Apa Fungsi Obeng? Kenali Jenis dan Cara Menggunakannya

Apabila Anda sedang mencari tahu apa fungsi obeng dan cara menggunakannya, maka artikel ini adalah tempat yang tepat. Pada kesempatan kali ini KlopMart akan mengajak Anda melihat ke dalam mengenai fungsi yang dimiliki oleh obeng dan cara menggunakannya.

Umumnya penggunaan obeng itu sendiri tidak terbatas untuk servis kendaraan seperti di bengkel motor dan mobil. Penggunaannya sangat luas pada berbagai barang, namun tentu saja obeng yang digunakan tergantung pada jenis dan bahan bakunya. 

Jenis-Jenis Obeng

Seperti yang sudah disinggung di bagian awal, obeng bisa digunakan pada berbagai barang namun tergantung jenis dan bahan bakunya. Ini karena berbeda barang, berbeda juga obeng yang digunakan. Berikut ini adalah jenis-jenis obeng yang ada di pasaran.

Baca juga: Sejarah Obeng, Perkakas Serba Guna!

  • Obeng Plus (Obeng Kembang)
  • Obeng Minus
  • Obeng Ketok
  • Obeng Fleksibel
  • Obeng Sok
  • Obeng Elektrik
  • Obeng Magnet
  • Obeng Aksesori
  • Obeng Offset
  • Obeng Ratchet
  • Obeng Gagang Stabil (Terbuat dari Plastik)
  • Obeng Tespen

Untuk mengetahui lebih detail berbagai jenis obeng di atas silakan membaca artikel berikut ini "Inilah Macam-Macam Obeng yang Harus Anda ketahui".


Apa Fungsi Obeng?

Fungsi obeng adalah

Meskipun digunakan untuk barang yang berbeda, namun fungsi utama dari semua obeng tetap sama. Fungsi obeng adalah untuk mengencangkan dan mengendurkan sekrup.

Namun tahukah Anda ternyata obeng memiliki fungsi tambahan untuk membantu aktivitas tertentu, yaitu:

1. Mengetahui aliran listrik

Fungsi pertama dari obeng adalah mengetahui keberadaan aliran listrik pada suatu benda. Obeng yang digunakan bernama obeng tespen. Apabila mata obeng menyentuh sebuah kabel dan terdapat arus listrik, maka lampu yang ada di mata obeng akan menyala.

Mata obeng tespen umumnya berbentuk minus.

Baca juga: MCB Posisi On Tapi Listrik Mati, Kenapa?

2. Mencongkel suatu objek

Perlu Anda pahami bahwa ujung obeng memiliki mata sekrup yang beragam. Nah, obeng yang berbentuk pipih pada bagian kepalanya (obeng pipih) dapat Anda gunakan untuk mencongkel objek tertentu. Baik itu interior, komponen otomotif hingga caseback jam tangan.

3. Menjangkau sekrup di tempat sempit

Ada juga obeng magnet yang memiliki daya magnet pada mata obeng untuk menjangkau sekrup dalam tempat yang sempit atau memudahkan Anda untuk memasang sekrup tanpa harus repot memegangnya.

Baca juga: 4 Rekomendasi Merk Obeng Terbaik Tahun 2022

4. Mengencangkan dan mengendurkan sekrup secara otomatis

Fungsi terakhir dari obeng adalah pada jenis obeng elektrik. Obeng jenis ini dilengkapi dengan baterai sehingga memudahkan Anda dalam mengendurkan dan mengencangkan sekrup tanpa mengeluarkan tenaga yang besar. 

Jadi, sudah tidak bingung lagi kan apa fungsi obeng?

Baca jugaFungsi Kunci L Beserta Variannya

Bagaimana Cara Menggunakan Obeng dengan Benar?

Cara menggunakannya sangat mudah, Anda hanya perlu memasukkan obeng pada sekrup dengan bentuk yang sama. Apabila sekrup memiliki bentuk minus, maka obeng yang Anda gunakan juga bentuk minus dan begitu juga bentuk yang lain. Setelah mencocokkan bentuk dari sekrup dan obeng, Anda tinggal memutar ke arah kanan untuk mengencangkan atau ke arah kiri untuk mengendurkan. 

“Seberapa lama saya harus memutarnya?”, Anda hanya perlu memutar hingga sekrup tidak lagi dapat diputar. Untuk memasang sekrup dengan kekuatan maksimal, Anda perlu menggunakan alat tambahan seperti palu untuk mengetuk obeng. Namun perlu diingat bahwa obeng yang bisa Anda ketuk dengan bantuan palu hanya obeng tertentu saja yang memang sudah dirancang kokoh untuk diketuk seperti obeng ketok.

Baca jugaPerbedaan Mesin Circular Saw dan Jig Saw


Mencari Obeng Pantek? Cari saja di Klopmart

Berbicara mengenai obeng, mencari alat perkakas satu ini tidak sulit. Anda bisa mencarinya di toko material terdekat atau bahkan dari HP Anda dengan mengunjungi website KlopMart. Anda bisa melakukan pencarian pada search bar atau bar pencarian dengan mengetikkan “obeng”. Lalu Anda akan dibawa menuju halaman obeng yang tersedia di KlopMart. 

Anda bahkan bisa mencari barang dengan kata kunci yang spesifik seperti obeng pantek, maka sistem akan langsung menampilkan halaman obeng pantek. Bagaimana? Berbelanja di KlopMart sangat mudah, bukan? Kalau begitu langsung saja pergi ke website KlopMart untuk mencari bahan dan alat material lain yang Anda butuhkan.

Semoga penjelasan di atas memberikan wawasan baru bagi Anda mengenai obeng. Jadi apabila ada yang bertanya mengenai apa fungsi obeng dan bagaimana cara menggunakannya, Anda bisa langsung menjawab dengan mudah.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

5 Penyebab Paku Berkarat dan Cara Mencegahnya yang Mudah Dilakukan

Baut & Perkakas

5 Penyebab Paku Berkarat dan Cara Mencegahnya yang Mudah Dilakukan

Selengkapnya
15 Alat Bangunan yang Wajib Ada Di Rumah Anda

Baut & Perkakas

15 Alat Bangunan yang Wajib Ada Di Rumah Anda

Selengkapnya
16 Jenis-jenis Baut dan Kegunaannya Masing-masing

Baut & Perkakas

16 Jenis-jenis Baut dan Kegunaannya Masing-masing

Selengkapnya