Apa Fungsi Obeng dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Apabila Anda sedang mencari tahu apa fungsi obeng dan cara menggunakannya, maka artikel ini adalah tempat yang tepat. Pada kesempatan kali ini KlopMart akan mengajak Anda melihat ke dalam mengenai fungsi yang dimiliki oleh obeng dan cara menggunakannya. Umumnya penggunaan obeng itu sendiri tidak terbatas untuk servis kendaraan seperti di bengkel motor dan mobil. Penggunaannya sangat luas pada berbagai barang, namun tentu saja obeng yang digunakan tergantung pada jenis dan bahan bakunya. 

Apa Fungsi Obeng?

Seperti yang sudah disinggung di bagian awal, obeng bisa digunakan pada berbagai barang namun tergantung jenis dan bahan bakunya. Ini karena berbeda barang, berbeda juga obeng yang digunakan. Berikut ini adalah jenis-jenis obeng yang ada di pasaran.

Baca juga: Sejarah Obeng, Perkakas Serba Guna!

  • Obeng Plus
  • Obeng Minus
  • Obeng Ketok
  • Obeng Fleksibel
  • Obeng Sok
  • Obeng Elektrik
  • Obeng Magnet
  • Obeng Aksesori
  • Obeng Offset
  • Obeng Ratchet
  • Obeng Gagang Stabil
  • Obeng Tespen

Meskipun digunakan untuk barang yang berbeda, namun fungsi utama dari semua obeng tetap sama. Fungsi obeng adalah untuk mengencangkan dan mengendurkan sekrup. Mungkin hanya dua atau tiga jenis obeng yang memiliki fungsi tambahan untuk membantu aktivitas tertentu. Misalnya obeng tespen yang berfungsi untuk mengetahui aliran listrik dari kabel, saat mata obeng menyentuh sebuah kabel. 

Jika terdapat arus listrik, maka lampu yang ada di mata obeng akan menyala. Ada juga obeng magnet yang memiliki daya magnet pada mata obeng untuk menjangkau sekrup dalam tempat yang sempit atau memudahkan Anda untuk memasang sekrup tanpa harus repot memegangnya. Terakhir ada juga obeng elektrik yang dilengkapi dengan baterai, sehingga memudahkan Anda dalam mengendurkan dan mengencangkan sekrup tanpa mengeluarkan tenaga yang besar. Jadi, sudah tidak bingung lagi kan apa fungsi obeng?

Baca jugaFungsi Kunci L Beserta Variannya

Bagaimana Cara Menggunakan Obeng dengan Benar?

Cara menggunakannya sangat mudah, Anda hanya perlu memasukkan obeng pada sekrup dengan bentuk yang sama. Apabila sekrup memiliki bentuk minus, maka obeng yang Anda gunakan juga bentuk minus dan begitu juga bentuk yang lain. Setelah mencocokkan bentuk dari sekrup dan obeng, Anda tinggal memutar ke arah kanan untuk mengencangkan atau ke arah kiri untuk mengendurkan. 

“Seberapa lama saya harus memutarnya?”, Anda hanya perlu memutar hingga sekrup tidak lagi dapat diputar. Untuk memasang sekrup dengan kekuatan maksimal, Anda perlu menggunakan alat tambahan seperti palu untuk mengetuk obeng. Namun perlu diingat bahwa obeng yang bisa Anda ketuk dengan bantuan palu hanya obeng tertentu saja yang memang sudah dirancang kokoh untuk diketuk seperti obeng ketok.

Baca jugaPerbedaan Mesin Circular Saw dan Jig Saw

Mencari Obeng Pantek? Cari saja di Klopmart

Berbicara mengenai obeng, mencari alat perkakas satu ini tidak sulit. Anda bisa mencarinya di toko material terdekat atau bahkan dari HP Anda dengan mengunjungi website KlopMart. Anda bisa melakukan pencarian pada search bar atau bar pencarian dengan mengetikkan “obeng”. Lalu Anda akan dibawa menuju halaman obeng yang tersedia di KlopMart. 

Anda bahkan bisa mencari barang dengan kata kunci yang spesifik seperti obeng pantek, maka sistem akan langsung menampilkan halaman obeng pantek. Bagaimana? Berbelanja di KlopMart sangat mudah, bukan? Kalau begitu langsung saja pergi ke website KlopMart untuk mencari bahan dan alat material lain yang Anda butuhkan.

Semoga penjelasan di atas memberikan wawasan baru bagi Anda mengenai obeng. Jadi apabila ada yang bertanya mengenai apa fungsi obeng dan bagaimana cara menggunakannya, Anda bisa langsung menjawab dengan mudah.

Sumber:

https://salamadian.com/macam-macam-obeng/
https://tehnikmesin.com/2019/12/macam-macam-obeng-dan-fungsinya.html
www.geraiteknologi.com/2021/06/macam-obeng-dan-fungsi.html


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
23 Feb 2022

Related Article