengan alat-alat perkakas rumah tangga. Namun sebenarnya secara sadar atau tidak, Anda pasti sudah pernah melihat obeng. Ini karena obeng adalah salah satu alat perkakas dasar yang harus ada di dalam rumah. Penggunaannya juga sangat mudah, hanya perlu diputar beberapa kali pada sekrup yang ingin dipasang atau dilepas. 

Alat perkakas yang satu ini bisa juga kita sebut sebagai alat perkakas dasar yang penggunaannya diperlukan hampir pada semua benda yang ada di rumah kita. Misalnya meja, kursi, alat elektronik hingga alat kelistrikan. Kalau begitu mari kita kenali alat perkakas satu ini. 

Apa itu Obeng?

Sempat disebutkan pada bagian awal, obeng adalah salah satu alat perkakas dasar yang dimiliki oleh mayoritas masyarakat di rumah. Ini karena obeng sangat berguna membantu membuka sekrup dari barang yang perlu diperbaiki. Obeng juga sangat berguna untuk memasang sekrup dalam proses merakit berbagai perabot rumah tangga.

Baca juga: 5 Cara Mencegah Karat Muncul di Perabotan Rumah

Apabila Anda memiliki obeng di rumah dengan berbagai jenis, maka pekerjaan merakit dan pekerjaan lainnya bisa Anda selesaikan dengan mudah. Obeng, sejatinya sudah ditemukan dan digunakan sejak tahun 1800 an.

Bentuk ujung mata obeng yang pertama kali digunakan adalah obeng minus. Namun saat ini kita telah melihat ada banyak bentuk mata obeng dan jenis dari obeng itu sendiri yang memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing.

Baca juga: Apa Fungsi Obeng dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Apa Saja Jenis-jenis Obeng dan Fungsinya?

Berdasarkan jenisnya, obeng bisa kita bagi menjadi 12 jenis yang tentu saja memiliki kegunaan masing-masing. Jenisnya cukup beragam karena dibuat dengan bahan material yang berbeda tergantung tujuan penggunaan obeng. Ada yang khusus digunakan dalam otomotif, DIY dan aksesori kecil, bahkan kelistrikan. Berikut ini adalah 12 jenis obeng dan sekilas penjelasan mengenai fungsinya.

1. Obeng Plus

Memiliki mata obeng berbentuk plus atau tanda tambah, obeng ini berfungsi untuk mengencangkan dan mengendurkan sekrup yang memiliki bentuk plus. 


2. Obeng Minus

Memiliki mata obeng yang pipih atau berbentuk tanda kurang, obeng ini berfungsi untuk mengencangkan dan mengendurkan sekrup dengan bentuk tanda kurang.

Baca juga: 4 Rekomendasi Merk Obeng Terbaik untuk Anda

3. Obeng Ketok

Obeng ketok terbuat dari bahan logam yang kuat ketika akan diketuk. Obeng satu ini khusus untuk mengencangkan dan mengendurkan sekrup dengan maksimal. Biasanya sering digunakan di bengkel untuk mengencangkan dan mengendurkan sekrup mesin-mesin. 

4. Obeng Fleksibel

Bentuk batangnya yang fleksibel, berfungsi menjangkau sekrup yang berada di posisi yang sulit terjangkau oleh obeng lurus biasanya. Mata obeng di setiap ujungnya berbeda yaitu minus dan plus.

5. Obeng Sok

Memiliki bentuk mata obeng yang unik yaitu bulat atau persegi, obeng ini digunakan untuk mengencangkan dan mengendurkan sekrup yang akan dilepas atau dipasang dengan kuat. Hanya saja tidak sekuat obeng ketok.

Baca juga: Yuk Cari Tahu, Tang Buaya itu Seperti Apa?

6. Obeng Elektrik

Obeng elektrik hadir dengan kekuatan baterai atau listrik untuk memudahkan Anda dalam mengencangkan dan mengendurkan sekrup dengan sangat mudah. Hanya perlu menekan tombol untuk menyalakannya. Obeng ini sangat memudahkan proses merakit yang biasanya membutuhkan waktu yang lama. 

7. Obeng Magnet

Obeng yang satu ini memiliki mata obeng yang sama dengan jenis obeng lainnya. Hanya saja terdapat daya magnet yang ada di ujung mata obeng untuk memudahkan Anda dalam memasang atau melepas sekrup. 

8. Obeng Aksesori

Obeng yang satu ini memiliki berbagai variasi bentuk mata obeng untuk membuka barang-barang kecil yang tidak membutuhkan tenaga yang besar. Batang obeng ini terbuat dari plastik dan bahan lainnya yang tidak terlalu kuat saat diberi tekanan yang besar.

9. Obeng Offset

Bentuk batang obeng offset seperti bentuk Z atau siku-siku yang berlawanan. Obeng ini memiliki dua mata obeng yaitu plus dan minus. Tentunya berguna untuk mengencangkan dan mengendurkan sekrup dengan mudah.

Baca juga: Daftar Lengkap Ukuran Kunci Inggris dari yang Terkecil Sampai yang Terbesar

10. Obeng Ratchet

Memiliki bentuk seperti pistol, obeng ini dibuat dengan bahan yang cukup kuat untuk mengencangkan dan mengendurkan sekrup. Mata obeng dari jenis obeng ini beragam, sehingga sangat berguna melakukan banyak pekerjaan.

11. Obeng Gagang Stabil

Berbentuk T, obeng satu ini memiliki tiga bentuk mata obeng yaitu minus, plus dan sok. Fungsi obeng ini masih sama seperti jenis yang lain, namun tidak dapat digunakan dengan tenaga yang besar apalagi untuk diketuk dengan palu. 


12. Obeng Tespen

Berguna untuk kelistrikan, obeng ini memiliki kemampuan untuk memberi tahu keberadaan arus listrik pada sebuah kabel ketika mata obeng menyentuh kabel. Cahaya yang berada pada mata obeng akan menyala saat obeng mendeteksi adanya arus listrik. 

Jika Anda mencari obeng yang memiliki banyak fungsi seperti jenis-jenis obeng yang dijelaskan di atas, KlopMart adalah tempat yang tepat. Terdapat berbagai jenis dan harga obeng yang bisa Anda temukan. Mencari barang yang Anda butuhkan juga mudah, hanya perlu mengetik kata kunci barang yang Anda cari dan sistem akan menemukannya.

Baca juga: Fungsi Kunci L Beserta Variannya

Misalnya Anda ingin mencari harga obeng bolak-balik, ketik saja pada bar pencarian “obeng bolak balik”, maka sistem akan melakukan tugasnya. Cari bahan dan alat material kebutuhan Anda jadi mudah bersama KlopMart. Kunjungi website KlopMart sekarang, ya! Demikian penjelasan mengenai apa itu obeng serta fungsi dari setiap jenis obeng yang ada dan semoga artikel ini menambah wawasan Anda tentang alat perkakas obeng. 

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya