Saniter

Ukuran Wastafel Cuci Tangan yang Pas untuk Kamar Mandi Rumah Anda

Media
10 Jun 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Ukuran wastafel cuci tangan yang pas akan bisa memudahkan Anda. Sehingga sangat penting untuk mengetahui seberapa tinggi wastafel yang bisa cocok untuk Anda dan keluarga. Ketinggian wastafel di rumah biasanya bervariasi berdasarkan jenis wastafel dan preferensi pribadi pemilik rumah. Jika Anda tinggi, tentu akan memilih untuk menempatkan wastafel lebih tinggi, begitu juga sebaliknya. Jika Anda pendek tentu wastafel akan berada pada posisi yang membuat Anda nyaman. Kali ini kami akan membagikan berbagai ukuran wastafel yang cocok untuk Anda.

Ukuran Wastafel Cuci Tangan yang Pas

Wastafel cuci tangan atau vessel sink adalah baskom yang terletak di atas meja rias atau meja kamar mandi, bukan seperti wastafel drop-in atau undermount tradisional biasanya. Wastafel ini hanya ditemukan di kamar mandi, bukan dapur, karena ukuran dan gayanya tidak praktis untuk dapur.

Lebih khusus lagi, wastafel ini cenderung ditemukan di kamar mandi dekoratif, seperti kamar rias atau kamar mandi tamu. Baskom wastafel kapal dapat berupa bahan apa saja—keramik, kaca, stainless steel, batu, tembaga, atau marmer. Wastafel kaca dan keramik adalah jenis yang paling populer saat ini.

Jenis wastafel biasanya akan diletakan di kamar mandi sebagai tempat Anda mencuci tangan. Sedikit berbeda dengan wastafel untuk cuci piring, Anda mungkin tidak perlu unit ganda di kamar mandi Anda. Cukup dengan unit tunggal, Anda sudah bisa mencuci tangan dengan baik.


1. Mengetahui Ketinggian Wastafel Standar

Ketinggian wastafel yang berada di kamar mandi secara standar berkisar dari 70 hingga 90 cm, tergantung pada preferensi pribadi. Wastafel pedestal yang terpisah dari lemari kabinet dibangun antara 70 dan 80 cm, sedangkan wastafel dan lemari kabinet yang menjadi satu berkisar antara 75 hingga 90 cm. Hampir tidak ada kode bangunan yang menunjukkan ketinggian minimum tertentu untuk wastafel Anda, kecuali jika ingin memasang wastafel untuk orang berkebutuhan khusus.

Baca juga: Harga Wastafel untuk Cuci Tangan yang Terjangkau

2. Mengenal Jenis Wastafel Cuci Tangan

Ada dua jenis instalasi wastafel yang berbeda:

Pemasangan di Atas Meja

Cara memasang wastafel yang terletak sepenuhnya di atas meja atau meja rias. Ini adalah versi yang biasanya ditemukan secara umum. Setelah lubang pembuangan 4 hingga 4,5 cm dibor, Anda hanya perlu langsung menginstalnya di atas meja tersebut.

Pemasangan Di Bawah Meja

Biasa juga disebut sebagai instalasi tersembunyi, memungkinkan stabilitas yang lebih besar. Sebuah lubang yang lebih besar dari diameter lubang pembuangan tapi lebih kecil dari diameter wastafel akan dipotong dari meja. Ini memungkinkan wastafel untuk bisa diletakan sekitar setengah dari ukurannya. Terlihat seperti tertanam di kabinet atau meja.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Wastafel Mampet Serta Pencegahannya
 

3. Perhatikan Pipa Saluran Air

Wastafel apa pun yang Anda pilih, pastikan jika kabinet atau alasnya dapat mengakomodasi kebutuhan pipa air ledeng untuk memasok air dan pembuangan wastafel. Beberapa wastafel bahkan mungkin memiliki pemanas air panas instan yang dipasang di bawahnya. Selain bentuk vessel sink ada juga wastafel yang memiliki kaki atau alas tersendiri sehingga Anda tidak perlu memikirkan kabinet atau meja yang bisa menutupi segala macam pipa.

Itulah dia informasi yang bisa kami berikan mengenai wastafel untuk cuci tangan ini. Jika berniat untuk membuatnya di rumah Anda, maka hal di atas bisa membantu Anda. Semoga pengetahuan mengenai ukuran wastafel cuci tangan ini bisa berguna, bagi Anda yang sedang mencari wastafel maka cari tahu informasi ukuran wastafel TOTO di Klopmart sekarang juga.

Baca juga: 4 Tips Memilih Ukuran Wastafel Cuci Piring Sesuai Kebutuhan

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya