Konstruksi

Fungsi Kunci L Beserta Varian dan Berbagai Bentuknya

Media
09 Feb 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Mungkin sekali Anda pernah melihat alat yang satu ini. Atau mungkin bahkan pernah bekerja menggunakannya untuk membuka sekrup atau baut dengan soket yang tidak umum.

Kunci-L, atau Allen key, adalah sebutan untuk suatu alat yang digunakan untuk memasang atau melepas baut atau sekrup dengan lubang soket berbentuk heksagonal di kepalanya.

Sebutan ‘kunci-L’ sendiri hanya berlaku di Indonesia. Sebutan lokal ini memang dilihat dari bentuk kunci ini yang menyerupai huruf ‘L’. Umumnya alat ini berbentuk batangan dengan penampang berbentuk heksagonal dan melengkung di salah satu ujungnya membentuk sudut 90 derajat.

Kunci ini merupakan kunci yang wajib dimiliki oleh siapapun yang ingin belajar meraparasi barang sehari-hati. Untuk mulai belajar menggunakan kunci L, mari kita simak bersama-sama informasi tentang asal usul hingga fungsi kunci L berikut ini:


 

Sejarah Kunci L

Alat ini di Amerika akrab disebut sebagai Allen Key atau Allen Wrench. Allen sendiri adalah brand yang dimiliki oleh perusahaan Allen Manufacturing Company yang berkedudukan di kota Hartford, Connecticut, Amerika Serikat. Secara internasional, alat ini dikenal dengan naman Hex Key.

Di Spanyol kunci L disebut sebagai ‘llave Allen’. Di Jerman sebgai ‘inbus’. Di Skandinavia sebagai ‘unbrako’, dan di Italia dikenal sebagai ‘brugola’.

Allen Manufacturing Company memasang iklan tentang set sekrup heksagonal pada 1913. Tetapi ide untuk Kunci-L sudah ada sejak sekitar tahun 1860 – 1890. Namun baru dibuat sekitar 1910 karena teknologinya sudah lebih mumpuni.

Perang Dunia Kedua memacu produksi di segala bidang industri, pada masa inilah sekrup dan baut bersoket heksagonal menigkat penggunaannya. Hal ini otomatis membuat kunci-L menjadi semakin banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga:  4 Merk Kunci Terbaik yang Sangat Aman dan Sulit Dibobol
 

Keunggulan Kunci Allen

  • Alat ini bentuk dan penampilannya sederhana sekali.
  • Alat ini mudah dibuat dan diproduksi.
  • Biaya pembuatannya pun cukup rendah.
  • Mudah cara menggunakannya.
  • Bobotnya ringan dan kecil.
  • Memiliki dua ujung yang keduanya dapat dipergunakan.
  • Memiliki 6 sisi permukaan kontak dengan sekrup atau baut, sehingga lebih cepat memasang dengan torsi yang lebih besar ataupun melepas sekrup dan baut dersoket heksagonal.
  • Jika ukuran kunci-L lebih kecil daripada lubang soket pada sekrup, maka penampang kunci L akan terkikis sudut tepiannya sehingga membulat.
  • Kunci L yang sudah rusak dapat diperbaiki dengan gerinda listrik untuk mengikis bagian yang rusak.​

Baca juga: Jual Sherlock Kunci Ring Pas dengan harga distributor
 

Varian Kunci L

Seiring perkembangan zaman dan teknologi manufaktur yang mengiringinya, Kunci-L memiliki beberapa varian:
 

Kunci-L Standar

Dengan batangan berpenampang segi enam yang melengkung pada salah satu ujungnya menyerupai huruf ‘L’. Kunci-L bentuk standar hanya dapat digunakan dengan posisi lurus searah sekrup maupun bautnya.
 

Kunci-L dengan ball-tip

Pada salah satu ujungnya. Kunci-L ini dapat digunakan dengan membentuk sudut dengan sekrup maupun baut jika ruang geraknya terbatas.


Kunci-L berkepala TORX

Disebut juga dengan nama ‘Kunci-L bintang.’ Kunci-L TORX digunakan untuk memasang maupun melepas baut atau sekrup dengan lubang soket berbentuk bintang segi enam.

Baca juga: Sherlock Kunci Silinder Double Safe dengan harga Distributor
 

Fungsi Kunci L

Fungsi kunci L tak ubahnya seperti fungsi obeng pada sebuah sekrup. Fungsi kunci L yang utama adalah untuk mengencangkan baut atau yang sesuai dengan bentuknya, dalam kasus kunci L adalah bentuk hexagonal atau bulat.

Fungsi kunci L yang lain adalah untuk menjangkau tempat-tempat yang cukup dalam. Dalam konteks otomotif misalnya, kuncil L dapat digunakan untuk mengencangkan baut yang berada di dalam sebuah mesin yang biasanya tidak bisa dijangkau oleh alat-alat lain.

Lengan panjang kunci L juga memberikan kemudahan di ruang sempit. Anda cukup menempatkan kunci L anda di kepala baut yang ingin Anda kencangkan dan Anda bisa mengencangkan baut tersebut hanya dengan memutar lengan dari kunci L.

Dari sebutan yang berbeda di berbagai negara hingga varian-varian yang berkembang seiring waktu, kunci-L telah menjadi bagian integral dari pekerjaan memasang atau melepas baut dan sekrup dengan lubang soket heksagonal. Keunggulannya yang sederhana, mudah digunakan, dan berbagai varian serta fungsi yang ada menjadikan kunci-L sebagai salah satu alat yang tak tergantikan dalam perbaikan atau perakitan berbagai barang. Dengan berbagai fitur yang dimilikinya, kunci-L tetap menjadi pilihan yang handal dalam menyelesaikan tugas-tugas teknis, baik di rumah maupun di tempat kerja.

Nah, sekarang Anda sudah mengenal dan mengetahui suatu alat yang bernama Kunci-L atau Hex-Key, Allen-Key atau Allen-Wrench ini. Anda juga kini telah mengetahui fungsi kunci L agar bisa memanfaatkan alat satu ini dengan lebih baik. Maka dari itu, selamat bekerja.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya