15 Inspirasi Desain Teras Baja Ringan Terbaru dan Jadi Tren di 2024!

Sedang mencari model teras baja ringan terbaru untuk rumah Anda? Anda berada di artikel yang tepat! KlopMart sudah mengumpulkan beberapa model teras baja ringan yang dapat Anda jadikan inspirasi sekaligus pilihan. 

Menggunakan bahan baja ringan untuk teras memang sering dipilih masyarakat karena daya tahannya yang terbilang kuat meskipun bebannya tidak berat. Bobotnya yang ringan juga membuat proses pemasangan menjadi mudah dilakukan. 


Dari segi daya tahan terhadap cuaca panas dan hujan juga tidak perlu diragukan. Hal ini karena baja ringan memiliki ketahanan yang baik terhadap karat, tidak seperti besi. Kalau begitu mari simak model-model teras baja ringan terbaru di bawah ini. 

Model Teras Baja Ringan Terbaru

Model teras baja ringan nyatanya bisa dikreasikan dengan bahan material lainnya. Anda bisa mengombinasikannya dengan bahan material seperti kaca dan kayu. Tidak percaya? Coba perhatikan beberapa modelnya berikut ini. 

1. Teras Baja Ringan dengan Kaca

Teras Baja Ringan dengan Kaca

Teras baja ringan dapat dipadukan dengan bahan material kaca supaya rumah Anda terlihat elegan. Penggunaan kaca di atas rangka baja ringan akan menambahkan sentuhan estetis bagi rumah. Rumah Anda bahkan dapat langsung dikenali dari jauh karena penggunaannya terbilang unik.

Baca juga: 8 Model Plafon Teras Luar yang Menarik untuk Rumah Anda

2. Teras Baja Ringan Bertingkat

Teras Baja Ringan Bertingkat

Tidak hanya rumah yang bisa dibuat bertingkat, desain teras rumah Anda juga bisa dibuat menjadi dua lapisan. Anda dapat memilih model teras satu ini apabila bosan dengan desain yang biasa-biasa saja. Jangan khawatir dengan bobotnya karena akan tetap ringan meskipun dibuat bertingkat. 

3. Teras Baja Ringan dengan Penopang Besar

Teras Baja Ringan dengan Penopang Besar

Model teras yang umumnya monoton bisa dibuat menarik dan unik dengan perpaduan tiang penopang besar untuk menopang rangka baja ringan. Perpaduan seperti ini jarang digunakan karena masih sedikit masyarakat yang mengetahuinya.

Namun penggunaannya akan membuat rumah Anda lebih modis dan elegan. Apalagi kalau tiang penopangnya juga memiliki desain atau bentuk yang unik. Rumah Anda pasti akan makin unik dari yang lain. Tertarik mencobanya?

Baca juga: Berapa Tahun Kekuatan Baja Ringan Sepanjang Pemakaian?

4. Teras Baja Ringan Sederhana

Teras Baja Ringan Sederhana

Model teras baja ringan yang sederhana tetap menjadi pilihan bagi kebanyakan masyarakat karena simpel. Simpel bukan berarti ketinggalan zaman atau bahkan tidak menarik. 

Terkadang simpel merupakan model yang paling baik dipilih karena tidak terlalu ramai dengan banyaknya desain. Bagi Anda yang suka dengan desain simpel serta elegan maka model teras baja ringan satu ini bisa dipilih.

Baca juga: Cara Membuat Cor Dak Teras Rumah

5. Teras Baja Ringan Modern

Teras Baja Ringan Modern

Selanjutnya ada teras baja ringan modern yang terlihat sangat elegan. Penggunaan model satu ini sangat cocok bagi Anda dengan tema rumah modern. Warna putih dan hitam yang mendominasi rumah juga akan sejalan dengan warna rangka baja ringan. Anda tidak membutuhkan bahan material lain untuk mendekorasi atau membuatnya lebih mewah. 

6. Teras Baja Ringan Minimalis

Teras Baja Ringan Minimalis

Satu lagi model yang tidak kalah modern dan elegan yaitu teras baja ringan minimalis. Bentuknya yang kotak atau persegi panjang sudah cukup untuk membuat rumah Anda terlihat minimalis. 

Seperti namanya, penggunaan bahan material lain juga tidak dibutuhkan. Penambahan bahan-bahan material justru dapat membuat teras rumah Anda menjadi tidak minimalis dan elegan. Setiap sisinya yang ditutupi dengan baja ringan akan membuat teras rumah menjadi lebih rapi.

7. Teras Baja Ringan Penopang Bentuk Huruf V

Teras Baja Ringan Penopang Bentuk Huruf V

Teras baja ringan dengan penopang berbentuk huruf V menjadi salah satu model yang populer di kalangan masyarakat. Hal ini terlihat dari banyaknya rumah-rumah yang menggunakan tiang penopang tersebut.

Baca juga: 7 Warna Cat Tiang Teras Rumah yang Bagus Serta Estetik

8. Teras Baja Ringan Penopang Miring

Teras Baja Ringan Penopang Miring

Ada lagi model teras yang unik yaitu dengan menggunakan penopang miring. Jika biasanya penopang rangka teras hanya menjulang tinggi ke atas, kini Anda bisa menggunakan yang miring atau diagonal. 

Kekuatannya tidak kalah dengan penopang yang biasanya. Bahan baja ringan sebagai atap juga tetap digunakan sehingga teras rumah Anda akan terbebas dari panas matahari atau air hujan. 

9. Teras Baja Ringan Melengkung

Teras Baja Ringan Melengkung

Masih mencari model teras yang unik? Anda bisa mencoba model teras baja ringan yang melengkung. Model teras satu ini sudah pasti unik karena umumnya masyarakat hanya menggunakan desain yang rata tanpa ada bentuk tambahan. 

Modelnya yang melengkung tidak hanya memberikan sentuhan estetis tetapi juga akan menghindari genangan air kotor yang bisa tertampung di bagian atas. 

10. Teras Baja Ringan yang Tersambung dengan Pagar

Teras Baja Ringan yang Tersambung dengan Pagar

Model satu ini cocok dipilih bagi Anda yang ingin membuat rumah lebih aman. Pagar rumah yang tinggi disambung dengan teras hanya akan menyisakan space kecil bagi orang asing untuk melakukan aksi pencurian.

Baca juga: 6 Motif Keramik Lantai Teras Luar yang Cantik

11. Teras Baja Ringan Nuansa Alam

Teras Baja Ringan Nuansa Alam

Mengapa tidak menggabungkan nuansa alam untuk teras rumah? Anda bisa mencobanya karena hasil penggabungan baja ringan dengan berbagai tanaman memberikan kesan alami dan kerindangan. Setelah memasang baja ringan, Anda bisa langsung menambahkan berbagai tanaman gantung atau tanaman rambat untuk mempercantik teras rumah. 

12. Teras Baja Ringan Bertema Rustic

Teras Baja Ringan Bertema Rustic

Selain interior, tema rustic juga bisa diaplikasikan untuk eksterior khususnya teras rumah. Memberikan sentuhan rustic memang tidak sulit. Anda bisa menggunakan seng khusus di atas rangka baja ringan yang sudah terpasang dan voila! Teras baja ringan bertema rustic akan sangat terasa.

13. Teras Baja Ringan dengan Penopang Batu Bata

Teras Baja Ringan dengan Penopang Batu Bata

Apakah Anda tahu bahwa penopang untuk teras baja ringan dapat menggunakan batu bata? Bahan material batu bata memang cocok digunakan dalam berbagai aspek bangunan. Tidak hanya fondasi atau dinding tetapi juga penopang teras. Teksturnya yang kasar tidak perlu dilapis lagi karena akan memberikan kesan unik yang menarik.

Baca juga: 5 Ide Renovasi Teras Rumah Subsidi sesuai Peraturan

14. Teras Baja Ringan Seperti Atap Rumah

Teras Baja Ringan Seperti Atap Rumah

Ada juga teras baja ringan yang dibentuk menyerupai atap rumah. Jadi tidak sekadar datar saja tetapi berbentuk segitiga. Tidak ada salahnya menggunakan teras baja ringan berbentuk atap. Justru desain seperti ini akan bercampur dengan baik tanpa ada yang menyadari bahwa atap tersebut adalah bagian teras. 

15. Teras Baja Ringan Ala Bali

Teras Baja Ringan Ala Bali

Terakhir, Anda diajak untuk membuat teras baja ringan ala Bali. Meskipun Bali memiliki ciri khas menggunakan kayu, Anda tetap bisa membuatnya dengan teras baja ringan. Anda bisa menggunakan penopang kayu yang sudah diukir dengan pola-pola ala Bali untuk menghadirkan suasana tersebut. 

Itu dia 15 model teras baja ringan terbaru yang bisa Anda pilih sesuai preferensi dan kebutuhan. Jangan bingung apabila ingin membeli baja ringan berkualitas untuk teras karena Anda bisa langsung mengunjungi KlopMart. 

Di KlopMart sudah tersedia baja ringan APlus yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Kuat terhadap karat hingga tahan api menjadi fitur utama mengapa banyak orang memilih baja ringan APlus. 

Pembuatannya sudah berstandar SNI (Standar Nasional Indonesia) dan AISI (American Iron and Steel Institute), jadi pasti aman untuk digunakan. Langsung pesan baja ringan Anda sekarang juga di KlopMart!


Jika ingin bertanya atau membutuhkan konsultasi maka Anda bisa menghubungi tim KlopMart segera. KlopMart siap membantu dan melayani semua kebutuhan Anda. Pilih model teras baja ringan terbaru yang Anda suka dan beli berbagai bahan material di KlopMart! 

Sumber artikel: 

  • https://temonggo.com/kanopi-rumah-minimalis-dari-baja-ringan/
  • https://prospeku.com/artikel/model-kanopi-teras-depan-rumah---3908#2-kanopi-kaca
Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya