Lampu & Listrik

5 Cara Memasang Lampu Tumblr di Dinding Kamar Tanpa Paku

Tanpa harus mengganti cat dinding atau memasang wallpaper, Anda bisa mengubah dekorasi kamar dengan menggunakan lampu tumblr. Lampu tumblr ini memang sederhana, namun mampu memberikan nuansa yang berbeda dari sebelumnya. Anda bisa memasangnya sebagai dekorasi kamar yang digantung di dinding, meja, dan lemari.

Pemasangannya pun cukup mudah, bisa dipastikan Anda bisa melakukannya sendiri. Artikel kali ini akan membahas tentang cara memasang lampu tumblr di dinding kamar tanpa paku. Namun sebelum itu, pahami dulu seperti apa lampu tumblr itu.

Apa Itu Lampu Tumblr?

Apa Itu Lampu Tumblr

Lampu tumblr atau string lights adalah lampu hias yang disambungkan oleh kabel yang panjang. Cirinya yaitu terdiri dari beragam lampu-lampu kecil (lampu LED/Light-emitting diode). Saat ini, lampu tumblr terlah banyak digunakan di dalam maupun luar ruangan, hal ini karena lampu tumblr dapat memberikan kesan estetis.

Selain nyaman dipandang, lampu tumblr sangat mudah dibentuk, menjadikan lampu ini sebagai salah satu jenis lampu favorit untuk digunakan dalam hal dekorasi. Tidak hanya itu, lampu tumblr ini pun relatif lebih murah dan mudah ditemukan.

Bahkan Anda tidak perlu bingung, karena lampu tumblr memiliki banyak varian warna dan ukuran. Di pasaran, ukuran lampu tumblr bisa mencapai 10 meter.

Baca juga: Jenis Lampu Listrik yang Ada di Pasaran

Cara Memasang Lampu Tumblr di Dinding Kamar Tanpa Paku

Secara umum lampu tumblr bisa dipasang dengan dan tanpa paku. Untuk menghindari kerusakan dinding kamar Anda bisa memasang lampu tumblr tanpa paku. Lalu, bagaimana cara memasang lampu tumblr di dinding tanpa paku? mari kita bahas caranya di sini.

Berikut ini 5 cara memasang lampu tumblr di dinding kamar tanpa paku, yaitu:

1. Menggunakan adhesive hook

Menggunakan adhesive hook

Adhesive hook adalah peralatan yang bisa Anda gunakan untuk memasang lampu tumblr di dinding kamar tanpa paku. Tidak seperti paku yang meninggalkan bekas pada dinding, adhesive hook ini tidak meninggalkan jejak apapun pada dinding kamar pasca pemasangan lampu tumblr.

Cara memasangnya pun cukup mudah, Anda cukup letakkan adhesive hook pada dinding yang akan dipasang lampu tumblr.

Adhesive hook ini merupakan peralatan populer yang banyak digunakan untuk menghias kamar dengan lampu tumblr. Anda bisa mendapatkannya di beberapa tempat, seperti Klopmart. Adhesive hook memiliki banyak ukuran, sehingga Anda bisa menyesuaikannya sendiri dengan ukuran lampu tumblr yang dipasang.

Berikut beberapa langkah yang bisa Anda terapkan dalam cara memasang lampu tumblr di dinding kamar tanpa paku:

  • Siapkan lampu tumblr dan adhesive hook.

  • Pasang adhesive hook pada dinding. Pastikan Anda terlebih dahulu sudah membuat pola pemasangan lampu tumblr di dinding. Letakkan adhesive hook mengikuti pola yang sudah dibuat. Pastikan Anda memasangnya dengan sejajar.

  • Jika adhesive hook sudah menempel sempurna, kaitkan rangkaian lampu tumblr mengikuti letak adhesive hook di dinding.

  • Jika sudah, Anda bisa menyambungkan lampu tumblr dengan listrik dan jadilah hiasan dekorasi kamar yang cantik.

Baca juga: Cara Cegah Korsleting Listrik dan Tangani Bau Kabel Terbakar

2. Menggunakan selotip

Menggunakan selotip

Jika tidak memiliki adhesive hook dan ingin lebih menghemat biaya pemasangan lampu tumblr di dinding rumah, Anda bisa menggunakan selotip. Ini adalah cara termudah yang bisa Anda lakukan untuk memasang lampu tumblr di dinding kamar tanpa paku.

Namun, cara memasang lampu tumblr di dinding kamar tanpa paku ini akan meninggalkan bekas yang sama dengan paku. Jadi, pastikan Anda menggunakan cat dinding yang kuat dan tidak mudah tergores oleh selotip.

Begini cara memasangnya:

  • Buat pola pada dinding kamar yang akan dipasangi lampu tumblr.

  • Setelah pola pemasangan lampu tumblr selesai, Anda bisa mulai merangkai lampu di dinding.

  • Perlahan-lahan, pasang kabel lampu tumblr sesuai dengan pola yang telah dibuat.

  • Ambil selotip dan gunakan untuk merekatkan kabel lampu tumblr. Supaya lebih mudah, Anda bisa terlebih dahulu memotong-motong selotip ke dalam beberapa bagian dan merekatkannya langsung ke dinding kamar.

  • Saat lampur tumblr sudah terpasang sempurna, maka proses mendekorasi kamar telah selesai.

3. Menggantung di tirai jendela

Menggantung di tirai jendela

Cara memasang lampu tumblr di dinding kamar tanpa paku yang terakhir dan paling mudah adalah dengan menggantungnya di tirai jendela. Lampu tumblr yang digantungkan di tirai jendela akan menjadi dekorasi tersendiri di dalam kamar.

Cara ini juga cukup mudah dan Anda tidak membutuhkan bahan apa-apa lagi selain lampu hias tumblr. Begini caranya:

  • Siapkan lampu tumblr yang akan dipasang.

  • Pastikan letak tirai jendela Anda dekat dengan stop kontak sehingga lebih mudah menyambungkan lampu ke sumber listrik.

  • Pada bagian bingkai jendela dan tongkat tirai jendela, Anda bisa menggantungkan lampu tumblr.

  • Supaya lebih indah dan menarik, Anda bisa melilitkan ke beberapa bagian jendela. Mulai pemasangan dari bawah, lalu ke atas jendela, dan kembali lagi ke bawah.

  • Anda juga bisa melilitkan beberapa bagian lampu tumblr di tongkat jendela atau Anda juga dapat menghubungkannya pada kelambu kamar tidur.

Baca juga: Tips Menghemat Listrik di Rumah

4. Memasang lampu tumblr di headboard

Memasang lampu tumblr di headboard

Cara selanjutnya adalah pasang lampu tumblr di dinding headboard Anda untuk menjadikannya sebagai focal point. Tentunya hal tersebut akan terkesan unik dan menarik. Untuk memasang lampu tumblr tersebut, Anda bisa melilitkan atau menggantungnya secara vertikal maupun horizontal.

Selain itu, Anda dapat menempelkan lampu tumblr di headboard dengan menggunakan bantuan adhesive hook atau selotip. Caranya mirip dengan cara pertama, yang perlu Anda pikirkan hanyalah pola. Agar tidak monoton Anda bisa membentuk lekukan-lekukan sehingga lebih menarik.

5. Memasang lampu tumblr di dinding cermin

Memasang lampu tumblr di dinding cermin

Cara memasang lampu tumblr di dinding kamar tanpa paku yang terakhir adalah memasangnya di cermin dinding Anda.

Lampu hias ini akan memberikan kesan yang menawan di dinding kamar Anda. Pantulan lampu dapat membantu pencahayaan ruangan Anda, khususnya saat Anda berdandan.

Cara memasangnya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengaitkan lampu tumbler mengikuti bingkai dari cermin Anda yang telah terpasang di dinding dan rekatkan menggunakan adhesive hook atau selotip.

Baca juga: 5 Lampu untuk Kamar Tidur Anda

Kesimpulan

Mudah sekali bukan, cara memasang lampu tumblr di dinding kamar tanpa paku? Cara ini sangat aman dan tidak membutuhkan peralatan yang rumit untuk melakukannya. Anda pasti bisa melakukannya sendiri.

Klopmart juga menyediakan berbagai peralatan listrik dengan harga yang terjangkau untuk rumah Anda seperti Philips Lampu Smart Wifi LED 9W. Selain cara pesannya yang mudah, pesanan Anda juga akan diantar langsung ke alamat yang Anda tentukan.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Media
Admin Klopmart
30 Jun 2022
Inspirasi Lainnya
4 Rekomendasi Cat untuk Tembok Lembab Paling Manjur

Tips & Trik

4 Rekomendasi Cat untuk Tembok Lembab Paling Manjur

Selengkapnya
Gampang! Berikut Cara Menghilangkan Bekas Semen di Keramik

Lampu & Listrik

Gampang! Berikut Cara Menghilangkan Bekas Semen di Keramik

Selengkapnya
Mengenal Atap Fiber, Jenis, dan Kelebihannya

Atap & Lantai

Mengenal Atap Fiber, Jenis, dan Kelebihannya

Selengkapnya