7 Prinsip Pembuatan Rumah Tahan Gempa Agar Kokoh dan Tidak Mudah Bergeming

Arsitek, kontraktor, ataupun pemilik rumah harus memahami prinsip pembuatan rumah tahan gempa. Pasalnya, hampir seluruh daerah di Indonesia rawan mengalami gempa, baik tektonik maupun vulkanik. Pembangunan rumah tahan gempa merupakan salah satu solusi untuk mengantisipasi kerugian materiel akibat bencana alam yang dahsyat tersebut.

Tidak ada yang bisa meramalkan waktu terjadinya gempa di suatu daerah. Pepatah berkata, “sedia payung sebelum hujan”. Artinya, lebih baik menghindari beban akibat bencana alam seawal mungkin daripada menyesal kemudian, termasuk membangun rumah tahan gempa. Simak artikel ini supaya Anda lebih memahami prinsip yang benar dalam membangun hunian yang kuat ini.

Apa Itu Rumah Tahan Gempa?

Rumah tahan gempa terdiri dari konstruksi yang tetap kokoh dan bertahan apabila terjadi guncangan sekecil apa pun. Suatu konstruksi juga bisa dikatakan tahan gempa apabila fleksibel dan mampu meredam getaran yang muncul dari gempa.

Banyak orang beranggapan bahwa bangunan tahan gempa dicirikan sebagai konstruksi yang kuat, kokoh, dan tidak mudah bergeming. Anggapan tersebut memang benar, tetapi belum cukup dikatakan sebagai konstruksi tahan gempa. Konstruksi tahan gempa pun harus memperhatikan desain dan analisis secara detail terhadap kombinasi beban, massa struktur, dan penggunaan materialnya.

Seperti apa ciri-ciri rumah tahan gempa tersebut? Pertama, rumah ini memiliki sistem penahan gaya dinamis dari gempa. Kedua, ada komponen konstruksi atau bangunan yang memiliki sistem penahan gempa. Terakhir, struktur bangunannya pun memenuhi standar atau prinsip anti gempa yang disarankan.

Baca juga: Fungsi Sloof yang Penting dalam Konstruksi, Sudah Tahu?

Penjelasan 7 Prinsip Pembuatan Rumah Tahan Gempa

Rumah tahan gempa tidak dibangun secara sembarangan. Jenis bangunan ini justru memiliki sejumlah prinsip yang wajib diterapkan selama proses pembangunannya. Prinsip ini harus dipatuhi demi menghindari efek gempa yang begitu masif dan bisa menghancurkan beberapa rumah dalam sekali hentakan.

Penerapan prinsip bangunan tahan gempa sebenarnya dilakukan sejak langkah perencanaan. Ya, Anda perlu melakukan analisis kelayakan terhadap beberapa unsur penting sebelum mulai membangun rumah. Unsur tersebut melibatkan tanah, denah rumah, fondasi, hingga material bangunannya. 

Simak penjelasan lengkap tentang prinsip pembuatan rumah tahan gempa di bawah ini.

1. Denah Bangunan Simetris

Rumah tahan gempa harus dibangun berdasarkan denah dan struktur yang simetris. Desain denah yang tidak beraturan justru membuat rumah tidak kuat menahan guncangan gempa. Denah yang dirancang secara simetris sangat membantu Anda dalam menentukan jalur gaya vertikal atau horizontal serta titik kolom dan fondasi sebuah bangunan.

Baca juga: Cara Membangun Fondasi Rumah yang Kuat dan Murah

2. Mampu Menahan Beban

Prinsip kedua pun sangat penting diterapkan dalam pembangunan rumah tahan gempa. Konstruksi rumah yang terdiri dari fondasi, struktur atap, kolom, dan balok harus mampu menahan beban gempa. Tidak hanya strukturnya, posisi furnitur dan desain interior juga harus diperhatikan dalam prinsip ini. Intinya, struktur bangunan dan interior merupakan dua hal yang saling memengaruhi.


3. Kestabilan Tanah

Sebelum membangun rumah, Anda wajib melakukan survei terhadap kestabilan tanahnya terlebih dahulu. Tanah yang stabil dicirikan sebagai permukaan yang kering, rata, dan tidak miring. Perhatikan pula kepadatan tanahnya, apabila makin keras, pergerakan partikel tanahnya kian kecil. Gerakan yang kecil juga menghasilkan getaran yang kecil pula pada permukaan tanah.

4. Kekuatan Fondasi Bangunan

Seperti apa fondasi rumah yang bisa dikatakan tahan gempa? Ciri pertama, letak fondasi harus lebih dari 45 cm dari permukaan tanah. Selain itu, fondasi tahan gempa juga harus dibangun menggunakan material yang ringan tetapi kokoh. Material yang ringan seperti kayu atau logam justru lebih baik dalam menahan gempa daripada bahan yang berat.

Baca juga: 5 Cara Menyusun Batu Pondasi yang Benar

5. Kerangka Harus Kokoh dan Kaku

Seluruh bagian dalam kerangka bangunan harus dibangun sampai terikat kaku. Struktur bangunan yang dipasang hingga kaku dan tidak goyang akan tetap bertahan dari guncangan gempa berskala apa pun. Alhasil, rumah pun akan terhindar dari kerusakan parah yang ditimbulkan oleh gempa.

6. Bahan Adukan

Bahan adukan harus terdiri semen, pasir, kerikil, dan beton dengan komposisi yang tepat. Selain itu, metode adukannya harus diperhatikan supaya materialnya saling menyatu membentuk beton yang padat, tetapi tetap ringan. Proporsi material adukan tidak boleh terlalu berat karena berpotensi mengalami kerusakan serius apabila terjadi gempa.


7. Material Bangunan

Pemilihan material bangunan merupakan prinsip yang tidak boleh diabaikan pula dalam membangun hunian tahan gempa. Tidak sedikit bangunan roboh saat gempa hanya karena salah memilih material. Sama seperti bahan adukan, material bangunan yang dipilih pun harus berukuran ringan, tetapi tetap kokoh. Anda bisa memilih produk yang telah mengikuti Standar Nasional Indonesia (SNI) karena sudah diakui.

Baja ringan merupakan salah satu material penting dalam pembangunan rumah tahan gempa. Walaupun ringan, baja ringan terbuat dari logam yang kokoh sehingga mampu menopang beban bangunan seberat apa pun. Belum lagi, material ini juga tahan terhadap cuaca dan rayap sehingga diandalkan sebagai salah satu material bangunan permanen.

Pilihlah baja ringan APLUS yang telah memenuhi spesifikasi SNI untuk membangun konstruksi rumah tahan gempa. Baja ringan ini ramah lingkungan karena Anda bisa mendaur ulang kembali. Belum lagi, pemasangannya sangat mudah sehingga proses pembangunan rumah Anda berjalan lebih lancar dan efisien. 

Hubungi Klopmart segera dan dapatkan baja ringan APLUS dengan harga grosir yang kompetitif dan lebih murah apabila membeli di atas 10 buah. Anda cukup memesan produk ini secara online dan kami akan langsung mengirimkannya ke lokasi proyek pembangunan. Rasakan keunggulan baja ringan ini ketika mewujudkan prinsip pembuatan rumah tahan gempa impian Anda.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya