Atap & Lantai

5 Desain Lantai Kayu Palet

Media
13 Jul 2020

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Bagi yang ingin menciptakan kesan natural pada suatu bangunan, Anda bisa menggunakan kayu palet untuk dipasang pada lantai. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa lantai kayu palet berbeda dari lantai kayu biasa. Lantai kayu biasa terbuat dari kepingan kayu yang melalui proses penekanan hingga berbentuk papan. Sedangkan, lantai kayu palet terbuat dari kepingan kayu dengan profil di bagian sisi yang mengunci satu sama lain. Agar lebih kuat, pemasangannya juga dilakukan dengan menggunakan paku tembak.

Berdasarkan material pembuatnya tersebut, lantai kayu palet pun umumnya relatif lebih terjangkau daripada lantai kayu biasa. Terlebih, lantai kayu palet juga punya ragam corak menarik yang kepingan-kepingannya bisa Anda susun sesuai selera. Berikut beberapa inspirasi desain lantai kayu palet yang bisa Anda pertimbangkan.

Desain huruf “V”

Salah satu desain lantai kayu palet yang menarik untuk diaplikasikan adalah pola huruf “V”. Umumnya, kepingan lantai kayu palet berbentuk persegi panjang sehingga dapat Anda susun menyerupai huruf “V” secara memanjang. Dengan corak khas kayu, desain satu ini dapat membuat ruangan terlihat lebih estetik.

Lalu, jika lantai kayu palet Anda berwarna cerah, sebaiknya gunakan warna cat dinding yang cerah dan senada warnanya. Baru untuk perabotannya, Anda bisa memilih warna-warna yang kontras. Misalnya, jika lantai dan dindingnya bernuansa putih, pilihlah perabotan berwarna abu-abu gelap atau cokelat.

Desain pola zig-zag

Jika ingin menciptakan kesan klasik pada ruangan, maka desain pola zig-zag cocok diaplikasikan pada pemasangan lantai kayu palet. Karena karakteristiknya ini, tidak mengherankan apabila pola zig-zag menjadi salah satu desain lantai kayu palet yang paling banyak dipakai. Nah, untuk memperkuat kesan klasik, coba kombinasikan desain lantai satu ini dengan cat dinding berwarna agak gelap.

Desain tumpukan bata

Pernah melihat susunan batu bata pada bangunan? Nah, Anda juga bisa mengaplikasikannya sebagai desain lantai kayu palet. Khusus untuk desain satu ini, sebaiknya gunakan lantai kayu palet berwarna gelap agar lebih terlihat seperti bata. Kalau ingin meningkatkan kesan estetik, tambahkan pembatas kayu pada dinding bagian bawah. Pasanglah mengelilingi lantai kayu palet berpola bata. Pastikan ukuran tinggi pembatas tersebut tidak melebihi lebar lantai kayu palet Anda.

Desain warna acak

Bagi yang suka dengan hal-hal out of the box, desain lantai kayu palet satu ini sepertinya akan cocok untuk Anda. Sesuai namanya, desain warna acak mengombinasikan lantai kayu palet dalam berbagai warna. Susun secara acak, jangan khawatir warnanya akan bertabrakan. Pastikan saja Anda memasangnya dalam posisi yang sama.

Misalnya, jika sejak awal lantai kayu palet dipasang secara horizontal, maka terapkan hal yang sama pada kepingan-kepingan lantai kayu palet selanjutnya. Dengan lantai dalam warna yang “bertabrakan”, ruangan Anda pun tidak akan terasa monoton.

Desain ala Skandinavia

Lantai kayu palet bergaya Skandinavia tidak fokus pada pola pemasangan, melainkan warna. Apa pun pola pemasangan yang dipilih, pastikan saja lantai kayu palet berwarna putih cerah ala Skandinavia. Untuk membuat lantai kayu palet berwarna putih, pertama-tama amplas dulu lantai kayu tersebut. Lalu, gosoklah dengan larutan alkali agar warna gelapnya hilang. Baru setelah itu gosok kembali dengan sabun kayu agar warnanya tidak cepat pudar.

Pemasangan lantai kayu palet dapat membuat ruangan Anda terlihat lebih estetik. Tentunya lantai pun juga jadi lebih nyaman untuk dipijak. Tinggal pilih saja desain kayu palet yang sesuai selera dan interior rumah Anda. Untuk lantai kayu paletnya sendiri, Anda bisa mendapatkannya di Klopmart.com, ya!

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya