Saniter

Ukuran Wastafel Cuci Piring yang Pas Untuk Dapur Anda

Media
31 Mei 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Ukuran wastafel cuci piring menjadi hal yang cukup penting untuk diperhatikan, karena Anda akan bisa menghemat tempat yang banyak dengan memilih ukuran wastafel yang tepat di dapur nantinya. Dapur bisa tempat banyak kegiatan penting dalam rumah tangga berlangsung, seperti memasak, makan, bercakap-cakap, dan lain-lain. Sehingga tata letak dapur haruslah fungsional, nyaman, dan menarik.

Demi menciptakan dapur terbaik mungkin perlu dilakukan perencanaan yang baik ketika membangunnya atau sebuah renovasi ketika Anda menginginkan tempat yang lebih baik. Maka, masalah wastafel ini harus Anda pikirkan. Berikut ini adalah berbagai informasi berguna untuk Anda dalam permasalahan ini.

5 Tips Memilih Ukuran Wastafel Cuci Piring yang Pas

Selain untuk menciptakan suasana baru, terkadang ada saatnya Anda harus mengganti wastafel cuci piring karena berbagai macam masalah. Bocor, tidak mengalir dengan benar, atau tidak melakukan tugasnya dalam membantu untuk membuat piring bersih. Saat tiba waktunya untuk mengganti wastafel Anda, persempit pencarian Anda berdasarkan ukuran sebelum berfokus pada harga wastafel cuci piring, tampilan, dan fitur lainnya. Dengan memahami ukuran standarnya, akan bisa memudahkan Anda. Mendesain dapur, merencanakan tata letak lemari, dan menemukan wastafel yang tepat akan semakin mudah.


1. Mengetahui berbagai ukuran standar

Wastafel dapur rata-rata berukuran 60 hingga 65 cm. Lebar berbagai jenis wastafel dapat bervariasi, sementara dimensi wastafel depan ke belakang tetap standar karena ukuran sebagian besar meja dan lemari.

Ukuran standar wastafel cuci piring

  • Jenis wastafel tunggal tersedia dalam ukuran lebar 80 cm,
  • Sedangkan unit ganda dapat berukuran 120 cm.
  • Unit yang memiliki tiga tempat memiliki ukuran sebesar 150 cm.
  • Wastafel ukuran kecil, dirancang untuk persiapan makanan yang mudah, umumnya berukuran 20 hingga 35 cm dari depan ke belakang.

Dari berbagai ukuran standar ini, mungkin ada yang bisa menjadi pilihan bagi Anda yang tidak mau ribet.

2. Memilih kedalaman wastafel

Kebanyakan wastafel cuci piring memiliki kedalaman 20 hingga 25 cm. Wastafel dengan kedalaman 25 cm akan sangat memudahkan jika Anda ingin merendam panci dan wajan. Namun wastafel yang lebih dalam ini akan tidak nyaman untuk digunakan oleh anggota keluarga yang lebih pendek.

Wastafel dangkal akan memungkinkan pekerjaan persiapan bahan makanan yang lebih mudah. Biasanya ada wastafel untuk persiapan makanan yang sering dipasang di samping wastafel standar untuk mencuci piring atau membersihkan sayuran.

3. Pertimbangkan tinggi wastafel cuci piring

Normalnya, tinggi wastafel cuci piring untuk orang Indonesia adalah 80 cm dari lantai. Hal ini dimaksudkan agar orang tidak terlalu membungkuk ataupun menjinjit saat akan menggunakan wastafel atau bak cuci piring.

Baca juga: Cara Memasang Wastafel yang Tepat

4. Proporsikan dengan Ukuran Dapur Anda

Bahkan wastafel standar berukuran 55 kali 83 cm mungkin tampak terlalu besar di dapur kecil. Untuk dapur yang lebih kecil dari 380 cm persegi hindari bak cuci besar dan gunakan model yang berada di bawah kisaran ukuran standar.

Jika dapur Anda berukuran besar, carilah unit yang lebih besar, bisa unit ganda atau tiga yang lebih lengkap untuk memenuhi kebutuhan keluarga yang lebih besar.

5. Menemukan yang Tepat

Salah satu kriteria terpenting untuk memilih ukuran wastafel cuci piring adalah menemukan wastafel yang pas dengan kabinet dapur bagian bawah.

Lemari rata-rata berukuran 60 cm, tinggi 90 hingga 106 cm, dan lebar 65 cm. Wastafel standar  55 x 83 cm akan cocok dengan dimensi ini. Jika kabinet lebih besar dari ukuran standar ini, Anda mungkin dapat menampung wastafel yang lebih besar.

Ukur kedalaman, tinggi, dan lebar lemari, lalu kurangi 5 hingga 8 cm dari setiap pengukuran untuk menemukan wastafel ukuran yang tepat untuk kabinet yang Anda miliki.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Wastafel Mampet Serta Pencegahannya

Setelah memahami ukuran wastafel cuci piring yang dapat Anda jadikan pertimbangan sebelum membangunnya. Selanjutnya Anda perlu mengetahui apa saja jenis-jenis dari wastafel yang beredar di pasaran.

Jenis-Jenis Wastafel Cuci Piring

Secara umum, wastafel cuci piring terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:

1. Single sink (wastafel cuci piring 1 bak)

Sesuai namanya, wastafel cuci piring ini hanya memiliki satu bak. Dengan begitu, semua jenis piring, perabotan kotor, dan sayur serta buah-buahan dicuci dalam bak yang sama.

Wastafel ini cocok bagi Anda yang memiliki design rumah minimalis. Akan tetapi, tidak disarankan jika rutinitas atau volume cucian Anda cukup banyak tiap harinya, karena keterbatasan dari bak cuci piring sehingga dapat menyulitkan Anda menyimpan perabotan kotor.

2. Double sink (wastafel cuci piring 2 bak)

Jenis wastafel ini biasa juga disebut wastafel bak ganda karena memiliki 2 bak cuci piring. Dengan memilih jenis ini, Anda bisa menggunakan 1 bak khusus untuk perabotan dapur dan satunya lagi dapat Anda gunakan untuk mencuci sayuran dan buah-buahan.

Baca juga: Ukuran Wastafel Cuci Tangan Untuk Rumah Anda

3. Triple sink (wastafel cuci piring 3 bak)

Ini adalah wastafel cuci piring yang perlu Anda pertimbangkan jika rumah Anda sering mengadakan kegaitan rutin kumpul-kumpul keluarga yang mengharuskan Anda mencuci dengan volume yang banyak seperti Arisan misalnya.

Anda tidak perlu lagi khawatir karena Anda dapat meletakkan piring, perabotan kotor, dan bahkan mencuci buah dan sayur di bak yang berbeda.


Kesimpulan

Seperti itulah informasi yang bisa kami berikan untuk Anda. Semoga hal ini bisa membantu Anda dalam memilih ukuran wastafel cuci piring yang pas untuk Anda. Cari tahu juga harga dan ukuran wastafel TOTO di Klopmart sekarang juga! 

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya