10 Jenis Besi untuk Renovasi Rumah

Meski dianggap sebagai bahan terkuat, Anda perlu tahu bahwa masing-masing jenis besi memiliki kegunaannya tersendiri. Buat Anda yang ingin melakukan renovasi rumah maka ada baiknya untuk mengetahui apa saja jenis besi yang dibutuhkan dalam prosesnya. Kalau Anda sudah tahu, jangan lupa untuk memesan jenis besi yang dibutuhkan di Klopmart.


Besi yang dibutuhkan dalam proyek bahkan tidak terbatas hanya pada jenisnya saja, melainkan juga bentuk, ukuran, hingga ketebalannya. Informasi seperti inilah yang harus Anda ketahui. Coba pahami dahulu mengapa jenis-jenis besi tersebut dibutuhkan dan apa fungsinya dalam proyek renovasi rumah. 


Fungsi Besi dalam Konstruksi Rumah

Sebelum membahas jenis-jenis besi yang digunakan dalam renovasi rumah, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu fungsi besi dalam konstruksi. Besi pada dasarnya digunakan sebagai tulang punggung dalam konstruksi rumah.


Bahkan tidak hanya rumah, bangunan apa pun yang sedang dibuat membutuhkan besi agar bisa berdiri kokoh untuk waktu yang sangat lama. Dalam konstruksi rumah modern, besi digunakan sebagai bagian dari rangkaian beton bertulang. Fungsi utama besi dalam konstruksi rumah ialah untuk menahan beban dan memberikan kekuatan struktural yang dibutuhkan oleh bangunan. 


Biasanya besi akan digunakan dalam bentuk baja tulangan beton yang nantinya ditempatkan di dalam beton untuk meningkatkan kekuatan struktur bangunan. Baja tulangan beton ini membantu mencegah keretakan dan deformasi yang dapat mengancam keamanan dan stabilitas bangunan. 

Selain itu besi juga sering digunakan sebagai bahan untuk membuat rangka atap, kolom, dan balok pada bangunan. Tidak berhenti sampai peningkatan kekuatan struktural, besi juga berfungsi untuk memberikan daya tahan terhadap cuaca dan korosi. 

Baca juga: Biaya Renovasi Rumah per Meter: Panduan Lengkap

Meski tidak secara langsung, besi tulangan beton biasanya sudah dilapisi cairan anti karat agar memiliki ketahanan terhadap korosi. Pada akhirnya besi yang digunakan jadi dapat bertahan dalam waktu yang lama dan mempertahankan kekuatan strukturnya. 


Terakhir, besi juga digunakan dalam konstruksi rumah sebagai bahan untuk menghubungkan struktur yang berbeda. Misalnya, besi dapat digunakan sebagai bahan untuk menempelkan balok ke kolom atau menempelkan rangka atap ke dinding. Dalam kasus ini, besi berfungsi sebagai penjepit yang menghubungkan dua struktur berbeda. 


Dalam beberapa kasus lainnya, besi juga digunakan sebagai bahan untuk membuat bracket atau penyangga yang membantu mengatur dan mendukung berbagai komponen konstruksi rumah.

Jenis Besi untuk Renovasi Rumah

Jenis besi yang digunakan untuk renovasi rumah sebenarnya akan bergantung pada bagian apa saja yang akan diperbaiki. Apabila hanya bagian atapnya saja maka kemungkinan besar Anda hanya membutuhkan jenis besi CNP. 


Kemudian kebutuhan akan berbeda lagi kalau Anda merenovasi seluruh rumah. Pasti ada banyak jenis besi yang akhirnya harus dibeli agar pembangunan yang dilakukan dapat tetap kokoh sepanjang masa. 

1. Besi Beton

Besi beton adalah jenis besi yang dikenal sebagai bahan struktural utama dalam konstruksi bangunan. Besi ini memiliki kekuatan tarik dan tekan yang tinggi, serta tahan terhadap beban berat. Besi beton paling sering digunakan untuk membuat kolom, balok, dan fondasi bangunan lainnya. Ada dua jenis besi beton yang umum digunakan, yaitu besi polos dan besi ulir.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Besi Beton dengan Mudah

2. Besi Hollow

Besi hollow adalah pipa kotak yang berongga di bagian tengahnya. Bentuk ini membuat besi hollow lebih ringan daripada jenis besi lainnya, tetapi tetap cukup kuat untuk digunakan sebagai bahan rangka atap atau struktur pelindung pada dinding dan jendela.

Besi hollow tersedia dalam berbagai ukuran dan ketebalan sehingga Anda bisa dengan mudah memilihnya berdasarkan kebutuhan konstruksi.


Baca juga: Ukuran Besi Hollow Galvanis untuk Kebutuhan Anda

3. Besi WF

Besi WF memiliki bentuk H yang lebar sehingga memberikan kekuatan serta daya tahan yang cukup pada struktur yang digunakannya. Besi ini sering digunakan sebagai bahan untuk rangka atap dan kolom pada bangunan.


Besi WF tersedia dalam berbagai ukuran, ketebalan, dan panjang sehingga Anda tidak perlu khawatir kalau tidak ada ukuran yang diinginkan. Anda bisa dengan mudah mendapatkannya di pasaran sesuai dengan kebutuhan konstruksi.

4. Besi Ulir

Besi ulir memiliki bentuk ulir pada permukaannya sehingga memungkinkan baut dan mur dapat menempel dengan kuat pada struktur yang diikatnya. Besi ulir biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat baut dan mur pada konstruksi rumah. 


Besi ulir juga tersedia dalam berbagai ukuran dan panjang. Besi ulir sendiri termasuk jenis yang paling kuat. Bentuk permukaannya yang spiral serta tidak biasa justru menjadikannya paling dibutuhkan dalam proyek renovasi rumah secara menyeluruh. 


Baca juga: Tabel Ukuran Berat Besi Beton SNI untuk Ulir dan Polos

5. Besi Siku

Besi siku adalah besi dengan bentuk L yang sering digunakan sebagai bahan untuk rangka pintu, jendela, maupun pagar. Bentuk L pada besi siku memberikan kekuatan dan daya tahan yang cukup bagi struktur yang berhubungan dengannya. Sama seperti jenis lainnya, besi siku juga tersedia dalam berbagai ukuran, ketebalan, dan panjang yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.


Baca juga: Tabel Ukuran Besi Siku dan Fungsinya

6. Besi Pelat

Besi pelat merupakan besi dengan bentuk datar dan tebal sehingga penggunaannya dapat memberikan kekuatan sekaligus daya tahan yang cukup pada struktur yang dibangun. Besi pelat sering digunakan sebagai bahan untuk rangka tangga, platform, dan panel dinding. Besi pelat juga tersedia dalam berbagai ukuran, ketebalan, dan panjang.

7. Besi Setrip

Besi setrip mengacu kepada jenis besi yang tipis dan lebar sehingga sering digunakan sebagai bahan untuk pembuatan kisi-kisi pada jendela atau pintu. Bentuk tipis dan lebar pada besi setrip memungkinkan struktur yang dibuat menjadi lebih ringan namun tetap kokoh. Besi setrip tersedia dalam berbagai ukuran, ketebalan, dan panjang.

8. Besi Galvanis

Besi galvanis juga tidak boleh ketinggalan. Pasalnya jenis besi satu ini banyak digunakan karena daya tahannya terhadap korosi. Seperti namanya, besi galvanis dilapisi dengan lapisan zinc untuk melindungi besi dari korosi. 


Besi galvanis sering digunakan pada konstruksi rumah yang berada di daerah yang sering terkena air atau cuaca buruk. Alasannya karena besi galvanis lebih memiliki kemampuan untuk bertahan dalam cuaca yang buruk tersebut daripada jenis lainnya. Besi galvanis juga tersedia dalam berbagai ukuran, ketebalan, dan bentuk sehingga mudah disesuaikan dengan kebutuhan konstruksi.

9. Besi Wiremesh

Besi wiremesh merupakan jaring-jaring besi dengan bentuk yang saling terkait dan melintang. Biasanya jenis besi ini digunakan sebagai bahan pelindung pada dinding atau pagar. Besi wiremesh juga dapat digunakan sebagai bahan pembuat rangka atap. 

Besi wiremesh cukup mudah ditemukan di berbagai tempat penjual bahan material. Jadi tidak perlu pusing mencarinya ketika Anda membutuhkannya. Apalagi besi ini juga tersedia dalam berbagai ukuran dan ketebalan yang bisa langsung Anda pilih sesuai kebutuhan.


Baca juga: Jenis-Jenis Wiremesh dan Fungsinya yang Wajib Anda Pahami

10. Besi As

Besi as mengacu kepada jenis besi yang memiliki bentuk silinder dan sering digunakan sebagai bahan untuk membuat poros mesin, as roda, maupun poros pada konstruksi bangunan. Besi as tersedia dalam berbagai ukuran dan panjang. 


Jika Anda tidak menemukan ukuran yang tepat maka tinggal potong saja sesuai kebutuhan. Biasanya besi as dapat dipotong ataupun dibengkokkan dengan alat khusus.


Dalam proses renovasi atau pembangunan rumah, pemilihan jenis besi yang tepat sangat penting untuk memastikan kekuatan dan keamanan struktur bangunan. Setiap jenis besi memiliki kegunaannya masing-masing sesuai dengan kebutuhan konstruksi. Salah satu jenis besi yang sangat dibutuhkan dalam konstruksi rumah adalah besi siku galvanis. 


Jenis besi siku galvanis memberikan perlindungan dari korosi dan memiliki kekuatan yang cukup untuk digunakan sebagai bahan rangka pintu, jendela, dan pagar. Anda dapat membeli besi siku galvanis dengan mudah di Klopmart yang menjadi salah satu tempat jual beli bahan bangunan tepercaya di Indonesia. 


Klopmart menyediakan berbagai jenis besi dengan kualitas terbaik dan harga yang kompetitif sehingga Anda dapat memenuhi kebutuhan konstruksi rumah dengan lebih mudah serta efisien. Pesan semua alat dan bahan, termasuk seluruh jenis besi yang Anda butuhkan hari ini hanya di Klopmart! 

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya