Atap & Lantai

17 Model Teras Rumah Panjang ke Samping yang Menarik

Media
30 Sep 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Ada beberapa model teras rumah panjang yang dapat Anda gunakan jika saat ini sedang mempertimbangkan untuk membuat atau merenovasi teras rumah. Pada hampir setiap rumah, teras biasanya digunakan untuk tempat duduk ketika ingin santai di depan rumah, atau tempat untuk menerima tamu sebelum mereka masuk ke dalam rumah.

Lebih dari itu, teras dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam hal lain, seperti area bermain, area menjemur pakaian, atau bahkan sebagai area relaksasi. Anda hanya perlu menyesuaikan model teras rumah yang digunakan saja. Mari simak beberapa rekomendasi ide model teras rumah panjang di bawah ini!

Model Teras Rumah Panjang

Teras rumah biasanya akan terletak di bagian depan rumah. Namun, Anda sebenarnya bisa memasang teras di bagian luar rumah mana saja, baik itu depan, samping, maupun belakang. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi teras rumah panjang yang dapat Anda gunakan.

1. Model Teras Rumah Panjang ke Samping


Apabila Anda memiliki area lebih di bagian samping rumah, coba buat model teras rumah memanjang ke samping seperti gambar di atas. Model teras yang satu ini sangat cocok digunakan pada rumah dengan desain yang minimalis. Anda dapat memanfaatkan teras ini untuk berbagai keperluan, seperti area santai, area olahraga, atau bahkan area menjemur.

Model teras yang dibangun di bagian samping rumah ini cocok bagi Anda yang ingin beraktivitas di bagian luar rumah tetapi tidak ingin begitu terekspos oleh umum. Anda dapat melakukan berbagai kegiatan tanpa perlu khawatir privasi terganggu. Selain itu, Anda juga bisa duduk santai menikmati udara segar tanpa perlu melihat orang-orang melewati rumah.

2. Modern Teras Rumah Modern Minimalis


Model teras rumah yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang mengusung desain rumah modern tetapi ingin memiliki teras dengan konsep yang minimalis. Aksen besi yang digunakan sebagai pagar teras, serta pencahayaan alami dari matahari, membuat teras ini terlihat elegan di siang hari. Bagian terasnya yang luas juga cocok digunakan untuk melakukan berbagai macam kegiatan.

Baca juga: 20 Model Teras Rumah Minimalis Kekinian yang Menarik

3. Model Teras Rumah Menghadap Laut


Apabila Anda tinggal; di area pantai, coba gunakan model teras rumah yang satu ini. Bagian teras yang menghadap ke area laut cocok digunakan sebagai area duduk sepanjang harinya, baik itu pada pagi hari, siang hari, maupun malam hari. Anda dapat membuat pintu yang terbuka lebar agar cahaya dan suara ombak laut dapat masuk dan terdengar walau Anda tidak sedang berada di teras.

4. Model Teras Lantai Atas


Anda dapat menggunakan model teras rumah yang satu ini untuk digunakan pada kamar di lantai atas. Posisinya yang ada di lantai atas membuat teras ini cocok sekali digunakan sebagai area relaksasi; Anda bisa duduk santai sambil menikmati udara segar dari lantai atas. Siapkan teh atau kopi serta camilan juga ya untuk menamani waktu santainya!

5. Model Teras Vila


Apabila Anda memiliki vila dan sedang mencari inspirasi untuk membangun teras, coba gunakan model teras seperti gambar di atas. Anda dapat memanfaatkan area luas yang ada di bagian luar vila untuk dijadikan sebagai teras. Teras tersebut nantinya bisa digunakan untuk area makan di luar rumah, tempat berkumpul, hingga tempat memasak atau barbeque karena areanya yang cukup luas.

Baca juga: 7 Warna Cat Tiang Teras Rumah yang Bagus Serta Estetik

6. Model Teras Rumah Terbuka


Apabila Anda ingin memiliki teras yang masih terhubung langsung ke area dalam rumah, coba gunakan model teras seperti gambar di atas. Model teras yang satu ini dapat dibuka dan ditutup, membuatnya dapat menjadi bagian dalam rumah maupun teras secara sekaligus. Dengan menggunakan model teras ini, perabot yang disimpan di area tersebut dapat lebih terlindungi karena teras dapat ditutup ketika sedang tidak digunakan.

7. Model Teras Rumah Simple


Apabila Anda tidak memiliki ruang tamu di area dalam rumah, model teras yang satu ini sangat cocok untuk digunakan. Anda dapat menjamu tamu langsung di area teras ini seperti gambar di atas.

Simpan saja sofa dan meja kopi di teras, serta pastikan untuk memasang atap yang dapat melindungi dari panas agar tamu tetap merasa nyaman ketika berkunjung.

8. Model Teras Rumah Taman


Model teras rumah panjang yang satu ini cocok bagi Anda yang ingin memiliki teras yang tersambung dengan taman. Area taman yang hijau dapat membuat teras terasa makin sejuk dan enak untuk digunakan ketika ingin santai.

Anda dapat coba memasang pintu atau penutup lainnya pada bagian depan teras agar teras dapat tetap terlindungi ketika sedang tidak dipakai.

9. Model Teras Rumah Modern


Untuk mendapatkan kesan yang tetap modern pada rumah, coba gunakan model teras rumah panjang yang satu ini. Anda dapat menggunakan teras ini untuk menjamu tamu atau sekadar untuk area bersantai di sore hari.

Areanya yang menyatu dengan taman membuat hawanya akan terasa makin sejuk dan menyegarkan. Coba tambahkan lebih banyak tanaman hias dengan warna selain hijau untuk membuat areanya terlihat lebih cerah.

10. Model Teras Mansion dengan Kolam


Apabila Anda memiliki mansion, coba manfaatkan areanya yang luas untuk membuat teras seperti gambar di atas. Anda juga dapat menambahkan kolam agar fungsionalitas teras tersebut makin tinggi. Model teras yang satu ini sangat cocok digunakan untuk berjemur atau area berkumpul bersama keluarga maupun teman.

Baca juga: Cara Membuat Kolam Terpal untuk Budidaya Ikan Lele

11. Model Teras Rumah Panjang dengan Kolam


Apabila Anda ingin memiliki teras yang seperti di hotel pada rumah, coba gunakan model teras rumah panjang seperti gambar di atas. Anda dapat menambahkan area kolam renang, atau kolam ikan jika areanya terlalu sempit, untuk menambah kesan elegan. Model teras seperti ini cocok digunakan sebagai tempat bersantai dan berkumpul.

Baca juga: 5 Ide Renovasi Teras Rumah Subsidi sesuai Peraturan

12. Model Teras Rumah Panjang Hijau


Sudah bosan dengan model teras biasa? Coba gunakan model teras rumah panjang hijau seperti gambar di atas. Seperti namanya, area teras ini dipenuhi dengan berbagai macam tanaman hijau. Pastikan saja Anda merawat tanaman tersebut agar tidak ada serangga hama yang dapat mengganggu.

13. Model Teras Belakang dengan Lantai Kayu


Model teras rumah panjang dengan lantai kayu adalah pilihan yang indah untuk menciptakan ruang outdoor yang elegan dan nyaman. Teras seperti ini sering digunakan sebagai tempat bersantai, makan, atau menghibur tamu.

14. Model Teras Rumah Panjang dengan Gazebo


Jika Anda memiliki bagian kosong yang cukup luas pada teras rumah, cobalah tempatkan gazebo kecil pada bagian depan. Anda dan keluarga bisa bersantai sore atau mengadakan acara makan bersama. Mempunyai gazebo di teras bisa menjadi solusi bagi pemilik rumah yang ingin menjaga privasi dan tidak ingin tamu yang kurang dekat masuk ke rumah. 

15. Model Teras Rumah Panjang dengan Kanopi


Jika Anda memiliki  teras yang terbuka dan takut jika air hujan masuk ke rumah. Anda bisa atasi masalah tersebut dengan memasang kanopi pada teras agar lebih teduh. Kanopi ini tersedia dengan jenis baja ringan dengan atap transparan agar memaksimalkan pencahayaan alami yang masuk. 

16. Model Teras Rumah Panjang ala Jepang


Jika Anda ingin memiliki teras yang dapat menghias rumah, maka batu alam bisa menjadi pilihan Anda untuk dekorasinya. Anda dapat memenuhi lantai teras dengan batu kolam kecil dan letakan beberapa batu alam jenis templek sebagai pijakan. Anda bisa memainkan warna atau menyusun bebatuan yang menyerupai pola bergelombang yang bagus. 

17. Model Teras Rumah Panjang Batu Alam


Anda tidak perlu pergi ke Jepang untuk menikmati suasanya. Anda dapat membangun beberapa tangga berundak dari bagian halaman menuju pintu dan berikan lampu di setiap anak tangga. Hiasi halaman teras menggunakan material pohon pinus Jepang atau lampu yang berbentuk lentera. 

Apabila Anda sedang mencari pihak yang jual kebutuhan atap, dinding, dan lantai untuk membangun teras, langsung saja kunjungi Klopmart. Jangan lupa untuk menggunakan rekomendasi model teras rumah panjang di atas untuk inspirasi teras di rumah Anda!

Sumber Rujukan:

  • https://www.klopmart.com/article/detail/model-teras-rumah-minimalis

  • https://www.rumah.com/panduan-properti/model-teras-rumah-panjang-63517

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya