3 Jenis Pipa PVC dan Fungsinya yang Perlu Diketahui

Jenis pipa PVC dan fungsinya cukup beragam. Meskipun tujuannya sama yakni untuk mengalirkan air, namun penggunaannya dibedakan berdasarkan beberapa aspek. Hal inilah yang akan kita bahas pada artikel ini. Pipa PVC sendiri seringkali dipilih sebagai alternatif dari pemakaian pipa besi yang tidak tahan lama saat terkena air. 

 

Material besi yang mengalami korosi, jika dibiarkan terlalu lama akan keropos dan mengakibatkan kebocoran yang akan sulit ditangani. Pipa PVC sendiri terbuat dari PolyVinyl Chloride, yang memungkinkan pipa tersebut menjadi tahan air dan ringan. Dengan sekilas penjelasan sebelumnya, apakah Anda sudah semakin penasaran dengan jenis pipa PVC dan fungsinya? Kalau begitu, langsung saja kita simak jenisnya di bawah ini. 



3 Jenis Pipa PVC dan Fungsinya Untuk Rumah Anda

Seperti yang sudah disebutkan pada bagian awal, pipa PVC memiliki berbagai jenis yang bisa kita bedakan berdasarkan beberapa aspek, seperti ketebalan, ukuran, dan bentuknya. Berikut ini adalah penjelasan dari setiap jenisnya. 

 

Baca juga: 6 Keunggulan Pipa Rucika yang Layak Dipertimbangkan

1. Jenis Pipa PVC Berdasarkan Ketebalan

Berdasarkan ketebalannya, pipa PVC terbagi menjadi tiga kelas. Ada kelas AW, kelas D dan kelas C. Pipa kelas AW merupakan pipa yang paling tebal jika dibandingkan yang lainnya. Dengan ketebalannya, pipa kelas AW mampu menahan tekanan air hingga 10 kg per cm2. Pipa kelas AW biasanya digunakan untuk menyalurkan air bersih karena dapat menahan tekanan yang kuat dari pompa air dan dari ketinggian tandon air. 

 

Pipa kelas D memiliki ketebalan yang sedang. Pipa kelas D, mampu menahan tekanan air hingga 5 kg per cm2. Ketebalan pipa kelas D yang sedang, biasanya digunakan sebagai saluran air limbah dan air kotor. Terakhir, yaitu kelas C, merupakan pipa yang memiliki ketebalan paling rendah atau paling tipis. Dengan ketebalannya yang tipis, pipa kelas C biasanya tidak digunakan untuk saluran air, melainkan sebagai pembungkus kabel instalasi listrik dan jaringan komunikasi. 

2. Jenis Pipa PVC Berdasarkan Ukuran

Pipa PVC biasanya dijual per batang pipa dengan panjang ukuran 4 m. Ukuran diameter yang ada juga beragam dan bisa kita bagi berdasarkan ketebalannya. Untuk memudahkan Anda, coba perhatikan tabel di bawah ini. 

 

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengetahui Ukuran Pipa PVC?

 

Jenis dan Ketebalannya

Ukuran

Kelas AW

Kelas D

Kelas C

-

-

5/8"

17 mm

1/2"

-

1/2"

22 mm

3/4"

-

3/4"

26 mm

1”

-

1”

32 mm

1 1/4"

1 1/4"

1 1/4"

42 mm

1 1/2"

1 1/2"

1 1/2"

48 mm

2”

2”

2”

60 mm

2 1/2"

2 1/2"

2 1/2"

76 mm

3”

3”

3”

89 mm

4”

4”

4”

114 mm

5”

5”

5”

140 mm

6”

6”

-

165 mm

8”

8”

-

216 mm

10”

10”

-

267 mm


3. Jenis Pipa PVC Berdasarkan Bentuk

Jenis pipa berdasarkan bentuknya dibagi menjadi tiga, yaitu pipa MOF, Fitting dan Talang. 

  • Pipa MOF

Pipa MOF merupakan pipa yang memiliki lubang diameter yang berbeda pada setiap ujungnya. Pipa seperti ini dapat langsung disambung dengan pipa lainnya tanpa perlu menggunakan sambungan pipa PVC

  • Pipa Fitting

Pipa yang satu ini dapat digunakan untuk menyambungkan dua hingga empat pipa. Memiliki bentuk seperti huruf T, huruf L, simbol tambah, increaser dan yang lainnya. Dengan begitu kita dapat menyesuaikannya dengan jumlah batang pipa PVC yang perlu kita sambung.

  • Pipa Talang

Berbeda dari yang lainnya, pipa satu ini memiliki bentuk huruf U. Dalam penggunaannya, pipa talang khusus digunakan untuk mengalirkan air hujan yang dipasang pada atap rumah. 

 

Itulah dia penjelasan tentang jenis pipa PVC dan fungsinya yang dapat Anda jadikan panduan. Jika Anda sedang mencari salah satu dari jenis pipa yang ada, atau bahkan semua jenisnya, Anda dapat langsung mengunjungi website KlopMart. KlopMart menyediakan semua jenis pipa yang Anda butuhkan, bahkan dengan berbagai ketebalan pipa yang ada, misalnya pipa Rucika AW. Anda bisa langsung memilih ukurannya dan klik beli. 

 

Setelah melakukan pembayaran yang diperlukan, barang yang telah dipesan akan langsung dipersiapkan untuk dikirim ke tempat Anda. Jadi tunggu apalagi? Segera kunjungi website KlopMart! Jika Anda mendapati artikel mengenai jenis pipa PVC dan fungsinya berguna, Anda dapat mengunjungi website KlopMart untuk mendapatkan informasi berguna lainnya.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya