5 Manfaat Pasir Besi yang Jarang Diketahui Orang Banyak

Bagi Anda yang bekerja di pertambangan maupun industri, manfaat pasir besi tentu sudah sangat dipahami. Pasir besi adalah pasir berwarna abu-abu gelap cenderung kehitaman yang mengandung banyak konsentrasi. Pasir besi umumnya ditemukan di daerah pesisir Indonesia.

Apa itu Pasir Besi?

Apa itu Pasir Besi

Pasir besi adalah pasir yang terdiri dari konsentrasi Fe (besi) yang signifikan. Biasanya berwarna abu-abu gelap atau berwarna kehitaman. Pasir ini terdiri dari magnetit, Fe3O4, dan juga mengandung sejumlah kecil titanium, silika, mangan, kalsium dan vanadium.

Pasir besi berwarna kehitaman karena kandungan Fe (besi) yang ada padanya. Semakin gelap warna dari pasir, menunjukkan konsentrasi unsur Fe yang makin tinggi.

Perlu diketahui bahwa syarat utama dari terbentuknya pasir besi adalah gunung api, dan sungai yang mengalir melalui pantai.

5 Manfaat Pasir Besi yang Belum Banyak Diketahui

Manfaat pasir besi ini banyak sekali dalam bidang industri maupun pertambangan. Bagi Anda masyarakat awam yang belum terlalu mengenal material yang satu ini, berikut beberapa manfaatnya.

1. Bahan baku industri baja

Baja telah menjadi bahan baku vital dalam industri karena peran pentingnya dalam kehidupan-sehari. Contohnya peralatan yang kita pakai sehari-hari yang didominasi dari bahan baku baja.

Nah, pasir besi yang tediri dari Fe inilah yang kemudian diolah dan dipisahkan dari bahan pengotornya (selain Fe). Apabila telah diperoleh Fe murni, maka kemudian dapat langsung dioleh menjadi baja.

Penerapan teknologi pengolahan pasir besi yang tepat diharapkan dapat menyuplai bahan baku industri baja nasional, sehingga kemandirian industri baja nasional dapat terwujud. Baja sebagai bahan baku vital dalam industri, serta peran pentingnya seperti peralatan yang kita pakai sehari-hari yang didominasi terbuat dari baja.

Baca juga: 6 Perbedaan Besi dan Baja, Apa Saja?

2. Sebagai pasir tinta di industri batu dan beton

Di Amerika Serikat, pasir besi banyak ditemukan di New York, Great Lakes, California, dan New England. Pasir besi ini sering dicampur dengan pasir feldspar dan biji garnet. Pasir besi dari daerah ini juga tinggi akan kandungan titanium dan kromium.

Di abad 19, manfaat pasir besi di Amerika Serikat adalah untuk pasir tinta yang digunakan dalam industri batu dan beton.

Di Indonesia sendiri, manfaat pasir besi sebagai pasir tinta di industri batu dan beton banyak ditemukan. Industri-industri ini melakukan penambangan di beberapa daerah pesisir Indonesia untuk mendapatkan pasir besi alami. Pasir besi ini kemudian diolah menjadi pasir tinta untuk batu dan beton.

Baca juga: Rumus Campuran Beton yang Wajib Dipahami Kontraktor

3. Nanopartikel bidang biomedis

Manfaat pasir besi untuk nanopartikel bidang biomedis ini baru saja ditemukan. Aplikasi pasir besi sebagai nanopartikel bidang biomedis ini juga masih dalam penelitian. Namun, manfaat pasir besi di bidang biomedis ini dipercaya mampu memberikan manfaat pengobatan.

Pasir besi yang berukuran nanopartikel akan digunakan sebagai sumber Fe Kation. Dalam hal ini, Fe Kation yang dimaksud ada pada sintesis cobal ferrite. Proses sintesis akan bermanfaat sebagai antibakterial dari pasir besi. Dengan begitu, pasir besi dapat dimanfaatkan sebagai bahan antibakterial.

4. Bahan produksi antibakterial

Menyambung dari manfaat pasir besi di poin sebelumnya, bahan antibakterial yang dihasilkan dari material ini bisa digunakan sebagai bahan dari produk yang manfaatnya untuk melindungi dari bakteri.

Contoh produk perlindungan dari bakteri ini adalah sabun antiseptik dan sabun antibakteri. Tentu saja pemanfaatan pasir besi di bidang medis ini sangat mengandung nilai ekonomis bagi industri dan masyarakat.

5. Meningkatkan daya tekan dan kuat tarik beton

Dalam industri beton, pasir besi digunakan untuk meningkatkan daya tekan dan kuat tarik beton. Pemakaian 80% pasir besi dari berat pasir keseluruhan akan memberikan kuat tekan maksimum 42.65 MPa dan menaikkan kemampuan kuat tekan hingga 28.41%. Sedangkan, penggunaan sejumlah pasir besi lainnya bisa meningkatkan kuat tekan hingga 3.07 MPa dan kuat tarik belah 4.84%.

Baca juga: Jenis Jenis Beton dan Kegunaannya

Cara Pelestarian Pasir Besi

Mengingat banyaknya fungsi dan peran pasir besi dalam industri, termasuk juga dalam industri semen dan baterai, pelestarian untuk material yang satu ini pun dilakukan.

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan agar pasir besi tetap terjaga kelestariannya:

1. Melalui pendekatan lingkungan

Cara pelestarian pasir besi yang pertama dapat dilakukan dengan pendekatan lingkungan melalui penghijauan dan pengelolaan agar area penambangan pasir besi tidak rusak.

Pengelolaan lingkungan juga dilakukan dengan cara memberikan pohon bakau dan mangrove tengah pantai.

2. Melalui pendekatan edukatif

Di samping itu, pelestarian pasir besi juga dilaksanakan dengan pendekatan edukatif pada para pelaku penambangan, bahwa sumber daya alam yang satu ini suatu saat akan habis dan penambangan menyisakan dampak buruk di masyarakat.

Oleh sebab itu, pelaku penambangan diberikan edukasi untuk selalu menjaga alam sekitar tambang pasir besi agar alam tidak rusak.

3. Mencari bahan pengganti alternatif pasir besi

Mengingat pasir besi adalah bahan baku utama dan penting bagi beberapa industri, maka pelestarian dengan cara menemukan bahan pengganti juga dijalankan.

Karena sumber daya alam, maka pasir besi bisa saja habis suatu saat nanti. Industri yang saat ini masih menggantungkan operasionalnya pada pasir besi harus bersiap dengan material pengganti.

Pesan Pasir Bisa di Klopmart

Meski Anda tidak merasakan manfaat pasir besi secara langsung, fungsi pasir besi dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak.

Anda memanfaatkan besi, beton, dan semen yang semuanya menggunakan pasir besi. Tanpa adanya pasir besi ataupun pasir bangka, ketiga bahan ini tentu tidak akan ada. Jika Anda membutuhkan semen, besi, beton, cat, dan segala material konstruksi lain, bisa langsung ke website Klopmart! 

Sumber artikel:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Pasir_besi
  • https://www.limakilo.id/7-daerah-penghasil-pasir-besi-terbesar-di-indonesia/
  • https://berita.99.co/manfaat-pasir-besi/

Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
16 Des 2019

Related Article