Daftar Ukuran Kunci Inggris dari Terkecil hingga Terbesar!

Sebagai salah satu perkakas rumah yang esensial, kunci inggris memiliki berbagai ukuran yang dapat memenuhi banyak fungsi dan kebutuhan. Untuk dapat memanfaatkan alat satu ini dengan baik, Anda harus mengenal ukuran kunci inggris dari yang terkecil sampai yang terbesar.


Di tengah kesibukan sehari-hari, pernahkah terbersit pertanyaan dalam pikiran kita: “Kenapa alat ini disebut ‘Kunci Inggris’, ya?”

Mungkin sebagian dari kita menjawab, ‘Pernah.”, tetapi tidak bisa menjelaskan jawabannya dengan jelas. Dan sebagian besar lainnya bahkan benar-benar tidak tahu.

Tetapi, sebuah nama itu penting karena berkaitan dengan identitas akan sesuatu. Bayangkan jika suatu hari ada yang berkata kepada Anda, “Tolong ambilkan obeng kembang.” Anda akan berpikir, “Apa hubungannya obeng dengan kembang?” 

Baca Juga: Perkakas Kita: OBENG

Bagi yang tidak tahu, ‘kembang’ adalah sebutan dalam bahasa Jawa untuk ‘bunga’. Kita mengenal alat ini dengan nama ‘obeng plus’ atau ‘obeng Philips’, tetapi bagi beberapa orang mereka hanya kenali alat tersebut dengan nama ‘obeng kembang’. Begitulah pentingnya sebuah nama!

Apa itu Kunci Inggris?

Kunci Inggris yang kita kenal sekarang berasal dari istilah bahasa Belanda Engelse sleutel yang jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia berarti ‘kunci Inggris’. Seperti dilansir dari Wikipedia: alat ini berfungsi untuk melepas atau memasang mur/baut yang dapat disetel menyempit atau melebar menyesuaikan dengan ukuran mur atau bautnya dimana ukuran kunci ring pas tidak ada yang sesuai. 

Baca Juga: Dynabolt - Anchor Bolt - Baut Angkur

Konstruksinya merupakan kunci ring pas yang dapat diatur, rahangnya dapat bergerak untuk menyesuaikan berbagai ukuran mur dalam rentang tertentu. Apabila ulir penyetel diputar rahang geser akan bergerak menyempit atau melebar.

kunci-inggris

Bagaimana Sejarah Kunci Inggris?

Kunci Inggris pertama kali ditemukan pada tahun 1842 oleh seorang Insinyur berkebangsaan Inggris, Richard Clyburn. 

Saat itu sedang gencar-gencarnya terjadi Revolusi Industri, semua pekerjaan yang tadinya dibuat secara manual oleh manusia, mulai dikerjakan menggunakan mesin dengan tenaga uap. Hal ini mendorong lahirnya peralatan untuk membantu dan memudahkan manusia untuk menciptakan, merawat, dan memperbaiki suatu mesin.

Alat ini di beberapa negara Eropa seperti Belanda, Perancis, Jerman, Portugal, Spanyol, dan Italia, disebut dengan english key. Mungkin disebut key atau ‘kunci’ karena berfungsi membuka atau menutup sesuatu yang diikat dengan mur dan baut.

kunci-inggris

Anehnya, di Inggris, alat ini disebut dengan adjustable wrench atau adjustable spanner. Diterjemahkan bebas sebagai ‘Kunci yang dapat disesuaikan’. Mungkin kejadian ini mirip dengan penggunaan istilah ‘Warung Padang’. Di daerah asalnya, Padang - Sumatra Barat, hanya disebut dengan ‘Warung’.

Kemudian pada 1891-1892, Johan Petter Johansson dari Swedia menyempurnakan alat ini. Tidak mengherankan jika di negara Denmark, Polandia, dan Israel, alat tersebut dikenal dengan nama Swedish Key, ‘Kunci Swedia’. Di Swedia sendiri alat yang diproduksi oleh BAHCO ini disebut skiftnyckel, shifting key yang artinya kunci yang dapat diubah/disesuaikan. Di Australia, alat ini disebut dengan shifters.

kunci-inggris

Dari penyempurnaan inilah lahir Kunci Inggris yang kita kenal bentuknya sekarang ini. Varian yang juga biasa kita temukan adalah Kunci Inggris heksagonal, untuk mur dan baut berbentuk segi enam.

Fungsi Kunci Inggris

Secara garis besar, fungsi kunci inggris merupakan substitusi dari fungsi kunci pas yaitu untuk melepas atau mengencangkan baut dan mur ketika tidak ada ukuran kunci ring pas yang sesuai. Kunci inggris bisa menjadi alternatif penolong ketika ukuran mur atau baut tidak sesuai dengan kunci ring pas yang ada. Anda tinggal memutar penyetelnya untuk menyesuaikan dengan baut atau mur yang akan dikerjakan. 

Namun, fungsi kunci inggris ini tidak disarankan untuk digunakan pada beban berat. Hal ini karena sifatnya yang terlalu fleksibel terhadap ukuran benda. Selain itu, sistem pengunciannya cenderung kurang aman jika diaplikasikan ke pekerjaan berat. Jika dipaksakan, perkakas akan rawan patah atau mur dan baut jadi rusak.


Ukuran Kunci Inggris dari yang Terkecil sampai Terbesar

Perlu diingat, kunci inggris ini hanya merupakan alternatif jika suatu saat tidak ada ukuran kunci ring pas yang sesuai dengan mur dan baut Anda, atau Anda tidak mempersiapkan kunci ring pas dari yang terkecil sampai yang terbesar. Maka dari itu, sebaiknya Anda perlu menyiapkan kunci ring pas sebagai pilihan utama ketika dibutuhkan untuk reparasi. Berikut merupakan daftar ukuran kunci pas ring yang sering digunakan:

Ukuran Kunci Pas Ring

Lebar ujung A

Lebar ujung B

Panjang Kunci Keseluruhan

8 mm

16.5 mm

13.6 mm

140 mm

10 mm

20.5 mm

16 mm

159 mm

12 mm

25 mm

18.5 mm

171 mm

14 mm

29 mm

21.5 mm

190 mm

16 mm

33 mm

24 mm

208 mm

17 mm

35 mm

26 mm

225 mm

19 mm

39 mm

28 mm

248 mm

22 mm

45.3 mm

32 mm

293 mm

24 mm

49 mm

34 mm

316 mm

 

Itu tadi adalah daftar ukuran kunci pas ring yang sering digunakan untuk reparasi. Jika space muatan Anda sedikit dan tidak memungkinkan untuk membawa semua ukuran kunci ring pas dari yang terkecil sampai yang terbesar, Anda cukup membeli kunci pas ring dengan ukuran-ukuran di atas dan membawanya kemanapun Anda bepergian.

kunci-inggris

Saat ini Kunci Inggris diproduksi oleh berbagai produsen peralatan di seluruh belahan dunia, baik dari Eropa, Amerika Serikat, Tiongkok dan India. Boleh dikatakan Kunci Inggris sudah menjadi bagian dari peralatan standar rumah tangga sehari-hari. Anda bisa membelinya di toko alat bengkel atau pada section alat perkakas.

Demikian rangkuman daftar ukuran kunci inggris dari yang terkecil sampai yang terbesar serta sejarah dan kegunaan kunci inggris. Kami menyarankan untuk setidaknya membawa kunci pas ring mulai dari ukuran 8mm hingga 24mm untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu Anda membutuhkannya untuk reparasi.

Jika Anda sedang membutuhkan kunci inggris dengan kualitas terbaik, Anda bisa mengunjungi Klopmart. Anda dapat menemukan kunci inggris kualitas terbaik dengan harga yang kompetitif. Segera kunjungi Klopmart sekarang juga.


Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya