Cara Memilih Pelapis Anti Bocor untuk Dak Beton

Di saat dak beton mengalami keretakan dan menyebabkan kebocoran di rumah Anda, keretakan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan pelapis anti bocor untuk dak beton. Dak beton merupakan salah satu bagian konstruksi yang paling rawan mengalami keretakan dan kebocoran. Hal ini diakibatkan oleh cuaca dan iklim yang tak menentu sehingga Anda perlu mengecek dan melakukan maintenance secara berkala.

Ketika Anda menemukan retakan yang tipis pada dak beton dan membiarkan begitu saja, maka tidak perlu diragukan lagi, keretakan dak beton akan semakin besar karena rembesan air hujan yang mengikis lapisan dak beton sehingga bukan tidak mungkin bahwa akan terjadi kebocoran di dalam rumah tersebut.

Lalu, bagaimana cara untuk memperbaiki dak beton yang sudah retak tersebut? Anda dapat menggunakan pelapis anti bocor. Oleh karena itu, untuk dapat memilih pelapis anti bocor yang tepat, simak pembahasan di bawah ini mengenai 4 tips untuk memilih pelapis anti bocor untuk dak beton.
 

Tips Memilih Pelapis Anti Bocor untuk Dak Beton yang Bagus

Dalam memilih pelapis anti bocor, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, yaitu:
 

1. Pahami Kondisi Dak Beton Anda

Sebelum memutuskan untuk membeli pelapis anti bocor, Anda harus memahami terlebih dahulu kondisi dak beton Anda, khususnya untuk kondisi dak beton dengan keretakan yang besar. Apabila keretakan dak beton Anda termasuk ke dalam kategori yang besar, maka penggunaan pelapis anti bocor saja tidak cukup. Anda perlu menambahkan sesuatu untuk dapat menutup keretakan tersebut.

Biasanya, bahan yang bisa digunakan untuk menutup retakan dak beton yang besar adalah dengan menggunakan bahan yang memiliki daya rekat tinggi seperti lapisan zat additive bonding agent. Sebelum Anda menambahkan bahan tersebut, lakukan pembobokan terlebih dahulu pada bagian dak beton yang retak agar hasil tambalan terlihat rapi. Setelah itu, lapisi tambalan dak beton dengan menggunakan pelapis anti bocor. 
 

2. Gunakan Pelapis Anti Bocor yang Tahan Akan Sinar Matahari

Dak beton merupakan bagian konstruksi yang paling sering terkena paparan sinar matahari secara langsung sehingga Anda memerlukan pelapis anti bocor yang dapat melindungi dak beton dari paparan sinar matahari.
 

3. Gunakan Pelapis Anti Bocor yang Memiliki Formula Anti Jamur

Selain terkena paparan sinar matahari, dak beton juga tentunya menjadi bagian konstruksi yang harus berhadapan dengan jamur, debu, air hujan, dan lainnya. Oleh karena itu, pilih pelapis anti bocor yang memiliki formula anti jamur untuk dak beton Anda.
 

4. Kenali Jenis Pelapis Anti Bocor yang Akan Digunakan

Cat pelapis anti bocor memiliki 3 macam jenis yang perlu Anda perhatikan. Ada pelapis anti bocor styrene acrylic dengan ketahanan yang paling kuat namun harga produknya relatif lebih mahal. Jenis yang kedua yaitu pelapis anti bocor jenis membrane yang memiliki komposisi minyak yang biasa digunakan untuk membuat aspal jalanan. Pelapis anti bocor membrane dijual dalam bentuk lembaran dengan harga yang relatif lebih rendah dibandingkan pelapis anti bocor styrene acrylic. 

Jenis pelapis anti bocor yang terakhir adalah pelapis anti bocor cementitious. Pelapis ini memiliki komposisi semen dan zat adiktif yang dapat mengikat beton. Untuk pengaplikasiannya, Anda harus mengaplikasikannya berkali-kali agar daya rekatnya lebih maksimal.

Jadi, itulah 4 tips memilih pelapis anti bocor untuk dak beton yang dapat digunakan untuk rumah Anda dan cek produk pelapis anti bocor dari Klopmart yaitu AM waterproofing yang pasti berkualitas dan memiliki daya tahan yang kuat untuk dak beton di rumah Anda.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
09 Jun 2021

Related Article