10 Peralatan Berkebun yang Wajib Anda Miliki di Rumah

Mempunyai berbagai peralatan berkebun yang lengkap sudah pasti penting bagi Anda yang memiliki hobi berkebun. Selama pandemi, hobi berkebun menjadi salah satu cara untuk melepas penat, mencari ketenangan serta kedamaian pikiran. 

Selain menjernihkan pikiran, hobi satu ini juga akan membuat persediaan buah dan sayuran di rumah jadi terpenuhi tanpa harus membeli lagi di pasar. Apakah Anda tertarik melakukannya? 

Tidak ada kata terlambat membangun hobi baru untuk mengisi waktu luang di rumah. Anda hanya perlu melakukan beberapa persiapan sederhana serta menyiapkan peralatan berkebun yang akan dijelaskan di bawah ini. 

10 Peralatan Berkebun di Rumah

Menyiapkan berbagai peralatan berkebun yang lengkap akan memudahkan Anda untuk menanam, menjaga serta menumbuhkan setiap tanaman dengan baik. Jadi apa saja peralatan berkebun yang sangat penting untuk dimiliki? Berikut beberapa peralatan sekaligus penjelasannya. 

1. Sarung Tangan Khusus Berkebun

Peralatan Berkebun Sarung Tangan

Sarung tangan menjadi alat pertama yang wajib Anda miliki karena berguna untuk melindungi diri. Mungkin Anda berpikir “Tidak perlu menggunakan sarung tangan. Bukankah bisa langsung mencuci tangan setelah menyentuh tanah?”. 

Permasalahan di sini bukan hanya menyentuh tanah tetapi Anda tidak tahu apa yang terdapat di dalam tanah tersebut. Bisa saja ada benda tajam yang terkubur atau bahan kimia yang sudah menyatu dengan tanah. Inilah kegunaan menggunakan sarung tangan yaitu untuk menghindarkan Anda dari berbagai jenis bahaya tersebut.

Baca juga: Alat Pelindung Diri: Sarung Tangan

2. Kacamata 

Kaca Mata

Jangan lupa menggunakan kacamata selama Anda berkebun. Mata Anda menjadi salah satu bagian tubuh yang sangat sensitif terkena benda-benda asing dari luar. Itu sebabnya sangat penting untuk melindungi mata. Penggunaan kacamata juga sangat penting khususnya saat akan menyemprotkan bahan kimia seperti cairan anti hama ke tanaman. 


3. Cangkul dan Sekop

Cangkul dan Sekop

Cangkul dan sekop merupakan alat dasar yang harus ada ketika akan berkebun. Keduanya berguna untuk membantu Anda menggali, memindahkan, dan memupuk tanah yang akan digunakan untuk menanam tanaman. 

Cangkul akan digunakan terlebih dahulu untuk menggali dan membuat tanah menjadi lebih gembur. Selanjutnya sekop digunakan untuk menambahkan pupuk dan tanah ke atas akar tanaman.

​Baca juga: 8 Manfaat Tanaman Hias di Dalam Rumah

4. Selang Air

Cangkul dan Sekop

Tanaman yang sudah Anda tanam selanjutnya membutuhkan air sebagai sumber makanan agar dapat bertumbuh dengan baik. Memiliki selang air panjang yang dapat menjangkau tanaman akan sangat memudahkan Anda setiap kali ingin membasahi tanaman. Adanya selang air membuat Anda tidak perlu bolak-balik mengambil air dari dalam rumah ke halaman depan. 

5. Penyiram Tanaman

Penyiram Tanaman

Meskipun sudah memiliki selang air, tidak ada salahnya untuk memiliki penyiram tanaman. Fungsinya sama dengan selang air yaitu untuk membasahi tanaman supaya dapat bertumbuh seperti yang seharusnya. 

Namun penyiram tanaman ini bisa Anda gunakan secara khusus untuk menyiram tanaman yang berada di lantai 2 atau di dalam rumah. Alat penyiram tanaman akan membuat Anda nyaman tanpa harus mengotori rumah dengan selang air dari luar.

Baca juga: 7 Jenis-Jenis Irigasi yang Wajib Anda Ketahui

6. Garpu Taman

Garpu Taman

Tanaman yang Anda tanam tentu perlu dijaga dan dipelihara supaya tidak mati begitu saja. Setiap daun yang berguguran di sekitar tanaman perlu langsung dibersihkan supaya tidak mengganggu pertumbuhan. 

Garpu taman inilah yang akan membantu Anda melakukannya dengan cepat. Garpu taman akan langsung mengumpulkan daun-daun kering dengan mudah tanpa harus mengotori tangan Anda. 

7. Garpu Tanah

Garpu Tanah

Berbeda dari sebelumnya, garpu tanah berguna untuk memecah tanah yang keras. Garpu tanah juga dapat membuat lubang-lubang kecil supaya bibit tanaman bisa tertanam dengan baik. Garpu tanah memiliki berbagai ukuran yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. 

Jika rencana berkebun dilakukan pada tanah yang luas maka memilih garpu tanah ukuran besar sangat tepat. Sebaliknya jika kegiatan berkebun dilakukan dalam skala kecil seperti pada pot-pot tanaman maka garpu tanah ukuran kecil sudah cukup.

Baca juga: 3 Cara Membuat Irigasi Tetes dari Botol Bekas

8. Gunting Tanaman

Gunting Tanaman

Gunting tanaman terdiri dari berbagai macam tipe dan ukuran yang harus disesuaikan dengan kebutuhan. Namun fungsinya tetap sama yaitu untuk melakukan pemeliharaan tanaman. Memangkas tangkai yang layu, memangkas tanaman liar, dan memotong beberapa tangkai yang tumbuh secara sembarangan.

9. Pot Tanaman

Pot Tanaman

Peralatan berkebun berikutnya ialah pot-pot tanaman. Pot tanaman ini dibutuhkan jika Anda tidak memiliki lahan untuk berkebun. Penggunaan pot-pot tanaman akan menjadi wadah yang paling pas supaya tanaman tetap dapat bertumbuh dengan baik meskipun tidak berada di lahan tanah yang luas.


Untuk membuat area rumah makin cantik, Anda bisa memilih berbagai desain pot yang unik dan menarik. Berbagai ukuran pot tanaman juga sudah banyak dijual di pasaran sehingga Anda tidak perlu khawatir apabila ukurannya terlalu besar atau terlalu kecil.

Baca juga: 10 Tanaman yang Cocok di Rumah Anda

10. Semprotan dan Cairan Anti Hama

Semprotan dan Cairan Anti Hama

Hama menjadi musuh terbesar bagi jenis tanaman apa pun. Keberadaan hama sudah seharusnya dibasmi agar tanaman yang Anda tanam tidak rusak atau mati.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengusir hama ialah dengan menyemprotkan bahan kimia anti hama ke tanaman. Anda bisa membeli semprotan beserta cairan anti hama di tempat penjual tanaman atau e-commerce secara online.

Dengan memiliki berbagai peralatan berkebun yang lengkap, Anda dapat menjalankan hobi berkebun dengan lebih lancar dan efektif, terutama di tengah pandemi saat ini. Hobi berkebun bukan hanya sekadar melepas penat dan mencari ketenangan, tetapi juga memungkinkan Anda untuk memenuhi kebutuhan buah dan sayuran di rumah tanpa harus bergantung pada pasaran.

Dengan persiapan yang tepat, seperti memiliki sarung tangan khusus berkebun, kacamata, cangkul, sekop, selang air, penyiram tanaman, garpu taman, garpu tanah, gunting tanaman, pot tanaman, dan semprotan serta cairan anti hama, Anda akan lebih siap dalam menanam, merawat, dan memelihara tanaman. 

Itu dia beberapa peralatan berkebun yang wajib dimiliki bagi Anda yang ingin memulai hobi berkebun. Mari persiapkan setiap peralatan yang dibutuhkan dengan membelinya di KlopMart.

KlopMart menjadi tempat yang tepat untuk mencari alat serta bahan material kebutuhan karena mudah dijangkau, lengkap, dan tepercaya. Di KlopMart Anda juga bisa melihat berbagai informasi lengkap tentang barang yang dibutuhkan mulai dari spesifikasi hingga harganya.

Sebagai contoh, Anda bisa mencari spesifikasi gunting dahan dan harga selang benang kemudian tinggal cocokkan dengan budget yang ada. Jadi tunggu apalagi? Langsung saja berbelanja di KlopMart dan barang yang Anda pesan akan segera dikirim.

Jangan ragu untuk menghubungi tim KlopMart apabila ada pertanyaan atau membutuhkan konsultasi lebih lanjut. Lengkapi peralatan berkebun yang Anda butuhkan bersama KlopMart sekarang!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya