Pompa dan Pipa

9 Kreasi Pipa Paralon untuk Mempercantik Rumah Anda

Media
05 Agu 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Pipa bekas yang Anda miliki sebenarnya dapat menjadi sebuah barang bermanfaat apabila dibuat kreasi dari pipa paralon. Pipa tidak hanya digunakan untuk kebutuhan pembangunan saja, melainkan dapat menjadi barang berguna seperti rak sepatu, rangka jemuran, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang mungkin sedikit bingung bagaimana kreasi pipa paralon, simak informasi berikut ini.


9 Kreasi Pipa Paralon untuk Memperindah Rumah

Untuk mengurangi sampah pembangunan, membantu menjaga lingkungan, hingga mengurangi biaya pembelian perkakas, Anda dapat membuat kreasi dari pipa paralon menjadi berbagai benda yang dibutuhkan. Berikut merupakan contoh kreasi yang dapat Anda coba:

1. Tempat Tanaman Hidroponik

Tempat Tanaman Hidroponik dari Pipa Paralon

Pipa bekas yang Anda miliki dapat dikreasikan menjadi tempat tanaman hidroponik di rumah. Pipa dapat membantu memberikan ruang pengaliran air yang cukup pada tanaman sehingga membantu pertumbuhan yang lebih baik. Penggunaan pipa dapat dilakukan dengan menyusun pipa secara vertikal dan memberi lubang di atasnya.

Baca juga: 4 Cara Melepas Sambungan Pipa Paralon yang Terbukti Ampuh

2. Rak Sepatu

Rak Sepatu dari Pipa Paralon

Pipa juga dapat dikreasikan menjadi sebuah rak sepatu. Susun minimal 3 pipa secara rapi dan dengan ukuran yang sama dan buat menjadi beberapa rangka. Kemudian Anda dapat menyatukan rangka pipa tersebut secara bertingkat sehingga dapat dimanfaatkan untuk meletakkan sepatu agar lebih rapi. 

3. Lampu Hias

Kreasi Lampu dari Pipa Paralon

Bagi Anda yang ingin mempercantik ruang tamu atau ruangan lain dalam rumah, manfaatkan pipa paralon untuk menjadi lampu hias pada meja ruangan. Kreasi ini dapat Anda terapkan pada paralon dengan diameter yang cukup besar. 

Buat lubang kecil dengan bentuk sesuai keinginan dan tambahkan bohlam lampu pada bagian bawah, dengan demikian Anda telah mendapatkan lampu hias cantik untuk ruangan rumah.

Baca juga: 5 Cara Memasang Lampu Tumblr di Dinding Kamar Tanpa Paku

4. Tempat Alat Tulis

Tempat Alat Tulis dari Pipa Paralon

Pipa paralon segala ukuran dapat Anda manfaatkan sebagai tempat alat tulis seperti pensil, pulpen, spidol, dan lain sebagainya. Hanya dibutuhkan dekorasi kecil seperti memberikan alas pada pipa, pemberian warna dan dipotong sesuai dengan ketinggian yang diinginkan. Sehingga alat tulis akan terlihat lebih rapi dan mudah untuk mengambil dan meletakkan. 

5. Tempat Alat Make up

Tempat Alat Make up

Serupa dengan sebelumnya, pipa yang dibuat dengan model seperti tempat alat tulis juga dapat dimanfaatkan untuk menjadi tempat alat make up seperti kuas, lipstick, dan berbagai perlengkapan lainnya.

Baca juga: Apa Saja Jenis Pipa PVC dan Fungsinya yang Perlu Diketahui? 

6. Rangka Backdrop

Rangka Backdrop

Bagi Anda yang hobi membuat konten atau sekedar berfoto menggunakan backdrop, pipa paralon juga dapat digunakan sebagai rangka untuk meletakkan backdrop. Anda cukup menyambungkan pipa menjadi satu dan membuat penyangga pada bagian bawah pipa, dengan begitu Anda tidak perlu lagi menempelkan backdrop pada tembok dan tidak lagi khawatir backdrop terlepas saat sedang digunakan.

7. Jemuran

Jemuran Pipa

Pipa paralon juga dapat dimanfaatkan sebagai rak jemuran baju yang ekonomis namun tetap kokoh. Pipa paralon sebagai rak jemuran dapat dikreasikan menjadi dua fungsi yaitu sebagai tiang saja dan dipadukan dengan tali jemuran atau menjadi kerangka keseluruhan. Apabila jumlah pipa paralon yang tersisa cukup banyak, Anda dapat memilih opsi rangka agar lebih kokoh.

Baca juga: Begini Cara Mengetahui Ukuran Diameter Pipa PVC dengan Tepat

8. Rak Serbaguna

Rak Serbaguna

Kebutuhan rak pada rumah baru seringkali menguras biaya yang cukup banyak. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat memanfaatkan pipa paralon yang dibuat menjadi rak serbaguna dan dapat digunakan untuk meletakkan buku, skincare, dan berbagai perkakas lainnya. 

9. Pagar Rumah

Pagar Pipa Paralon

Selain beberapa kebutuhan rumah di atas, pipa paralon dapat menjadi pagar rumah yang unik. Anda hanya membutuhkan sejumlah paralon yang cukup untuk menutup bagian rumah sesuai keinginan, kemudian pasangkan dengan rapat agar tidak mudah lepas. Untuk memperindah tampilan pagar, Anda juga dapat menggunakan cat untuk memberikan warna sesuai selera.

Baca juga: 4 Rekomendasi Merk Pipa PVC Terbaik untuk Pembangunan Rumah

Cara Membuat Meja dari Pipa Paralon

Selain 9 kreasi dari pipa paralon di atas, terdapat kreasi lain yang dapat dicoba untuk memanfaatkan pipa paralon yaitu meja. Berikut merupakan cara membuat meja dari pipa paralon:

Menyiapkan Alat dan Bahan

Sebelum mulai membuat meja, tentu terdapat bahan dan alat yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Untuk membuat sebuah meja dari pipa paralon, alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain:

  1. 1 buah Papan dengan ukuran 1 m x ½ m 
  2. 4 buah sambungan T 90° diameter 1 ¼ inci
  3. 10 buah sambungan T/Tee standard diameter 1 ¼ inci
  4. 2 buah cross joint 1  Â¼ inci
  5. 2 buah pipa paralon diameter 1 ¼ inci

Cara Membuat 

Apabila seluruh alat dan bahan telah tersedia, Anda dapat mulai membuat meja dengan pipa paralon dengan menggunakan cara berikut ini:

  1. Potong pipa dengan ketentuan panjang 40 cm sebanyak 14  buah, dan panjang 18 cm sebanyak 6 buah.
  2. Kemudian rangkai bagian bawah meja terlebih dahulu dengan menyambungkan 6 buah pipa berukuran 40 cm dengan 2 buah tee standard di bagian tengah dan 4 buah T 90° pada setiap sisi.
  3. Selanjutnya, pasangkan 6 buah pipa 40 cm lainnya pada setiap T 90° dan menyambungkan 2 buah pipa 40 cm berikutnya beserta sebuah cross joint pada tee standard yang berada di setiap ujungnya.
  4. Lalu gunakan pipa dengan panjang 18 cm sebanyak 6 buah untuk menjadi penyangga meja agar lebih kuat. Pasangkan pipa 18 cm dalam posisi melintang pada setiap kaki meja. 
  5. Terakhir, Anda dapat meletakan papan pada bagian atas rangka agar menjadi meja yang sempurna dan dapat digunakan untuk meletakkan barang. Anda dapat menambahkan pelat besi dengan sekrup untuk mengencangkan papan dengan rangka meja. 

Itulah tadi berbagai ide untuk mempercantik rumah Anda dengan menggunakan pipa paralon. Anda dapat membuat berbagai kreasi di atas untuk mengisi waktu luang dan menciptakan berbagai barang yang unik serta menarik. Apabila membutuhkan informasi harga pipa paralon untuk membuat berbagai kerajinan, Anda bisa mendapatkannya di Klopmart. 

Sekian informasi kreasi dari pipa paralon ini, hubungi Klopmart sekarang juga untuk mendapatkan pipa paralon berkualitas dan terjangkau.


Inspirasi Lainnya

7 Cara Penempatan Tandon Air di Dalam Rumah (Panduan Lengkap)

Home & Living

7 Cara Penempatan Tandon Air di Dalam Rumah (Panduan Lengkap)

Selengkapnya
10 Cara Membersihkan Tandon Air yang Berlumut, Dijamin Efektif!

Tips & Trik

10 Cara Membersihkan Tandon Air yang Berlumut, Dijamin Efektif!

Selengkapnya
8 Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk Shower yang Inspiratif

Home & Living

8 Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk Shower yang Inspiratif

Selengkapnya
Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya
whatsappweb