Mengenal Jenis-jenis Wastafel Berdasarkan Ukuran dan Penggunaannya

Pada dasarnya, wastafel merupakan perabot multifungsi yang ada di rumah Anda. Wastafel kerap dijadikan tempat untuk mencuci tangan, membasuh wajah, hingga gosok gigi. Meski sebagian besar ditempatkan di dalam kamar mandi, beberapa orang juga meletakkan wastafel di dekat dapur dan meja makan. Sampai saat ini ada banyak bentuk dan ukuran wastafel yang bisa Anda jumpai. Tentu saja, masing-masing jenis wastafel memiliki ukuran dan kegunaannya tersendiri.

Agar tidak salah memilih dan meletakkan wastafel, berikut penjelasan selengkapnya yang harus Anda pahami. Yuk, simak baik-baik, ya!

 

Wastafel gantung

Penggunaan wastafel gantung ini sangat pas pada ruang kamar mandi yang cukup minimalis. Ukuran wastafel dengan variasi lebar kurang lebih 25 – 48 sentimeter dan panjang sekitar 45 – 72 sentimeter ini menghemat banyak ruang di kamar mandi Anda. Dengan model yang simpel, ruangan pun terlihat lebih luas. Biasanya jenis wastafel gantung hadir dengan warna putih karena dapat digunakan untuk beragam gaya interior rumah, terutama yang berukuran mungil.

Umumnya, saat membeli wastafel gantung, Anda akan memperoleh set lengkap dengan keran, pipa pembuangan, stop keran, serta perlengkapan penggantung. Namun demikian, setiap merek wastafel memiliki step pemasangan yang berbeda-beda. Jadi, sebaiknya pelajari dulu cara pemasangan wastafel gantung yang tertera di buku panduan.

 

Tipe side by side

Wastafel tipe side by side ini menjadi pilihan terbaik untuk kamar mandi yang berukuran cukup luas. Persis seperti namanya, jenis wastafel ini terdiri dari dua wastafel berdampingan yang dilengkapi counter top atau meja kabinet untuk menyimpan perlengkapan mandi. Anda bisa menyimpan handuk bersih, shower cap, dan disposal bag di dalam kabinet tersebut. Barang-barang yang tersimpan rapi di laci akan membuat tampilan wastafel terlihat lebih slick.

 

Wastafel mangkuk

Karena berbentuk cembung, wastafel ini dinamakan dengan wastafel mangkuk. Ukuran wastafel mangkuk sendiri berada di kisaran lebar 42,5 sentimeter dan dengan tinggi 17 sentimeter. Ukurannya yang terbilang cukup lebar, membuat jenis wastafel ini hanya cocok ditempatkan pada kamar mandi atau ruang yang lapang. Menariknya, permukaan cembung wastafel mangkuk ini memungkinkan Anda menyimpan banyak air di wastafel untuk merendam wajah dengan air hangat.

 

Pedestal wastafel

Pedestal wastafel memiliki penyangga satu kaki di bagian bawahnya. Kesan vintage jelas akan ditonjolkan melalui penggunaan jenis wastafel yang satu ini. Tenang saja, meski hanya ditopang dengan satu kaki, kekuatan pedestal wastafel tidak lagi perlu diragukan. Kaki penopang ini juga tidak sekadar untuk pemanis, tetapi juga mampu menyembunyikan saluran pipa air dengan rapi. Ukuran tinggi wastafel dengan penyangga ini sekitar 80 – 85 sentimeter sesuai dengan merek wastafel yang dipilih.

 

Wastafel sudut

Satu lagi jenis wastafel yang juga banyak digunakan untuk pemilik rumah minimalis, yaitu jenis wastafel sudut. Persis seperti namanya, wastafel berbentuk seperempat lingkaran ini biasanya diletakkan di sudut kamar mandi. Ukuran wastafel yang mungil tidak akan memakan banyak tempat di dalam ruang kamar mandi Anda. Namun demikian, sebagai pengguna Anda juga tidak bisa meletakkan banyak barang karena keterbatasan area wastafel.

 

Wah, ternyata ada banyak juga, ya, jenis ukuran wastafel yang bisa digunakan untuk melengkapi ruang kamar mandi di rumah Anda? Dari sekian banyak pilihan tadi, mana yang sekiranya paling pas diterapkan? Semoga terinspirasi, ya!


Cek harga klik disini

Related Article