4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Untuk menjaga agar besi tidak berkarat, perawatan dan perlindungan yang tepat sangat penting. Karat pada besi dapat menjadi masalah serius karena dapat merusak kekuatan dan penampilannya. Oleh karena itu, memahami faktor-faktor yang memicu karat dan menerapkan langkah-langkah pencegahan yang efektif merupakan kunci utama dalam mempertahankan kualitas dan umur panjang bahan besi. Lalu, bagaimana cara agar besi tidak berkarat? 

Dalam mencari cara agar besi tidak berkarat, memahami lingkungan tempat besi berada juga menjadi penting. Faktor-faktor seperti kelembapan udara, paparan air, dan kontak dengan bahan kimia dapat memengaruhi tingkat korosi pada besi. 

Oleh karena itu, selain menggunakan metode perlindungan seperti pelapisan dan penggunaan bahan anti-karat, menjaga lingkungan di sekitar besi agar sesuai dengan kondisi yang tidak menguntungkan untuk pembentukan karat juga menjadi strategi yang tepat.

Ada pun cara-cara lainnya yang bisa diimplementasikan untuk mencegah besi berkarat dapat Anda simak di bawah ini. 

promo klopmart

Sekilas tentang Karat pada Logam

Karat pada logam, khususnya besi, merupakan hasil dari proses oksidasi yang terjadi saat logam terpapar air dan udara. Proses ini menyebabkan terbentuknya senyawa oksida besi, yang membuat permukaan logam menjadi rapuh dan berubah warna menjadi cokelat kemerahan. 

Besi memiliki sifat yang mudah bereaksi dengan oksigen, sehingga rentan terhadap pembentukan karat. Dalam jangka waktu yang cukup lama, karat dapat merembes ke dalam logam dan merusak struktur serta kekuatan material tersebut.

Dampak dari karat pada logam sangat bervariasi. Selain merusak aspek estetika dengan mengubah penampilan logam menjadi tidak menarik, karat juga dapat menurunkan nilai ekonomis dari barang yang terbuat dari logam. Hal ini karena barang yang terlihat karatan biasanya dianggap kurang berkualitas dan kurang bernilai. 

Selain itu, karat juga dapat mengurangi kekuatan dan ketahanan logam, membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan fisik dan bahkan kegagalan struktural. Oleh karena itu, pengendalian karat pada logam menjadi penting untuk mempertahankan integritas dan kualitas dari berbagai produk logam.

Baca juga: 10 Jenis Besi untuk Renovasi Rumah, Apa Saja Itu?

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat

Mencegah karat pada besi dapat dilakukan dengan beberapa cara yang tepat agar besi tetap bersih dan bebas dari korosi. Berikut cara agar besi tidak berkarat yang dapat Anda implementasikan. 

1. Pengecatan Logam

Salah satu metode yang telah terbukti efektif dalam mencegah karat pada besi adalah dengan melakukan pengecatan logam. Melalui proses ini, permukaan besi dilapisi dengan cat atau pelapis khusus yang dirancang untuk melindungi logam dari paparan udara dan air. Cat ini membentuk lapisan pelindung yang mencegah oksigen dan air untuk bereaksi langsung dengan besi, sehingga mengurangi risiko terbentuknya karat.

2. Pelapisan Anti Karat

Selain pengecatan, pelapisan anti karat juga merupakan cara yang efektif untuk melindungi besi dari karat. Pelapis ini biasanya terbuat dari bahan kimia khusus yang mampu membentuk lapisan pelindung di permukaan logam. Lapisan pelindung ini menghalangi kontak langsung antara logam dan zat penyebab korosi, seperti air dan udara, sehingga mengurangi risiko terbentuknya karat.

3. Penggunaan Pelumas Khusus

Penggunaan pelumas khusus juga dapat menjadi solusi untuk mencegah karat pada besi. Pelumas ini membantu melindungi logam dari paparan air dan udara yang dapat memicu terbentuknya karat. Jika Anda melumasi permukaan besi secara teratur, pelumas dapat membentuk lapisan pelindung yang mencegah korosi dan menjaga kekuatan serta penampilan besi.

4. Metode Elektrokimia untuk Mencegah Karat

Metode elektrokimia, seperti galvanisasi atau pelapisan logam dengan logam lain yang lebih tahan karat, juga merupakan cara efektif untuk mencegah karat pada besi. Melalui proses ini, logam besi dilapisi dengan logam lain yang memiliki sifat tahan terhadap korosi, sehingga melindungi besi dari paparan lingkungan yang dapat menyebabkan karat. Metode ini umumnya digunakan dalam industri konstruksi dan otomotif untuk meningkatkan ketahanan korosi dari material besi.

Baca juga: 9 Merk Besi Beton SNI Terbaik di Indonesia 2024

Tips Praktis untuk Merawat Besi agar Tidak Berkarat

Merawat besi agar tetap bersih dan bebas dari karat membutuhkan perhatian dan tindakan yang tepat. Berikut beberapa tips praktis yang dapat Anda terapkan untuk merawat besi.

1. Membersihkan Besi Secara Teratur

Salah satu langkah penting dalam merawat besi adalah dengan membersihkannya secara teratur. Gunakan bahan pembersih yang tepat untuk menghilangkan debu, kotoran, dan partikel lain yang dapat menjadi penyebab terbentuknya karat. Pastikan untuk membersihkan logam dengan lembut dan menyeluruh untuk menjaga kebersihan permukaannya.

2. Menjaga Kelembapan dan Kekeringan Logam

Kelembapan yang berlebihan dapat mempercepat proses korosi pada logam. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kelembapan dan kekeringan logam dengan baik. Pastikan logam tetap kering setelah dibersihkan dan terlindungi dari lembap yang berlebihan, seperti menyimpannya di tempat yang terlindungi dari hujan atau kelembapan udara yang tinggi.

3. Menghindari Paparan Logam terhadap Zat-Zat Korosi

Hindari paparan besi terhadap zat-zat korosif seperti bahan bakar minyak dan bahan kimia berbahaya lainnya. Kontak dengan zat-zat ini dapat mempercepat proses korosi pada logam, sehingga perlu dihindari sebisa mungkin.

Baca juga: Perbedaan Besi Vs Baja yang Jarang Diketahui

4. Menyimpan Logam dengan Benar

Cara menyimpan besi juga berpengaruh dalam mencegah terbentuknya karat. Pastikan besi disimpan di tempat yang kering dan terlindungi dari paparan udara dan air. Gunakan alas atau pelindung tambahan jika perlu untuk melindungi besi dari goresan dan kerusakan selama penyimpanan. Saat menyimpan besi dengan benar, Anda dapat memperpanjang umur dan menjaga kebersihan permukaannya.


Cara agar besi tidak berkarat membutuhkan perhatian terhadap beberapa aspek penting seperti membersihkan secara teratur, menjaga kelembapan dan kekeringan, menghindari paparan zat-zat korosif, dan menyimpan logam dengan benar. Saat menerapkan tips-tips praktis ini, Anda dapat memastikan besi tetap bersih, terawat, dan bebas dari karat, sehingga memperpanjang umur dan menjaga kualitasnya.

Untuk memenuhi kebutuhan besi yang berkualitas, terutama saat melakukan proyek konstruksi, Anda bisa kunjungi Klopmart. Dapatkan berbagai pilihan besi berkualitas dan perlengkapan bangunan lainnya dengan harga terbaik dan layanan pengiriman yang cepat dan aman. 

Klopmart merupakan Toko Jual Material Bahan Bangunan Online Terlengkap yang siap memenuhi kebutuhan konstruksi Anda. Kunjungi Klopmart sekarang juga dan dapatkan besi serta bahan bangunan berkualitas tinggi sekarang juga!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya