Konstruksi

Tabel Ukuran Pipa PVC: Jenis AW, D, C dan Cara Memilihnya!

Media
22 Feb 2024

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Sebelum Anda membeli pipa PVC atau pipa paralon, Anda harus mengetahui tabel ukuran pipa PVC terlebih dahulu. Pada artikel ini, kami akan membahas tentang jenis-jenis dari pipa PVC serta tabel ukuran pipa PVC agar Anda tidak salah ukuran ketika membelinya.

Apa Saja Jenis-Jenis Pipa PVC?

Sebelum membahas tabel ukuran pipa PVC, Anda harus mengenal jenis-jenis dari pipa PVC itu sendiri terlebih dahulu. Ada tiga jenis pipa PVC yang bisa Anda gunakan, antara lain:

1. Pipa PVC Kelas AW

Pipa PVC dengan kelas AW merupakan jenis pipa yang paling tebal. Pipa jenis ini mampu menahan tekanan hingga 10 kg per cm2.

Pipa ini sangat cocok digunakan sebagai saluran air bertekanan tinggi atau saluran yang menggunakan pompa air seperti saluran air bawah tanah, air ledeng, dan saluran pasokan air bersih untuk rumah tangga lainnya.


2. Pipa PVC Kelas D

Pipa PVC dengan kelas D biasanya digunakan untuk saluran air dengan tekanan menengah hingga rendah. Pipa jenis ini memiliki tebal dinding yang sedang, sehingga tidak cocok digunakan untuk saluran air bertekanan tinggi.

Pipa PVC kelas D mampu menahan tekanan hingga 5 kg per cm2. Karena ketebalan dan ketahanannya yang lebih kecil, harga pipa ini juga lebih murah dibandingkan pipa PVC kelas AW. Umumnya pipa jenis ini digunakan sebagai saluran pembuangan air rumah tangga.

3. Pipa PVC Kelas C

Pipa PVC dengan kelas C adalah pipa PVC dengan ketebalan paling tipis. Pipa ini bisa digunakan sebagai saluran pembuangan air limbah rumah tangga, namun biasanya lebih sering digunakan sebagai pelindung kabel listrik. Harganya juga lebih murah dari dua jenis pipa PVC sebelumnya.

Baca Juga: Jenis-Jenis Pipa Saluran Air

Ukuran Pipa PVC Sesuai Jenisnya

Ukuran pipa PVC disesuaikan dengan jenisnya. Setelah mengetahui jenisnya, barulah kita bisa mengetahui ukuran pipa PVC yang sebaiknya kita gunakan.

Berikut ukuran diameter pipa PVC menurut jenisnya:

Jenis

Ukuran

AW

D

C

-

-

C ⅝”

17 mm

AW ½”

-

C ½”

22 mm

AW ¾”

-

C ¾”

26 mm

AW 1”

- 

C 1”

32 mm

AW 1 ¼”

D 1 ¼”

C 1 ¼”

42 mm

AW 1 ½”

D 1 ½”

C 1 ½”

48 mm

AW 2”

D 2”

C 2”

60 mm

AW 2 ½”

D 2 ½”

C 2 ½”

76 mm

AW 3”

D 3”

C 3”

89 mm

AW 4”

D 4”

C 4”

114 mm

AW 5”

D 5”

C 5”

140 mm

AW 6”

D 6”

-

165 mm

AW 8”

D 8”

-

216 mm

AW 10”

D 10”

-

267 mm

 

Cara Memilih Pipa PVC

Berikut ini tips memilih ukuran pipa PVC yang tepat:

1. Pahami kebutuhan Anda

Setelah mengetahui apa saja jenis dan ukuran pipa PVC, Anda harus memilih pipa PVC sesuai dengan peruntukannya. Harap diingat:

  • Jangan menggunakan pipa PVC kelas C untuk saluran air bertekanan tinggi, karena itu tidak akan berhasil. Jika ingin menggunakan pipa untuk saluran air bertekanan tinggi seperti instalasi air bawah tanah dan sebagainya, gunakan pipa PVC dengan kelas AW.
  • Jika Anda bertujuan untuk membuat saluran air bertekanan sedang seperti saluran pembuangan, Anda dapat menggunakan pipa PVC kelas D.
  • Sedangkan untuk pipa PVC kelas C, sebaiknya hanya digunakan sebagai pelindung kabel listrik.

2. Tentukan Bentuk dan Panjang Pipa PVC

Selain mengetahui jenis pipa PVC yang Anda butuhkan, Anda juga harus memperhatikan bentuknya. Hal ini merupakan salah satu bagian penting karena dapat memperngaruhi penggunaan sambungan pipa PVC Anda.

Baca juga: 8 Jenis Sambungan Pipa PVC

Untuk panjang pipa PVC yang tersedia di pasaran biasanya dengan panjang 4 meter per batang. Jadi, kalau Anda membutuhkan panjang pipa PVC 12 meter berarti Anda perlu membeli 3 batang pipa PVC.

3. Pilih Pipa yang Berkualitas

Saat pergi ke toko bangunan, Anda mungin akan dihadapkan dengan beragam produk pipa PVC, seperti pipa PVC Rucika. Pipa Rucika dapat Anda pilih karena beragam keunggulannya seperti dibuat dengan standar JIS (Japan Industrial Standard) dan telah tersertifikasi ISO 9001 (mutu).

Baca juga: 6 Keunggulan Pipa Rucika yang Layak Dipertimbangkan

Standarisasi Pipa

Di dunia, pipa memiliki standarisasi yang berbeda-beda. Umumnya, ada 4 macam standarisasi pipa yang dikenal di Indonesia, meliputi SNI, JIS, BS, dan ASTM. Berikut ini penjelasannya:

1. SNI

SNI atau Standar Nasional Indonesia adalah standarisasi industri yang dikeluarkan oleh otoritas Panitia Teknis yang ditetapkan oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN). Standar SNI berlaku nasional yaitu di seluruh wilayah yang termasuk di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. JIS

Standarisasi pipa selanjutnya yaitu JIS. Standar JIS atau Japanese Industrial Standards mengatur standarisasi kegiatan industri Jepang. Standarisasi ini dikoordinasi oleh Komite Standar Industri Jepang yang dirilis oleh Japanese Industrial Standards Association (JSA).

Sudah tidak diragukan lagi, Jepang memiliki produk-produk yang berkualitas tinggi seperti produk pipa PVC Rucika.

Baca juga: 4 Rekomendasi Merk Pipa PVC Terbaik untuk Pembangunan Rumah

3. BS

Selain SNI, JIS, dan ASTM terdapat juga badan yang mengatur standar di seluruh wilayah Kerajaan Inggris beserta negara-negara persemakmurannya (commonwealth).

Badan tersebut bernama British Standard Institution (BSI) dan standar yang diatur disebut BS atau British Standards. Standar/spesifikasi pipa dibuat berdasarkan aspek rekayasa, sistem kualitas, keselamatan, dan keamanan.

4. ASTM

ASTM atau American Society for Testing and Material adalah standar yang didirikan oleh para insinyur dan ilmuwan Amerika Serikat pada tahun 1898. Awalnya berjutuan untuk membuat suatu standar baku untuk rel kereta api saat industri perkeretaapian sedang berkembang pesat.

Perlu Anda ketahui bahwa standarisasi ini adalah yang paling tua, sebelum BS dan saat ini digunakan oleh negara negara maju dan negara-negara berkembang, selain wilayah negara Amerika Serikat sendiri.


Kesimpulan

Jika Anda sedang mencari agen pipa PVC Rucika, Anda bisa membelinya di Klopmart. Tidak perlu mengantre, Anda bisa berbelanja secara online dan barang akan langsung dikirimkan ke lokasi yang ditentukan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi website Klopmart. Semoga artikel tentang tabel ukuran pipa PVC ini dapat membantu.

Baca Juga: Mengenal Fungsi Pipa PVC dan Jenis-Jenisnya

Sumber artikel:

  • https://www.klopmart.com/article/detail/6-keunggulan-pipa-rucika-yang-layak-dipertimbangkan
  • https://www.klopmart.com/article/detail/standarisasi-pipa-air

Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya