Begini Cara Mengetahui Ukuran Diameter Pipa PVC dengan Tepat

“Bagaimana cara mengetahui ukuran diameter pipa PVC yang tepat?”, kemungkinan besar Anda bertanya demikian karena sedang mengerjakan suatu saluran air atau hal lainnya yang berhubungan dengan pemasangan pipa PVC. Seperti yang Anda ketahui, pipa PVC memiliki ukuran diameter dan ketebalan yang berbeda-beda. 

 

Sebelum Anda mengukur ukuran dari pipa PVC yang perlu Anda gunakan, Anda harus terlebih dahulu mengukur lubang pada tempat yang akan Anda pasangkan pipa PVC tersebut. Jika sudah, tentukanlah ketebalan yang ingin Anda gunakan untuk saluran tersebut. Ada beberapa rekomendasi pemakaian ketebalan berdasarkan fungsinya. 

 

Jika Anda sedang mengerjakan pemasangan pipa untuk saluran air (dari PAM atau tandon air), ada baiknya Anda menggunakan pipa yang paling tebal yakni kelas AW. Jika Anda mengerjakan pemasangan pipa untuk saluran pembuangan air limbah atau air kotor, Anda dapat menggunakan pipa kelas D. Pipa kelas D sudah cukup untuk mengalirkan air dengan tekanan yang tidak terlalu besar, karena pipa kelas D memiliki ketebalan yang sedang. 

 

Apabila Anda sedang mengerjakan instalasi listrik, kelas C paling cocok untuk Anda gunakan. Hal ini karena kelas C merupakan pipa dengan ketebalan yang paling tipis, sehingga cocok digunakan sebagai pelapis kabel instalasi listrik. Jika Anda sudah mengetahui ukuran tempat pemasangan pipa dan sudah menentukan ketebalannya, maka Anda siap untuk menghitung ukuran diameter pipa PVC rumah Anda. 

3 Cara Mengetahui Ukuran Diameter Pipa PVC dengan Tepat dan Mudah

Umumnya, ukuran diameter pipa PVC sudah tersedia di toko material. Jika Anda sudah mengetahui ukuran diameter tempat pemasangan pipa di rumah Anda, maka tidak sulit untuk memilih ukuran pipa PVC yang sesuai. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan daftar ukuran yang ada. Namun sekiranya Anda masih bingung menentukannya, Anda bisa menggunakan alat-alat berikut untuk mengetahui ukuran dari pipa PVC.

1. Ukur Dengan Penggaris

Alat pertama yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui ukuran pipa adalah dengan penggaris. Umumnya setiap pipa menggunakan satuan ukur inci, namun tidak menutup kemungkinan untuk mengukurnya dengan satuan ukur cm. Anda hanya perlu menaruh penggaris dan menyesuaikannya pada bagian tengah dari lubang pipa. Lalu hitung ujung yang satu dari 0 hingga mencapai ujung yang lainnya. Dengan begitu Anda dapat mengetahui ukuran diameter dari pipa PVC. 

2. Ukur Dengan Pita Meter

Kedua, Anda dapat menggunakan pita meter yang biasanya digunakan oleh tukang jahit untuk mengukur ukuran badan seseorang. Dengan material yang fleksibel, Anda jadi bisa menghitung diameter pipa PVC bagian dalam dan luar dengan sangat mudah. Anda hanya perlu memasukkan pita meter ke dalam lubang pipa PVC, dan ukur sesuai dengan bentuk lingkarannya. 

 

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengetahui Ukuran Pipa PVC?

 

Memasukkan pita ke dalam lubang pipa PVC yang digunakan untuk menghitung diameter pipa bagian dalam. Jika Anda ingin menghitung bagian luar, Anda hanya perlu melilitkan pita meter pada pipa PVC di bagian luar. Jika semua angka diameter bagian dalam dan luar sudah didapatkan, kini Anda bisa menghitungnya dengan menggunakan rumus keliling diameter lingkaran, yaitu K= ? x d. 

3. Ukur Dengan Mikrometer

Terakhir, Anda bisa juga menggunakan alat mikrometer. Jika Anda memiliki alat ini, Anda tidak perlu lagi menggunakan rumus atau mengira-ngira bagian tengah dari pipa untuk mengukurnya dengan akurat. Anda hanya perlu menyesuaikan ukuran mikrometer dengan ketebalan pipa PVC yang ingin Anda ukur. Jika sudah, masukkan pipa PVC di antara anvil dan spindle mikrometer, lalu Anda akan mendapatkan ukuran dari pipa PVC tersebut.

 

Baca Juga: 4 Rekomendasi Merk Pipa PVC Terbaik untuk Pembangunan Rumah

 

Jika Anda tidak mau pusing dalam mengukur pipa PVC yang ingin Anda gunakan, Anda dapat langsung memilihnya di KlopMart. Anda hanya perlu menentukan jenis ketebalan pipa mana yang ingin Anda gunakan, lalu pilih ukuran diameter yang telah tersedia. KlopMart sebagai toko bahan bangunan online yang lengkap, bisa juga Anda definisikan sebagai agen pipa PVC Rucika

Ini karena KlopMart menyediakan banyak varian pipa Rucika yang siap untuk memenuhi kebutuhan Anda. Kunjungi website KlopMart sekarang! Tidak hanya bahan-bahan material, semua artikel berguna seperti penjelasan cara mengetahui ukuran diameter pipa PVC di artikel ini, bisa Anda temukan di website KlopMart.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya