Cat dan Kimia

Cara Membersihkan Furnitur Sesudah Kebanjiran Sesuai Bahan Material Benda

Media
05 Nov 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Saat banjir datang, belum tentu kita bisa menyelamatkan semua furnitur yang ada sehingga furnitur tersebut terpaksa terendam banjir. Sesudah kebanjiran, bukan hanya rumah yang perlu dibersihkan tetapi furniture tadi juga harus segera dibersihkan. Sebisa mungkin lakukan pembersihan furnitur di halaman rumah agar mudah dibersihkan dan terkena sinar matahari.

Bukalah jendela-jendela rumah supaya udara segar dapat mengalir masuk. Hal ini juga dapat membantu mengurangi dan menghilangkan kelembapan yang terjadi pasca banjir. Membersihkan furntitur pasca banjir harus disesuaikan dengan jenis dan material furnitur itu sendiri. Berikut ini beberapa cara membersihkan furnitur kayu, palstik, logam, sofa, kasur, kain dan beerbagai jenis material pasca banjir.
 

Cara Membersihkan Furnitur Bahan Kayu Solid dan Kayu Olahan

Furnitur yang terbuat dari kayu solid lebih kuat dibandingkan yang terbuat dari kayu olahan. Furnitur kayu solid dapat digunakan kembali jika kayu tidak lapuk dan strukturnya masih kuat/kokoh. Furnitur dari kayu olahan seperti particle board, tripleks dan multipleks, yang rentan terhadap basah, biasanya tidak dapat digunakan kembali. Cara membersihkan:

  • Bersihkan seluruh permukaan furnitur dengan air, dan cairan disinfektan. Biarkan sampai cairan meresap dan furnitur kering sempurna.
  • Periksa dan perbaiki bagian yang rusak seperti paku atau mur (sebaiknya diberikan lapisan antikarat).
  • Lakukan coating ulang bisa berupa pelitur atau cat kayu agar furnitur tidak menjadi kusam.
     

Cara Membersihkan Furnitur Bahan Plastik dan Logam

  • Furnitur dari bahan plastik lebih mudah dibersihkan daripada yang berbahan logam.
  • Setelah dibersihkan dengan air dan cairan disinfektan, biarkan furnitur kering sempurna.
  • Khusus untuk bahan logam, setelah dibersihkan, berikan lapisan antikarat.
     

Cara Membersihkan Sofa dan Kasur

Sofa dan kasur cukup tahan terhadap air karena secara berkala dianjurkan untuk dicuci. Tetapi membersihkan sofa dan kasur yang terendam banjir tidaklah sama dengan pembersihan berkala karena air yang diserap lebih banyak dan mengandung lumpur. Perhatikan kondisi sofa dan kasur, apakah masih layak untuk dibersihkan atau tidak. Jika masih, cara membersihkannnya:

  • Bersihkan sofa dan kasur dengan air dan shampoo atau deterjen khusus. Gosok dengan sikat yang lembut hingga terbebas dari lumpur.
  • Perhatikan seitap sudut dan detail dari sofa dan bagian jahitan pada kasur. Kotoran biasanya menumpuk di bagian yang tersembunyi. Bersihkan kotoran menggunakan sikat kecil yang panjang, seperti sikat gigi.
  • Gunakan vacuum cleaner, jika ada, untuk menyedot kotoran lebih mendetil dan tuntas.
  • Semprotkan cairan disinfektan dan cairan pewangi agar sofa dan kasur higienis dan tidak berbau.
  • Pastikan sofa dan kasur bersih, tidak berbau, dan kering sempurna sebelum digunakan kembali.

Jika rumah sempat terendam banjir lebih dari satu hari, biasanya lemari-lemari gantung juga mengalami kelembapan di bagian dalamnya, walaupun posisinya tinggi di atas garis permukaan air banjir.

Sesudah membersihkan furnitur yang terkena atau terendam banjir, pastikan juga memeriksa kondisi lemari-lemari gantung tersebut. Bukalah dulu pintu-pintunnya sehingga terjadi pergantian udara. Kemudian bersihkan permukaan luar dan dalamnnya. Pastikan dalam kondisi kering. Selain untuk mencegah jamur dan bau tidak sedap, hal ini juga untuk mencegah pelapukan akibat material kayu yang lembap.

Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya