Saniter

Cara Mengatasi Wastafel Mampet Serta Pencegahannya

Media
02 Jun 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Mengatasi wastafel mampet terkadang menjadi pengetahuan yang sangat membantu saat diperlukan. Wastafel adalah perangkat yang tidak terpisahkan bagi rumah tangga modern, khususnya di perkotaan. Wastafel adalah perangkat rumah tangga yang digunakan sebagai tempat kita mencuci tangan, mencuci muka ataupun menyikat gigi. Karena umumnya wastafel disandingkan dengan cermin, kerap kali wastafel digunakan juga untuk merias wajah dan bercukur.

Wastafel adalah kata dari Bahasa Belanda yang berasal dari gabungan dua kata: wassen + tafel, yang berarti meja untuk cuci atau meja untuk bilas. Dalam bahasa Inggris disebut dengan nama wash basin. Kebiasaan orang Eropa yang berdiam di wilayah beriklim sub-tropik, mereka lebih sering mencuci muka dan area atas badan mereka ketimbang mandi. Mereka menggunakan mangkok keramik besar untuk mencuci serta membilas muka dan area atas badan mereka.

Saat ini wastafel umumnya dibuat dari keramik. Tetapi ada juga beberapa model wastafel dibuat dari kaca, plastik, dan juga logam stainless steel. Bagi mereka yang menggemari model etnik, wastafel dibuat dari mangkok gerabah atau tembikar tanah liat.

Karena aktivitas kita tadi, kadang kotoran, endapan sabun, dan rambut ikut terbuang melalui lubang pembuangan wastafel. Jika sudah semakin banyak, kemungkinan besar kotoran dan rambut akan menggumpal dan akan mulai menyumbat saluran pembuangan wastafel. Bau tidak sedap mulai tercium.
 

Mengatasi wastafel mampet

Jika wastafel mulai mampet, tetap tenang dan jangan panik. Sebelum bertindak membuka pipa wastafel, coba dulu bersihkan pipa wastafel tersebut dengan beberapa cara ini:
 

1. Tongkat Plunger/ Tongkat Penyedot

Gunakan tongkat plunger untuk memompa air yang bercampur kotoran di dalam saluran yang mampet.

  • Isi saluran yang mampet tadi dengan air hingga penuh.
  • Posisikan tongkat plunger tegak lurus dengan permukaan saringan saluran pembuangan wastafel.
  • Posisikan karet plunger berada persis di atas dan menutupi lubang saluran pembuangan wastafel dengan rapat.
  • Gerakkan gagang naik turun. Gerakan ini akan memompa air yang bercampur kotoran dengan tekanan yang cukup besar untuk membobol sumbatan yang menyebabkan mampet. Tarik tongkat penyedot kuat-kuat. Air seharusnya tertarik keluar dari lubang saluran wastafel.
  • Ulangi beberapa kali hingga sumbatan kotoran lepas dan air pembuangan mengalir lancar.

Baca juga: Gini Cara Memasang Wastafel yang Tepat
 

2. Pembersih Saluran Air Berbahan Alami

Kita dapat juga menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi saluran pembuangan air wasteful yang mampet sebelum menggunakan produk berbahan kimia dengan mempertimbangkan pengaruhnya terhadap lingkungan:

  • Sedapat mungkin lepaskan saringan logam pada saluran pembuangan wastafel.
  • Tuangkan satu cangkir bubuk soda kue ke dalam saluran wastafel yang mampet. Pastikan bubuk tadi mencapai bagian yang menyumbat di dalam pipa.
  • Tuangkan sekiranya dua cangkir air mendidih dan diamkan selama beberapa menit.
  • Tambahkan satu cangkir bubuk soda kue ke dalam pipa dan langsung ikuti dengan satu cangkir cuka.
  • Tutup lubang wastafel dengan kain. Buih yang disertai bunyi akan muncul akibat reaksi bahan-bahan tersebut.
  • Ketika buih telah hilang, tambahkan dua cangkir air mendidih.
  • Jangan lupa kenakan sarung tangan, kacamata pelindung dan juga masker pernapasan untuk melindungi diri Anda.
     

3. Pembersih Saluran Air Berbahan Kimia

Ada banyak larutan pembersih berbahan kimia yang dibuat khusus untuk membersihkan saluran pembuangan air. Pembersih dengan bahan kimia ini bekerja menghancurkan timbunan lemak dan kotoran pada dinding pipa yang menyebabkan mampet. Kandungannya juga mampu membunuh kuman penyebab bau tak sedap. Jika penyumbat tidak hilang setelah tuangan pertama, ulangi tanpa perlu memakai alat untuk menyodok kotoran di dalam pipa. Jangan lupa baca dahulu aturan penggunaannya yang tertera pada label kemasannya. Hal ini perlu untuk menyesuaikan pembersih tersebut dengan material pipa saluran wastafel Anda. Selain itu, hal ini juga perlu dilakukan agar mengerti cara pakainya dan cara melindungi keselamatan Anda dari terpapar bahan kimia tersebut. Jangan lupa kenakan sarung tangan, kacamata pelindung dan masker pernapasan.

Jika cara ketiga belum berhasil, berarti sumbatan pada pipa air pembuangan sangat padat sehingga perlu membongkar pipa tersebut pada bagian pembuangannya. Bagian ini bisanya berada pada tekukan U yang memiliki cincin mur pengunci. Jika Anda tidak yakin melakukannya, panggilah tukang ledeng yang berpengalaman.

Baca juga: Cara Membersihkan Wastafel Mampet Dengan Mudah

 

Langkah Pencegahan Wastafel Mampet

  • Memasang saringan kawat tambahan pada tutup saringan saluran pembuangan wastafel. Hal ini akan mencegah terbuangnya endapan atau potongan sabun, kotoran dan rambut melalui pipa pembuangan wastafel.
  • Membersihkan wastafel secara rutin sebelum endapan sabun dan kerak kotoran semakin banyak menempel pada wastafel.
  • Setiap seminggu sekali, gunakan cuka putih untuk mencegah bahan-bahan penyumbat menumpuk di dalam pipa pembuangan. Tuangkan sedikit ke dalam saluran pembuangan, tunggu sekitar 15 menit, lalu siram dengan air panas. Hal ini berguna untuk melarutkan kotoran dan endapan yang terjadi.
  • Selamat mencoba!

Itulah ulasan mengenai mengatasi wastafel mampet yang dapat Anda laukansendiri dirumah dengan peralatan dan bahan yang mudah didapatkan. Jika wastafel anda sudah tidak bisa diperbaiki atau sedang berniat untuk mencari informasi mengenai harga wastafel toto, Kalopmart menyediakan Jenis-jenis wastafel berdasarkan kegunaannya.

Baca juga: Harga Wastafel untuk Cuci Tangan yang Terjangkau

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya