5 Cara Mencegah Karat Muncul di Perabotan Rumah

Karat memang menjadi masalah utama bagi perabotan, apalagi jika Anda memiliki perabotan rumah yang terbuat dari bahan logam. Perabotan karat membutuhkan perhatian ekstra saat harus merawatnya. Jika tidak teliti, perabot yang hendak digunakan bisa saja tidak lagi berfungsi dengan baik karena sudah berkarat dan merusak fungsi utamanya. Padahal, ada banyak perabot dengan bahan logam ini cenderung hanya digunakan sesekali pada acara-acara tertentu.

Untuk membantu Anda mencegah karat muncul di perabotan rumah, Anda dapat mengikuti beberapa tips serta cara-cara di bawah ini. Tenang saja, semuanya mudah untuk dilakukan kok.

Simpan perabot di tempat bersih dan kering

Karena cara menyimpan perabotan yang salah adalah faktor utama munculnya karat, maka penting bagi Anda untuk memperhatikan dengan baik tempat Anda menyimpan setiap perabotan yang ada di rumah, terutama jika perabotan tersebut terbuat dari logam. Pastikan tempat penyimpanan perabotan Anda selalu dalam keadaan kering, bersih, dan tidak lembab.

Apalagi di Indonesia dengan iklim tropis, menyimpan di tempat-tempat yang salah bisa jadi membuat perabotan berkarat dengan lebih cepat. Untuk itu penting juga untuk memastikan sirkulasi udara pada tempat penyimpanan Anda juga baik. Ruang penyimpanan tertutup yang pengap dan lembab akan membuat barang lebih cepat berkarat.

Bungkus dengan koran atau plastik

Untuk beberapa jenis perabot yang hanya akan dipakai beberapa kali pada saat-saat tertentu, sebaiknya Anda masukkan kembali ke dalam kardus atau pembungkusnya sebelum disimpan. Jika kardus atau pembungkusnya sudah hilang, bungkus perabot tersebut dengan koran atau plastik.

Koran atau plastik ini berfungsi untuk menjaga agar perabotan tetap kering dan melindungi perabot dari udara untuk mencegah atau memperlambat proses karat. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengkategorikan perabotan mana yang sering digunakan dan mana yang jarang agar susunan penyimpanan lebih rapi. Jangan lupa juga untuk tetap menyimpan kotak pembungkus perabotan jika memang perabotan tersebut tidak langsung digunakan.

Jangan gosok perabotan terlalu kuat

Saat sedang membersihkan atau mencuci perabot rumah tangga, terutama yang berbahan besi atau logam, jangan menggosok perabotan dengan kasar atau terlalu kuat. Bahan pembersihnya juga harus Anda perhatikan. Pemilihan bahan yang salah juga dapat memicu pengaratan terjadi lebih cepat pada perabot yang Anda miliki.

Selain itu, gunakan juga penggosok yang sesuai dengan jenis perabot. Jangan pilih penggosok yang memiliki permukaan tajam atau kasar. Bahan penggosok yang akan membuat bahan pelapis terkikis sehingga menjadikan perabot mudah berkarat.

Hindari terkena air terlalu lama

Saat akan mencuci perabot, pastikan lakukan semua proses pencucian dengan cepat, terutama untuk perabot berbahan logam. Jangan sampai perabot Anda ini terendam atau terkena air dalam waktu yang cukup lama. Hal tersebut akan membuat proses pengaratan menjadi lebih cepat. Itu sebabnya, Anda juga harus segera mengelap perabot hingga kering begitu selesai dicuci untuk mencegah karat terjadi.

Sering gunakan perabot tersebut

Sebenarnya, cara paling efektif untuk mencegah karat adalah dengan menggunakan perabot tersebut secara rutin. Perabot yang sering digunakan pasti tidak disimpan dalam ruang penyimpanan terlalu lama. Perabotan tersebut juga secara berkala akan selalu dibersihkan. Itulah mengapa perabotan yang sering digunakan akan lebih awet daripada perabot yang sangat jarang digunakan sehari-harinya.

Jadi pisahkan perabot Anda sekarang menurut intensitas penggunaannya. Jaga perabot-perabot yang jarang digunakan agar tersimpan dengan baik dan aman terhindar dari faktor-faktor pengaratan. Inilah mengapa penting bagi Anda untuk hanya memiliki perabot yang benar-benar penting dan akan Anda gunakan, untuk menghindari kerusakan yang tidak perlu dikarenakan perabot tersimpan terlalu lama di gudang atau lemari penyimpanan Anda di rumah.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya