Cat dan Kimia

26 Model Teras Rumah Minimalis Kekinian yang Menarik

Media
30 Sep 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Tanah sempit tidak menjadi alasan untuk menerapkan model teras rumah minimalis. Ya, Anda masih bisa mempercantik area eksterior di rumah dengan membangun teras mini di area depan. Tamu mana pun pasti akan terkesan ketika hendak berkunjung ke rumah Anda setelah melihat teras yang cantik.

Teras depan dapat menggambarkan kepribadian Anda sebagai pemilik rumah. Sekecil apa pun terasnya, Anda harus memaksimalkan area tersebut. Tidak perlu ragu karena ada banyak inspirasi model teras minimalis yang bisa Anda terapkan dengan mudah di hunian sendiri.  Sontek berbagai model teras minimalis nan kekinian dalam artikel ini untuk mendapatkan inspirasinya!

Model Teras Rumah Minimalis Kekinian yang Patut Dicoba

Pemilik rumah minimalis cenderung mengutamakan interiornya saat membangun rumah. Wajar saja karena area interior merupakan tempat tinggal penghuni rumah sehingga Anda harus mengutamakan kenyamanannya. Walaupun interior memang menjadi hal terpenting, bukan berarti Anda harus melupakan eksteriornya.

Teras bisa menjadi tempat bersantai bagi penghuni rumah yang merasa suntuk ketika berada di dalam rumah. Anda dan keluarga bisa bersantai sambil menghirup udara segar di area teras. Hobi berkebun atau memelihara hewan kesayangan pun bisa dilakukan di area ini. Terlebih lagi, teras bisa menjadi tempat berkumpul yang tidak kalah nyaman apabila ada tamu yang datang ke rumah.

Banyak sekali fungsi teras bagi rumah Anda, bukan? Itulah pentingnya membangun teras di area depan atau belakang hunian. Tidak perlu bingung mencari inspirasi modelnya karena Klopmart sudah menyediakan berbagai desain yang bisa Anda coba. Mari kita lihat model teras rumah minimalis namun kekinian yang bisa dibangun pada rumah Anda.

1. Teras Lantai Kayu


Ide pertama, Anda bisa membangun lantai kayu yang lebih tinggi daripada terasnya. Bagian lahan yang masih kosong pun dapat dimaksimalkan untuk membangun lantai kayu di sudutnya. Lengkapi teras dengan kursi atau sofa eksterior sebagai tempat bersantai yang nyaman untuk Anda dan keluarga.

Baca juga: 5 Desain Lantai Kayu Palet

2. Area Bermain Anak


Buat masa kecil anak makin bahagia dengan menambahkan area bermain di teras. Ada banyak pilihan mainan versi mini yang dapat dibangun, seperti rumah kayu, perosotan, tenda mini, atau sekadar menambahkan bak pasir. Tambahkan pula rerumputan di bawahnya supaya area ini makin aman sebagai tempat bermain mereka.

3. Teras Bergaya Industrial


Ingin menerapkan gaya industrial di area eksterior? Tentu saja bisa. Caranya, Anda cukup menambahkan furnitur bergaya kayu seperti meja dan kursi sebagai tempat istirahat. Anda pun bisa menonjolkan kesan ini dengan menambah batu-batuan di area lantainya. Agar tidak terkesan gersang, tambahkan tanaman hijau di beberapa sudutnya.

4. Teras Bergaya Jepang


Bagi penggemar negeri Sakura, Anda bisa menerapkan teras ala Jepang yang dipenuhi dengan tanaman dan pepohonan. Anda pun dapat memilih tanaman bergaya unik dan khas sehingga nuansa Jepangnya makin bertambah. Bagian pendopo dapat dibangun sebagai tempat bersantai sambil menikmati pemandangan hijau di rumah Anda.

5. Teras Rumah Panjang


Teras rumah panjang ini dibangun secara vertikal atau lurus sehingga ideal untuk lahan yang cukup sempit atau balkon. Anda bisa membuat teras ini bernuansa semi-outdoor dengan cara membangun atap kaca. Lengkapi dengan furnitur berwarna hijau supaya terasnya terkesan segar dan sejuk untuk disinggahi.

Baca juga: Cara Membersihkan Furnitur Sesudah Kebanjiran Sesuai Bahan Material Benda

6. Teras Rumah Tanpa Rumput


Rumput memang identik sebagai material flooring untuk teras, tetapi Anda tidak harus menerapkannya apabila lahannya tidak terlalu luas. Anda bisa memasang keramik lantai dengan motif yang indah. Namun, tetap hadirkan nuansa segar di area teras dengan cara menambahkan tanaman hijau dalam pot di setiap sudutnya.

7. Tanaman Hijau yang Menyegarkan


Model teras rumah minimalis ini sangat cocok bagi Anda yang suka berkebun. Pajanglah koleksi tanaman hias Anda di salah satu sisi teras dengan cara menanam atau menggantungnya. Pastikan areanya cukup luas supaya Anda lebih leluasa saat merawat koleksi tanaman di teras. Anda pun bisa membangun kandang hewan peliharaan untuk anjing atau kucing kesayangan di area ini.

8. Kolam Ikan di Teras


Model teras rumah ini terlihat klasik, tetapi masih cocok diterapkan sampai saat ini. Bagian kolam bisa dibangun dari batu-batuan berwarna gelap agar lebih menonjolkan kesan natural. Tambahkan juga air mancur mini atau dua pot kecil yang mengalirkan air supaya kolam ikannya terlihat makin indah.

9. Pagar Pembatas


Anda dapat membangun pagar pembatas antara taman dan jalan setapak atau carport. Ide ini bisa diterapkan pada hunian di area komplek perumahan yang tidak memiliki pagar depan. Opsi lainnya, Anda bisa pula membangun pagar pembatas untuk teras rooftop atau balkon demi alasan keamanan. Namun, jangan abaikan keindahan pagarnya dan berikan cat berwarna menarik supaya teras terlihat estetik.

10. Saung dengan Atap Minimalis


Teras pun dapat dimanfaatkan untuk membangun saung sebagai tempat bersantai yang sejuk. Bagian atapnya cukup dibuat bergaya minimalis dengan mengandalkan material kayu dan besi hollow yang dicat hitam. Anda pun bisa berteduh dengan tenang di area ini meskipun sedang di musim hujan. Tambahkan sofa, meja, dan ayunan kecil di dalamnya untuk menunjang kegiatan bersantai di teras.

Baca juga: Apa Itu Hollow dalam Dunia Konstruksi?

11. Tempat Pesta Mini bersama Tamu


Manfaatkan teras sebagai tempat berkumpul bersama teman-teman atau menjamu tamu dengan membangun tempat pesta kecil-kecilan di area tersebut. Anda bisa menambahkan pemanggang BB!, meja kecil, karpet, dan sofa untuk menyambut mereka. Teras pun menjadi tempat yang menyenangkan dan tidak pernah sepi bagi Anda yang senang bersosialisasi.

12. Teras ala Kafe


Desain bar outdoor bisa diterapkan di bagian teras untuk menghasilkan nuansa khas kafe kekinian. Pilihlah bangku tinggi untuk ditempatkan di area bar supaya kesan industrialisnya makin terasa. Anda dapat membangun meja dengan dua bangku kecil di bagian tengahnya untuk menampung lebih banyak tamu yang ingin bersantai di teras.

13. Teras Rooftop


Anda memiliki rumah dua tingkat yang terdapat area rooftop di atasnya? Manfaatkan saja untuk membangun teras estetik di rumah. Pilihan ini sangat pas bagi Anda yang senang bersantai sambil menikmati pemandangan di sekitarnya. Tambahkan lampu tumblr supaya Anda masih bisa bersantai di area ini pada malam hari.

14. Kebun Mini di Teras


Berikutnya, Anda bisa membangun kebun mini yang memenuhi area teras sehingga terkesan sejuk. Cukup pasang beberapa tanaman hijau di seluruh bagian dindingnya dan Anda sudah mendapatkan kesan perkebunan di teras. Tambahkan juga meja dan kursi di tengah kebun supaya Anda makin rileks saat bersantai di area ini.

Baca juga: Cara Menyiram Tanaman dengan Baik dan Benar

15. Ubin Lantai untuk Teras


Ubin tak melulu harus dipasang sebagai lantai interior. Anda pun dapat menerapkan material ini pada teras atau area eksterior lainnya. Ubin pun lebih mudah dibersihkan apabila terkena kotoran dengan cara mengepelnya. Anda pun dapat membangun partisi berupa pintu yang membatasi teras dan area indoor rumah sehingga tidak terlalu banyak memakan tempat.

Baca juga: 11 Ide Model Pintu Garasi Besi Hollow nan Elegan

16. Teras Bergaya Klasik


Nuansa klasik pada teras hadir dengan penerapan batu bata di area lantainya. Perabotannya bisa berupa sepasang kursi goyang dan meja bergaya vintage yang terletak di bagian tengah. Kesan klasiknya makin bertambah apabila Anda membangun dua pilar serta pagar pembatas teras dan halaman rumah.

17. Teras Kombinasi Kolam Renang


Lahan yang luas dapat dimanfaatkan untuk membangun kolam renang pribadi di teras. Bangun juga patio sebagai tempat bersantai ketika Anda selesai berenang. Tambahkan batu koral putih, tanaman hijau, dan rerumputan supaya nuansa estetiknya makin bertambah. Bagian sisi kolamnya dapat dipasang lantai kayu yang menyambung dengan lantai saungnya.

18. Ayunan di Sisi Teras


Model teras rumah minimalis akan lebih lengkap dengan tambahan ayunan di belakang rumah atau rooftop. Kursi untuk ayunannya dapat dibuat dari bahan kayu atau rotan supaya makin terlihat kekinian. Anda pun bisa bercengkerama bersama si kecil di ayunan sambil menikmati semilir angin yang sejuk di teras.

19. Teras Monsoon


Teras monsoon cocok digunakan apabila Anda ingin mengundang banyak orang untuk acara outdoor. Anda bisa memasang beberapa kursi dan meja serta memasang payung lipat di atasnya. Tambahkan pula dekorasi berupa tanaman hias dan pagar pembatas supaya terasnya tidak terlalu monoton. Anda pun dapat memasang lampu berdiri di beberapa sudutnya sebagai sumber penerangan pada malam hari.

20. Teras Minimalis Estetik


Terakhir, Anda bisa menghadirkan warna pastel atau putih yang lembut untuk menciptakan teras rumah bergaya minimalis. Agar tidak terkesan polos, tambahkan bantal bermotif untuk menghias sofanya. Nuansa teras yang tidak terlalu ramai justru akan membuat Anda makin betah untuk bersantai di area ini.

Baca juga: 15 Model Teras Baja Ringan Terbaru 2022

21. Teras Bohemian


Desain teras rumah minimalis ini juga bisa juga bisa jadi pilihan terbaik Anda, karena konsep bohemian menggabungkan berbagai elemen alami untuk memperkaya desainnya, seperti bale-bale anyaman sebagai tempat duduk, bantal etnik dengan corak kecoklatan, karpet rajutan, dan lampu gantung. Meja kayu yang eksentrik dihiasi dengan ornamen unik untuk menambahkan nuansa bohemian.

22. Teras Gaya Spanyol


Tampilan teras yang menyerupai bangunan tradisional Spanyol memiliki ciri khas berupa tembok dan pilar yang kuat, serta bagian atas yang melengkung. Gaya Spanyol yang nyaman dan mampu menampung banyak orang juga bisa diterapkan pada model teras rumah dengan area yang luas. Teras ini bisa menjadi tempat yang ideal untuk bersantai sambil menikmati pemandangan hijau di taman yang terbentang luas.

23. Teras Kontemporer


Dengan desain teras rumah yang kontemporer seperti ini, tampilan fasad rumah akan terlihat lebih artistik dan tentunya unik. Duduk santai di area ini akan terasa sangat nyaman, terlebih lagi jika dilengkapi dengan bantal empuk dan bean bag sebagai sandaran.

24. Teras Gaya Eklektik


Gaya eklektik mencampurkan berbagai elemen desain untuk menciptakan kesatuan konsep yang elegan. Pada teras rumah dengan arsitektur Bali, dinding pagar dan pintu berukir khas Bali terlihat menawan. Furnitur kayu yang beragam warna juga ditempatkan di teras, dan tanaman tropis dengan bunga cerah menjadi hiasan yang tak terlupakan.

Baca juga: 17 Model Teras Rumah Panjang ke Samping

25. Teras Gaya Maroko


Gaya Maroko dikenal dengan penggunaan keramik berwarna cerah dan kontras yang mencolok. Pada tangga teras, keramik dengan warna-warna menarik dipasang untuk menciptakan tampilan yang menarik, serta bisa digunakan sebagai tempat santai.

26. Teras Tipe 36


Rumah dengan tipe 36 umumnya memiliki teras yang terbatas. Untuk mempercantik teras tanpa harus memasang meja dan kursi dengan ukuran besar, Anda bisa memilih beberapa kursi dengan gaya yang berbeda agar terlihat unik, namun tetap menggunakan bahan yang sama agar terlihat serasi. Sebagai contoh, Anda bisa memilih kursi dan ayunan yang terbuat dari rotan.

Rekomendasi Cat Tembok untuk Teras Rumah Minimalis

Banyak sekali ide model teras rumah yang bisa Anda terapkan, bukan? Semua model di atas dapat dikombinasikan satu sama lain sehingga Anda bisa membangun teras rumah sendiri sesuai preferensi. Namun, Anda perlu menjaga nuansa minimalisnya dan hindari menempatkan terlalu banyak furnitur supaya teras tetap nyaman dan tidak terlalu sempit saat digunakan.

Anda pasti membutuhkan cat untuk melapisi bagian tembok teras. Namun, cat yang digunakan untuk teras harus berbeda dengan cat interior. Pasalnya, bagian teras rentan terkena perubahan cuaca seperti hujan atau panas matahari sehingga Anda harus memilih cat eksterior unggulan seperti Dulux Weathershield Powerfield.

Dulux Weathershield Powerfield telah dilengkapi Powerflexx Technology dan Algae-Fungus Guard yang mampu melindungi tembok Anda dari serangan jamur dan perubahan cuaca. Tembok pun tetap terasa sejuk setelah dicat meski terkena panas matahari secara langsung. Teknologi Colour-Lock juga memungkinkan warnanya tetap bertahan lama.

Ada pula produk cat eksterior lainnya yang tidak kalah bagus dan bisa Anda coba untuk melapisi dinding eksterior, seperti Dulux Catylac Exterior atau Nippon Paint Weatherboard. Semua produk tersebut bisa didapatkan hanya di Klopmart yang juga jual kebutuhan untuk atap, dinding, dan lantai secara online. Tidak perlu khawatir mengenai ongkirnya karena Klopmart memberikan layanan pengantaran bebas ongkir hingga ke lokasi proyek Anda.

Hubungi kami atau klik halaman produk tersebut sekarang juga untuk mendapatkan produk cat tembok eksterior terbaik di kelasnya! Wujudkan impian untuk memiliki teras rumah di hunian Anda hanya dengan produk material bangunan terbaik dari Klopmart. Siapa tahu teras Anda bisa menjadi inspirasi model teras rumah minimalis dan kekinian bagi pemilik rumah lainnya.

Sumber rujukan:

  • https://www.99.co/blog/indonesia/gambar-teras-rumah-minimalis-masa-kini/ 
  • https://www.detik.com/jabar/jabar-gaskeun/d-6247861/26-inspirasi-model-teras-rumah-minimalis-aesthetic

Inspirasi Lainnya

7 Cara Penempatan Tandon Air di Dalam Rumah (Panduan Lengkap)

Home & Living

7 Cara Penempatan Tandon Air di Dalam Rumah (Panduan Lengkap)

Selengkapnya
10 Cara Membersihkan Tandon Air yang Berlumut, Dijamin Efektif!

Tips & Trik

10 Cara Membersihkan Tandon Air yang Berlumut, Dijamin Efektif!

Selengkapnya
8 Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk Shower yang Inspiratif

Home & Living

8 Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk Shower yang Inspiratif

Selengkapnya
Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya
whatsappweb