Download Klopmart App

Pusat Bantuan

MENJAGA KEBERSIHAN DAPUR ANDA

Dapur, salah satu ruangan di rumah yang cukup penting dan sering digunakan. Dapurlah tempat kita mengolah dan bereksperimen untuk menyajikan hidangan yang lezat. Tapi dapur juga bisa menjadi tempat bersarangnya penyakit karena mudah terpapar bakteri dan kuman, yang bisa mengkontaminasi makanan kita. Oleh karena itu penting bagi kita untuk senantiasa dan secara rutin membersihkan dapur. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kebersihan dapur kita:

  • Segera bersihkan dan rapikan dapur selesai memasak. Jangan biarkan dapur dalam keadaan kotor dan berantakan.

 

  • Cucilah peralatan masak selesai digunakan seperti wajan, teflon, panci, talenan, dan pisau dengan sabun dan air mengalir. Kemudian keringkan dan simpan kembali pada tempatnya. Peralatan masak akan lebih awet jika kita segera membersihkannya.

 

  • Bersihkan dan keringkan meja dapur setelah digunakan.

 

  • Bersihkan juga kompor dan sekitarnya dari noda tumpahan, percikan minyak ataupun kerak yang mungkin menempel setelah digunakan. Jangan lupa untuk membersihkan dinding yang berdekatan dengan kompor tersebut. Gunakan campuran air perasan jeruk lemon dengan air untuk membersihkan noda minyak.

 

  • Selesai makan, jangan biarkan piring, gelas, sendok-garpu dan perlengkapan makan lainya di bak/wastafel cuci piring begitu saja. Segeralah dicuci, dikeringkan kemudian disimpan kembali pada tempatnya.

 

  • Jangan buang sisa makanan dan minyak atau sisa lemak ke bak cuci piring agar saluran air tidak tersumbat dan menimbulkan bau tidak sedap. Buanglah sisa makanan ke tempat sampah terlebih dahulu sebelum di cuci. Untuk minyak atau sisa lemak, buanglah ke dalam wadah tertutup atau kantong plastik sebelum dibuang ke tempat sampah.

 

  • Bersihkan seluruh bagian bak cuci piring (sink) setelah semua proses pencucian selesai dilakukan, kemudian keringkan.

 

  • Bersihkan lantai dapur dari tumpahan noda masakan, air, dan minyak. Biasakan untuk senantiasa menyapu dan mengepel lantai dapur agar tetap kering, bersih, dan aman.

 

  • Buanglah sampah setiap hari dan jangan biasakan menumpuk sampah. Bedakan antara tempat sampah basah dan kering serta gunakan tempat sampah yang memiliki penutup agar lebih higienis. Secara rutin bersihkan juga tempat sampah tersebut agar bersih dan tidak berbau.

 

  • Perhatikan kulkas kita. Bersihkan bagian luar dan gagang kulkas dari noda. Secara rutin bersihkan bagian dalam kulkas, selain itu periksalah isi kulkas dan buanglah makanan yang sudah melewati batas kadaluarsa.

 

  • Perhatikan sirkulasi udara di area dapur agar asap dan bau tidak sedap tidak berputar di dalam ruangan. Jika kita tidak memiliki sirkulasi yang memadai, kita bisa menggunakan cooker hood untuk menghisap asap dan bau tidak sedap tersebut.

 

Bangunlah kebiasaan untuk menjaga keberishkan dapur, karena dapur yang bersih dan higienis bukan hanya baik untuk kesehatan dan enak dilihat secara estetika, tapi dapat mengurangi risiko terjadinya kecelakaan. 


Cek harga klik disini

Related Article