7 Cara Membuat Meja Dapur dari Kayu

Pernahkah Anda kepikiran untuk mengikuti cara membuat meja dapur dari kayu? Meja dapur menjadi kebutuhan utama di dalam rumah karena dengan keberadaannya, Anda bisa meletakkan makanan dan beberapa peralatan dapur lainnya di sana. Dengan begitu, dapur akan terlihat lebih rapi serta terorganisir.

Lalu, bagaimana cara membuat meja dapur yang baik dari kayu? Simak rangkumannya bersama Klopmart di bawah ini.

Mengapa Anda Harus Membuat Meja Dapur dari Kayu?

Sebelum memulai pengerjaan meja dapur dari kayu, ada baiknya Anda mengetahui kelebihan dari meja dari kayu. Salah satu keunggulan meja dari kayu adalah tampilannya. Meja kayu sangat cocok untuk dipadukan dengan berbagai jenis desain dapur, salah satunya dapur minimalis.

Meja kayu juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan salah satunya sebagai meja kompor gas. Meja kompor dari kayu merupakan salah satu alternatif bagi meja dapur cor, meja kompor stainless, ataupun meja dapur besi.


Variasi Bahan Kayu untuk Meja Dapur

cara membuat meja dapur dari kayu

Meja dapur dari kayu juga memiliki keunggulan dari variasi bahannya. Salah satu variasi meja kayu paling terkenal adalah meja dari kayu palet.

Kayu palet menawarkan sentuhan estesi yang sangat luar biasa. Anda akan sangat mudah mengkombinasikannya dengan berbagai perabotan lainnya.

Sayangnya, meja dari kayu palet cenderung memiliki umur yang singkat. Jika Anda menginginkan meja kayu yang berumur panjang, Anda bisa mencoba meja yang terbuat dari kayu jati Belanda. Walaupun disebut jati, tetapi sebenarnya kayu ini adalah jenis pinus.

Kayu jati Belanda menawarkan kekuatan ideal yang tidak dapat Anda temukan di kayu palet. Walaupun bukan jati asli, kayu jati Belanda tetap menawarkan kualitas yang kurang lebih serupa dengan harga yagn relatif lebih murah.

Cara Membuat Meja Dapur dari Kayu

Memang tidak mudah untuk membuat meja dapur sendirian. Tapi dengan material kayu yang digunakan, prosesnya dapat lebih mudah. Dari sisi pengukuran, pemotongan, pemasangan, hingga finishing dengan pernis kayu. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan agar proses pembuatannya berjalan lancar dan meja dapur itu berfungsi maksimal.

1. Memilih Material Terbaik

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih material terbaik. Karena mau menggunakan kayu, coba pilih material yang paling kuat dan cocok untuk meja dapur impian Anda.

Sebenarnya Anda bisa saja menggunakan kayu bekas. Namun jika memang merasa kalau kayu bekas memang kurang cocok untuk di rumah Anda, sebaiknya gunakan saja material terbaru agar dari segi tampilan sudah jauh lebih baik.

Baca juga: 5 Jenis Kayu Olahan Untuk Furniture

2. Mulai Membaut Desain Meja Kayu

Desain meja kayu Anda tentunya akan sangat bergantung pada kebutuhan Anda: apakah Anda hanya akan menggunakannya sebagai tempat meletakkan barang atau sebagai sebuah meja kompor kayu sederhana ?

Meja kompor kayu umumnya akan lebih lebar ketimbang meja kayu yang digunakan untuk menyimpan barang. Atau, mungkin Anda bisa menggunakan desain meja kayu L yang bisa difungsikan untuk keduanya dimana Anda menaruh kompor di salah satu sudut meja dan barang-barang atau kitchen set lain di sisi lainnya.

Anda dapat menemukan banyak ide dan desain meja dapur kayu yang menarik di internet. Pastikan juga desain meja dapur kayu Anda akan muat untuk ditempatkan di dapur Anda.

3. Perhatikan Ukuran Meja Dapur

Mulailah mengukur desain meja dapur ideal Anda. Jangan membuat meja dapur sebelum mengukur luas dapur dan lokasi peletakan meja terlebih dahulu. Dikhawatirkan hal tersebut dapat mengganggu fungsi dan estetika dari meja dapur Anda nantinya.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mengatur tinggi meja dapur yang hendak Anda buat. Standar tinggi sebuah meja dapur yang ideal adalah sekitar 70 hingga 80 cm. Pengukuran tinggi ini dihitung dari permukaan lantai hingga ke bagian permukaan meja. Apabila meja dapur terlalu tinggi atau pendek, tentunya akan kurang nyaman saat dipakai untuk memasak.

4. Lakukan Pemotongan

Jika proses pengukuran sudah tepat sesuai kebutuhan, sekarang saatnya untuk memulai proses pembuatan meja dapur Anda dengan memotong bahan kayu yang hendak digunakan. Anda bisa menggunakan gergaji mesin atau manual untuk memotong material kayu tersebut. Jangan lupa untuk memotongnya secara hati-hati dan rapi. 

Ketika setiap bagian meja dapur dari kayu telah dipotong, Anda bisa mengamplasnya agar tidak ada bagian serpihan kayu yang tajam. Tentunya bagian itu sangat berbahaya untuk keluarga jika tetap dibiarkan berada di meja dapur tersebut.

Baca juga: 3 Kerajinan Dari Kayu Palet yang Dapat Memepercantik Rumah

5. Perhatikan Pemasangan Stop Kontak dan Saluran Air

Apakah Anda ingin meletakkan stop kontak atau saluran air di dekat meja dapur Anda? Bila ya, pastikan untuk merencanakan peletakkannya terlebih dahulu. Pastikan semuanya berada dalam posisi yang tepat untuk menghindari kebocoran pipa ataupun korsleting listrik.

Apabila Anda tidak merencanakan hal ini dengan baik, ada kemungkinan Anda harus membongkar ulang meja dapur Anda. Sangat merepotkan, bukan? Oelh karena itu, rencanakanlah setiap aspek ini dengan baik.

6. Lakukan Finishing

Sekarang waktunya untuk melakukan finishing. Berikan pernis kayu pada setiap bagian agar semakin mengilap. Jika memang dibutuhkan cat, Anda juga melakukan pengecatan. Namun tidak dapat dimungkiri bahwa warna kayu natural jauh lebih menarik dan fresh dibandingkan memberikan warna lainnya.


7. Pasangkan Setiap Bagian

Setelah memastikan seluruh potongan material kayu sudah sesuai ukuran dan telah diamplas dengan sempurna, sekarang waktunya memasangkan setiap bagian. Setiap bagian ini dimulai dari kaki-kaki dan tentu bagian bidang atasnya. Ketika Anda memasang seluruh bagian, cek apakah kekuatannya sudah cukup baik.

Pemasangan ini sebaiknya menggunakan paku sesuai kebutuhan agar memberikan hasil lebih kuat. Kalau perlu, tambahkan juga lem kayu untuk beberapa bagian agar hasilnya semakin kuat untuk digunakan sehari-hari.

Baca juga: Harga Papan Kayu Terbaik untuk Material Anda

Mudah, kan untuk membuat meja dapur dari kayu? Kayu merupakan salah satu bahan pilihan untuk membuat furniture dapur Anda. Selain meja, Anda juga dapat membuat furnitur lain seperti rak, kursi, hingga lemari untuk membuat dapur Anda lebih cantik.

Keberadaan meja dapur dari kayu juga memberikan warna berbeda di tengah-tengah rumah Anda. Ada kesan natural dan kembali ke alam di dalam rumah. Fungsi dari meja dapur ini sangat berguna juga untuk aktivitas di rumah. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat untuk Anda dan dapat langsung dipraktikkan secepatnya.

Tidak lengkap rasanya membuat meja dapur dari kayu sendiri tanpa menggunakan Propan Impra Wood Filler WF-115 yang mampu mengisi pori-pori kayu dengan sempurna. Dengan informasi cara membuat meja dapur dari kayu, kunjungi cek produk Wood Filler Propan di Klopmart sekarang juga.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya