Cat dan Kimia

7 Rekomendasi Cat Genteng Anti Bocor!

Media
10 Jun 2020

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Mendekati musim hujan, Anda mungkin telah menyiapkan sejumlah hal, termasuk melindungi rumah Anda. Selain melakukan pengecekan kondisi genteng, Anda juga memerlukan cat genteng yang membantu Anda untuk menutupi lubang dan keretakan yang ada. Dengan demikian, air hujan tidak bisa masuk ke dalam. Tapi, bagaimana memilih cat genteng anti bocor terbaik untuk rumah Anda?

Pastinya sulit untuk menjawab hal ini bila Anda tidak bergelut dengan dunia pertukangan. Apalagi semakin banyak merek dan jenis cat yang beredar hari ini, harganya pun bervariasi mulai dari yang murah hingga cukup mahal. Namun, apakah harga dapat menjadi patokan kualitas cat? Apakah cat apa saja dapat digunakan untuk melindungi genteng dari kebocoran? Jika tidak, cat apa yang sebaiknya Anda miliki berikut alasannya?

Jenis Cat yang Cocok untuk Genteng Bocor

Untuk Anda ketahui, walau terlihat sama, cat memiliki jenis yang berbeda-beda. Setiap jenis memiliki karakteristik dan kegunaannya masing-masing. Misalnya cat jenis acrylic resin. Sesuai namanya, cat ini dibuat dari resin akrilik, bisa digunakan pada besi, beton, tanah liat hingga asbes. Mirip dengan resin akrilik, ada juga cat yang dibuat dari alkyd synthetic. Meskipun cocok juga dioleskan pada bahan beton, tanah liat dan genteng, cat ini memiliki tampilan yang tampak mengkilap.

Untuk cuaca ekstrim, Anda bisa melirik cat berbahan styrene acrylic. Kenapa? Karena bahan ini melindungi permukaan genteng Anda dari jamur dan lumut. Ada juga cat dari bahan zinc chromate primer yang khusus untuk genteng metal saja karena kandungan logam di dalam cat bisa menjauhkan genteng dari korosi dan karat, serta memperpanjang usia genteng itu sendiri.

Sebenarnya masih ada lagi jenis cat lain, umumnya digunakan untuk interior rumah dan keperluan menghias cantik. Namun, dari semua jenis cat, jenis waterproof adalah pilihan terbaik bagi Anda yang mencari cat genteng anti bocor. Kenapa? Sesuai namanya, cat ini water-resistance, banyak difavoritkan karena menghalangi air rembes atau bocor ke dalam rumah. Catnya pun mudah diaplikasikan pada bahan beton, kayu, tanah liat, seng hingga asbes.

Baca juga: Cat Tembok Anti Air yang Bebas Jamur dan Tahan Lama Terbaik

7 Rekomendasi Cat Genteng Anti Bocor

Ada sejumlah cat genteng yang dapat Anda beli untuk menghalangi air masuk ke rumah, antara lain:

1. No Drop

Cat Waterproofing Anti Bocor No Drop 20Kg - Pail-1

Dikenal sebagai cat pelapis anti bocor, merek ini punya sifat elastis dan kedap air.

Selain itu, bahannya tahan cuaca dan tahan lama saat diaplikasikan pada permukaan asbes, tembok, seng dan permukaan terakota.

Cat No Drop menjaga atap rumah dari retak halus akibat panasnya sinar matahari, serta untuk mencegah pertumbuhan lumut dan jamur. Perlindungan seperti itu dapat membantu meningkatkan umur atap, mempertahankan penampilan estetis, dan mencegah kerusakan yang dapat terjadi akibat cuaca dan faktor lingkungan lainnya

Cat semigloss ini juga bisa digunakan untuk keperluan dekoratif dan mudah diaplikasikan memakai kuas, roll, spray konvensional. Waktu keringnya pun cukup singkat.


Baca juga: Aquaproof Vs No Drop: Mana yang Terbaik?

2. Nippon Elastex Waterproof

Berbahan dasar latex elastomerik akrilik, cat pelapis ini sangat pas untuk mengatasi kebocoran. Menutupi retak rambut (halus). Bisa pula berfungsi sebagai cat dasar. Bahannya kedap air, anti-alkali, dengan daya rekat yang mengagumkan. Sangat pas bila Anda aplikasikan pada titik-titik kebocoran dalam rumah. Cat ini juga mudah diaplikasikan pada semen, seng, besi, beton dan kayu.

3. Aquaproof

Berbahan dasar polimer sintetis, cat ini memang didesain untuk bagian eksterior, terutama atap dan dinding bagian luar. Bahannya menempel kuat, tidak menetes saat diaplikasikan, kedap air, anti retak dan elastis. Selain genteng, cat ini juga bisa diaplikasikan pada dinding, facade, talang beton, dan lain-lain. Masa penyimpanannya cukup lama, yakni maksimal 2 (dua) tahun.

Baca juga: Awas Tertipu, Pahami 6 Perbedaan Cat Waterproof Asli dan Palsu

4. Propan UPR-960

Dibuat dari bahan elastomer acrylic polymer, cat ini memiliki karakter elastis dengan daya penguluran tinggi, kurang lebih 600%. Bahannya pun tahan sinar UV dan air. Propan UPR-960 pun dirancang ramah lingkungan tanpa melupakan fungsi utamanya sebagai cat genteng anti bocor, anti rembes, dan anti jamur.

5. Dulux Watershield Powerfless

Didesain sebagai cat eksterior dengan bahan berkualitas, cat Dulux jenis ini memiliki powerflexx technology yang dapat menutupi retak halus pada genteng Anda. Bahannya tahan air hujan sehingga dapat melindungi keindahan dinding.

Dibuat dengan teknologi ramah lingkungan dan color lock membuat cat ini tetap menawan selama bertahun-tahun.

6. Avian Paint Avitex Roof

Avian Paint merupakan merek cat yang cukup terkenal di Indonesia dan memiliki berbagai produk cat genteng dan seng.

Produk ini diklaim memiliki daya tahan yang baik dan mampu melindungi atap dari cuaca ekstrem seperti hujan dan panas matahari. Selain itu, Avian Paint juga menawarkan berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan selera konsumen.

7. Jotun Jotaroof

Jotun Jotaroof dapat difungsikan sebagai pelapis anti bocor untuk segala jenis atap, kecuali yang terbuat dari beton.

Produk ini memberikan hasil akhir matte yang tahan lama dalam berbagai kondisi cuaca. Bahkan, di bawah cuaca ekstrem seperti hujan dan panas yang tidak dapat diprediksi, yang sering kali menjadi penyebab kerusakan atap, Jotun Jotaroof tetap efektif mencegah kebocoran.


Kesimpulan

Itulah rekomendasi cat genteng anti bocor untuk Anda pilih. Dapatkan perlindungan terbaik untuk atap rumah Anda sekarang! Cat Genteng No Drop, pelapis anti bocor terbaik, dapat Anda beli dengan mudah di Klopmart.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan perlindungan terbaik, beli Cat Genteng No Drop sekarang di Klopmart!

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya