Cara Buat Pondasi Rumah Yang Kokoh dan Hemat

Pondasi yang kokoh dan kuat adalah kewajiban bagi semua bangunan rumah. Tanpa pondasi yang dapat menopang dan menahan beban dengan baik, maka sebuah bangunan akan tidak stabil dan bisa rubuh kapan saja, khususnya saat terjadi bencana seperti gempa. Jika Anda ingin mendapatka hunian yang nyaman untuk Anda dan keluarga, Anda harus tahu cara buat pondasi rumah yang kuat dan kokoh.

Terdapat dua kategori jenis pondasi rumah, yakni jenis pondasi dangkal dan jenis pondasi dalam. Keduanya memiliki keunggulannya masing-masing. Untuk menentukan jenis pondasi, beberapa faktor yang perlu menjadi bahan pertimbangan ialah kondisi tanah dasar, beban yang diterima pondasi, peraturan yang berlaku, kemudahan pelaksanaannya, hingga anggaran yang tersedia.

Anda mungkin berpikir kalau pondasi rumah yang kuat dan kokoh akan memakan biaya yang besar. Walaupun tentu kualitas pondasi rumah Anda akan semakin baik jika Anda mempunyai biaya yang besar untuk membangunnya, Anda tetap dapat membangun pondasi rumah yang tidak kalah kuatnya dengan biaya yang terbatas.

Untuk melakukan hal tersebut, Adna memerlukan perencanaan yang tepat, mulai dari menyusun RAB dengan rinci, untuk dapat melakukan pembelian bahan berkualitas untuk membangun pondasi rumah yang kokoh. Berikut adalah beberapa tips dan cara untuk membaut pondasi bangunan rumah yang kuat dan murah.

Tips Membangun Pondasi Rumah Yang Kuat dan Kokoh

1. Perhatikan Kedalaman Galian Pondasi

Melansir bangun-rumah.com, sebelum membuat pondasi rumah, Anda perlu memperhatikan kedalaman dari galian pondasi. Tanpa kedalaman pondasi yang cukup, maka pondasi tidak akan kuat menahan beban bangunan di atasnya. Jika Anda ingin memilih pondasi rumah yang kuat dan murah seperti batu kali, maka Anda bisa menggunakan campuran 1:5 untuk perbandingan semen pasir.

2. Memastikan Daya Dukung Tanah

Agar bangunan dapat stabil dan tahan goncangan, pondasi harus dibuat di atas tanah yang keras dan kokoh. Jika kondisi tanah sudah cukup keras dan Anda hanya ingin membangun rumah satu lantai, maka cukup dengan menerapkan pondasi batu.

Namun, jika ingin membangun dua lantai, maka Anda bisa menggunakan gabungan pondasi batu kali dan tambahan pondasi footplat di setiap struktur utamanya. Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli struktur atau arsitek untuk memastikan memilih sistem pondasi mana yang tepat digunakan.

3. Tanamkan Pondasi Tahan Gempa dengan Kedalaman yang Cukup

Supaya tahan terhadap gempa, apabila ingin membangun rumah satu lantai, maka tanam pondasi batu kali minimal sedalam 45 cm di bawah permukaan tanah. Sedangkan untuk pondasi rumah dua lantai, minimal kedalamannya adalah 60 cm. Selain itu, menambahkan pondasi telapak atau pondasi sumuran pada beberapa lokasi tertentu juga dianjurkan.

4. Mengaitkan Pondasi, Sloof, dan Kolom

Stek besi harus disediakan pada pondasi untuk dikaitkan dengan besi sloof. Jika memilih pondasi cakar ayam, maka sebaiknya menggunakan besi 12 mm sebagai tulangannya. Selain itu, perlu juga memperhatikan mutu beton dengan kisaran K225, serta adukan semen pasir dan kerikil dengan kisaran rasio 1:2:3.

Tak ketinggalan, tulangan pondasi harus dipastikan menyatu dengan tulangan kolom struktur hingga ke bagian atas bangunan. Hal ini dilakukan agar pondasi tahan gempa semakin kuat. Jika guncangan tersebar secara merata, maka seluruh bagian rumah tidak ada yang terdampak paling parah.

5. Menggunakan Jenis Pondasi Rumah Tapak

Selain harganya yang jauh lebih murah, jenis pondasi rumah tapak memiliki keunggulan lain, yakni galian tanah yang lebih sedikit (hanya pada kolom struktur saja). Untuk jenis yang satu ini pada umumnya dipakai sebagai penyangga titik beban yang tunggal pada konstruksi bangunan. Pondasi rumah tapak akan dibangun dalam bentuk melingkar atau persegi. Ada juga yang menerapkan pondasi rumah tapak bertingkat. Jika beban dari kolom cukup berat.

Selain 5 cara di atas, untuk membuat pondasi rumah yang kuat dan murah, Anda juga harus menemukan produk yang pas di kantong namun tetap terjaga kualitasnya. Klopmart selaku situs belanja online yang menyediakan berbagai macam kebutuhan bahan material paling lengkap, hadir menawarkan berbagai kemudahan untuk mendapatkan produk-produk kebutuhan material dari tahap awal pembangunan sampai dengan tahap akhir (finishing).

Berikut beberapa produk Klopmart yang dapat dijadikan bahan untuk membuat pondasi rumah yang kuat dan murah;

  • Batu Bata Merah : Rp500
  • Batu Bata Merah Jumbo : Rp1.000
  • Sika Concrete Repair Mortar : Rp45.000
  • SikaGrout 215: Rp110.000

Itulah dia cara buat pondasi rumah yang kokoh dan juga terjangkau. Pondasi adalah bagian penting dari sebuah rumah. Tanpa pondasi yang baik, sebuah rumah akan mengalami kerusakan cepat ataupun lambat. Untuk mendapatkan pondasi rumah yang kuat, Anda membutuhkan perencanaan yang baik, seperti RAB yang detil, agar dapat mendapatkan biaya yang berkualitas sesuai dengan biaya Anda. Selain itu, Anda juga harus tahu berbagai jenis pondasi rumah yang dapat Anda gunakan. Untuk rumah sederhana, Anda bisa menggunakan pondasi batu kali, sementara untuk rumah bertingkat, Anda bisa menggunakan pondasi cakar ayam.

Nah, setelah membaca pembahasan di atas, apakah Anda sudah tahu bagaimana cara membangun pondasi rumah yang kuat dan murah untuk rumah impian? Pondasi rumah yang tepat tidak dapat dibuat dengan cara sembarangan, karena itu dalam pengerjaannya dibutuhkan produk yang berkualitas. Jangan lupa lengkapi ketersediaan stok produk-produk bahan bangunan terbaik yang bisa Anda temukan di Klopmart!


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
10 Jun 2020

Related Article