Pompa dan Pipa

4 Cara Melepas Sambungan Pipa Paralon yang Terbukti Ampuh

Media
30 Jul 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Cara melepas sambungan pipa paralon sebenarnya bisa dilakukan dengan langkah sederhana, tetapi mampu memberikan hasil yang efektif. Langkah ini sangat berguna saat Anda menemukan kesalahan pada konstruksi pipa yang sedang dibangun. Anda tidak perlu panik dan mencari cara yang lebih ribet karena ada solusi yang lebih mudah dan pastinya manjur untuk diterapkan.

Sekilas Tentang Pipa Paralon atau PVC

Di antara semua material bangunan, pipa paralon paling sering dimanfaatkan untuk berbagai keperluan rumah. Bahan yang disebut pula dengan pipa polivinil klorida atau PVC ini kerap disusun dengan cara disambung satu sama lain hingga membentuk rangkaian yang panjang.

Banyak sekali alasan orang memilih pipa paralon sebagai material yang pas untuk melengkapi kebutuhan konstruksi di rumah mereka. Kendati harganya murah dan mudah ditemukan, pipa paralon mudah dipasang dan diaplikasikan untuk beberapa fungsi. Ya, Anda tidak akan kesulitan memotong pipa paralon, kemudian menyambungkannya dengan potongan pipa lainnya.

Pipa paralon sering dimanfaatkan untuk membangun saluran air, baik untuk sanitasi maupun saluran pembuangan. Walaupun terbuat dari PVC, jenis pipa ini tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang bereaksi apabila terpapar zat lainnya. Air yang dialirkan justru jernih sehingga tetap aman digunakan untuk keperluan apa saja, termasuk membersihkan rumah.

Baca juga: 4 Rekomendasi Merk Pipa PVC Terbaik untuk Pembangunan Rumah

4 Cara Melepas Sambungan Pipa Paralon atau PVC

Beberapa orang menemukan kesalahan pada sambungan pipa paralon atau PVC dalam sebuah konstruksi. Ada pula yang ingin melakukan renovasi atau perbaikan di area yang dilalui oleh pipa paralon.

Alhasil, Anda harus melepaskan rangkaian tersebut, padahal sudah menempel erat satu sama lainnya. Kondisi tersebut kian sulit apabila pemasangan pipa paralon dilengkapi dengan penggunaan lem super kuat. Tentunya, Anda makin frustrasi karena pipa paralon tidak mau lepas dari rangkaiannya, bukan?

Kabar bagusnya, solusi ini bisa diatasi dengan langkah paling sederhana. Anda tidak memerlukan gergaji atau peralatan tajam untuk menyelesaikan masalah ini. Manfaatkan saja bahan-bahan sederhana yang bisa ditemukan di garasi atau rumah Anda untuk mengurai susunan pipa paralon di rumah.

Ada tiga bahan yang bisa digunakan, yaitu oli mobil, minyak kayu putih, dan air panas. Siapkan juga kain lap atau sikat gigi bekas untuk mengaplikasikan bahan tersebut ke pipa paralon. 

Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Gunakan Oli Mobil

Oli kendaraan seperti motor atau mobil yang masih tersedia di garasi Anda dapat dimanfaatkan untuk mengurai sambungan pipa paralon. Langkahnya sangat sederhana, Anda cukup meneteskan oli mobil ke atas kain lap, kemudian mengusapnya pada sambungan pipa yang ingin dicabut.

Saat dioleskan, pastikan ada oli yang masuk ke dalam sela-sela ikatan pipa agar bisa bekerja. Usapkan kain lapnya terus-menerus sampai Anda bisa mencopot sambungan pipa PVC dengan mudah.

Baca juga: 7 Cara Membuat Bak Kontrol Saluran Air yang Baik dan Benar

2. Manfaatkan Minyak Kayu Putih

Siapa sangka, minyak kayu putih bisa menjadi ‘obat manjur’ untuk melepaskan sambungan pipa paralon. Obat ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan lem yang menempel erat. Langkahnya sama seperti mengoleskan oli mobil, yaitu Anda perlu mengusap kain yang telah dibalur minyak kayu putih ke permukaan pipa paralon yang ingin dilepaskan. 

Pastikan minyak kayu putih menyebar secara merata pada kedua bagian pipa tersebut, termasuk bagian tempelan lemnya. Setelahnya, cobalah menarik pipa tersebut secara perlahan hingga sambungannya terlepas.

3. Oleskan Minyak Angin

Selain minyak kayu putih, Anda pun dapat memanfaatkan minyak angin sebagai solusinya. Bedanya, Anda harus meneteskan minyaknya langsung pada sambungan pipa. Setelah ditetesi minyak angin, biarkan selama 10 menit supaya minyak angin bekerja dalam melepaskan rekatan lemnya.

Berikutnya, cobalah melepaskan sambungan pipa dengan cara mengetuknya. Gunakan palu dan ketuk perlahan sambungan pipa tersebut sampai terbuka. Pilihan lainnya adalah menggunakan metode buka tutup pipa.

Baca juga: Begini Cara Memasang Talang Air dari Pipa Paralon

4. Aplikasikan Air Panas

Air panas yang mendidih dapat menyebabkan pemuaian partikel pada pipa. Proses pemuaian ini akan memudahkan pelepasan sambungan pipa dari tempelan lem yang sangat kuat.

Tips ini sangat berbeda daripada tiga metode sebelumnya. Anda harus merendam bagian sambungan pipa paralon yang ingin dilepaskan selama 3-5 menit. Tunggu sampai pipa mulai membesar akibat proses pemuaian, barulah Anda bisa mencoba untuk melepaskannya. Ulangi langkah ini apabila Anda masih belum berhasil mencopot sambungannya.

Empat langkah di atas memang terlihat mudah, tetapi diperlukan kesabaran dan banyak waktu saat dieksekusi. Barangkali Anda harus mengusap oli atau minyak secara berkali-kali atau merendam pipa lebih lama di dalam air panas sampai sambungannya berhasil dipisahkan.

Pipa paralon yang sudah berhasil dilepaskan memang masih bisa didaur ulang sebagai bahan kerajinan tangan. Namun, Anda harus menggunakan pipa baru jika ingin membangun kembali beberapa fitur atau konstruksi penting dalam rumah, khususnya saluran air. Pipa paralon baru tentu masih terjaga kualitasnya karena belum pernah digunakan sama sekali, sehingga aman bila diaplikasikan sebagai fitur konstruksi.

Baca juga: Cara Mengatasi Saluran Air Mampet dengan Cepat

Anda ingin mendapatkan pipa PVC dan branch-nya secara online tanpa harus berkunjung ke toko bangunan? Kunjungi saja website Klopmart, e-commerce material bangunan terbesar di Indonesia. Anda bisa memperoleh harga pipa air Rucika yang terjangkau dengan kualitas produk yang tidak lagi diragukan. Tertarik untuk mendapatkan produknya? Hubungi Klopmart segera dan rasakan kemudahan berbelanja bahan bangunan secara online.

Jangan khawatir apabila terjadi kesalahan dalam konstruksi pipa. Lakukan saja salah satu cara melepas sambungan pipa paralon yang telah dibagikan di atas sebagai solusi paling ampuh untuk masalah ini.

Sumber artikel:

  • https://www.dekoruma.com/artikel/77682/manfaat-pipa-pvc 
  • https://www.ketikanku.com/2018/02/cara-membuat-talang-dari-pipa-paralon.html 
  • https://arafuru.com/perawatan/cara-ampuh-melepaskan-sambungan-pipa-pvc.html 
  • https://nonblok.com/10095/cara-melepas-sambungan-pipa-pvc-yang-sudah-di-lem/

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya