5 Cara Menghilangkan Kutu Busuk dengan Garam, Dijamin Lari!

Ingin tahu cara menghilangkan kutu busuk dengan garam secara alami dan efektif ? Coba cara yang sederhana namun ampuh ini: menggunakan garam. Garam, yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata memiliki kemampuan luar biasa untuk mengusir kutu busuk dari rumah Anda.

Selain garam, ada banyak bahan alami lainnya yang dapat Anda coba di rumah. Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini!

promosi klopmart

Cara Menghilangkan Kutu Busuk dengan Garam secara Ampuh

Berikut ini informasi lengkap tentang cara menghilangkan kutu busuk dengan garam beserta langkah-langkah yang perlu dilakukan:

1. Persiapan Bahan dan Perlengkapan

Siapkan garam dapur biasa. Garam halus lebih disarankan karena mudah menyerap ke dalam tubuh kutu busuk. Anda juga membutuhkan botol semprot atau alat aplikator lainnya untuk menyemprotkan garam ke area yang terinfeksi.

2. Larutkan Garam dengan Air

Caranya cukup dengan menuangkan garam ke dalam wadah dan mencampurkannya dengan air dalam perbandingan 1:1 untuk hasil yang lebih ampuh. Pastikan garam larut secara sempurna karena hal ini akan mempengaruhi efektivitasnya dalam membunuh kutu busuk.

3. Semprotkan Larutan Garam

Setelah membersihkan area, aplikasikan air garam ke tempat-tempat di mana kutu busuk biasanya bersembunyi. Ini termasuk celah-celah di dinding, lantai, serta di sekitar tempat tidur atau perabotan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Pesing pada Kasur

4. Diamkan selama Beberapa Jam

Biarkan garam bekerja selama beberapa hari. Garam akan menyerap kelembaban dari tubuh kutu busuk dan membuatnya mati.

Setelah beberapa hari, periksa area yang telah diberi garam. Anda mungkin akan melihat kutu busuk mati atau terlihat lebih sedikit. Jika masih diperlukan, ulangi proses ini beberapa kali hingga kutu busuk benar-benar hilang.

5. Tindakan Pencegahan

Setelah berhasil menghilangkan kutu busuk, lakukan tindakan pencegahan agar mereka tidak kembali. Ini termasuk menjaga kebersihan rumah, memperbaiki celah-celah di dinding atau lantai yang bisa menjadi tempat persembunyian, dan menjaga kelembaban di rumah agar tidak terlalu tinggi.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menghilangkan kutu busuk dengan menggunakan garam secara efektif dan alami.

Baca juga: 10 Cara Membasmi Kutu Kucing yang Mudah Dilakukan

Pilihan Bahan Alami Lainnya untuk Menghilangkan Kutu Kasur

Selain garam, Bberikut adalah beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan kutu busuk yang mengganggu.

1. Cuka

Jika membicarakan cuka mungkin yang ada di benak banyak orang yaitu salah satu bahan yang digunakan untuk membuat acar. Padahal cuka juga bisa diandalkan untuk membasmi kutu kasur yang berada di kasur. Sebelum digunakan untuk membasmi kutu kasur , sebaiknya persiapkan dahulu bahan yang diperlukan yaitu cuka dan botol semprot.

Masukkan cuka secukupnya ke dalam botol semprot. Setelah itu semprotkan cairan cuka tersebut ke sarang kutu busuk yang ada di kasur. Cuka akan membuat kutu dan telurnya cepat mati. Setelah itu jangan lupa untuk menjemur kasur karena bekas cuka bisa menimbulkan bau yang tidak sedap.

2. Kulit Durian

Setelah makan buah durian, sebaiknya jangan buang dahulu kulitnya. Pasalnya kulit durian bisa sangat berguna untuk membasmi kutu kasur . Kumpulkan kulit durian dan letakkan di area tempat kutu kasur bertelur. Aroma kulit durian yang kuat akan membuat kutu kasur mati dan tidak akan kembali lagi.

Sayangnya cara yang satu ini juga akan membuat kasur Anda juga memiliki aroma durian yang kuat. Jika Anda terganggu dengan aroma tersebut, segera jemur kasur di bawah matahari hingga aroma duriannya menghilang.

Baca Juga: Cara Mengatasi WC Mampet dengan Garam

3. Lilin

Lilin pastinya menjadi salah satu barang yang pasti ada di setiap rumah. Lilin sangat berguna saat terjadi lampu mati. Akan tetapi, benda yang satu ini menyimpang kegunaan lain yaitu sebagai pembasmi kutu kasur.

Anda hanya perlu menyalakan lilin dan meneteskan cairan lilin yang meleleh ke atas kasur khususnya di tempat kutu kasur berada. Teteskan lilin secara merata sehingga kutu kasur bisa mati karena terkena cairan lilin tersebut. Setelah itu, jangan lupa membersihkan kasur dari sisa-sisa lilin agar kasur tetap nyaman seperti sebelumnya.

4. Gel Silika

Selain menggunakan bahan alami seperti bahan-bahan yang disebutkan di atas, menghilangkan kutu kasur juga bisa menggunakan gel silika. Bahan yang biasanya digunakan untuk menyerap kelembaban dan menjaga benda tetap kering ini rupanya juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu kasur dari kasur ataupun sofa.

Cara membasmi kutu kasur dengan gel silika juga cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan gel silika secukupnya dan menaburkannya di area kasur. Kutu kasur dan telurnya yang ada di kasur akan mati saat terkena gel silika. Setelah itu, jangan lupa bersihkan kasur dan jemur di bawah matahari agar bekas silica gel bisa segera hilang.

5. Minyak Tanah dan Kapur Barus

Untuk membasmi kutu kasur dengan cara ini, Anda membutuhkan bantuan semprotan. Campurkan minyak tanah dan kapur barus lalu semprotkan ke area sarang kutu kasur atau tungu di kasur Anda. Selain ampuh, cara membasmi kutu kasur satu ini juga relatif mudah diterapkan karena barang-barang yang Anda butuhkan dapat didapatkan dengan mudah.

Jika tidak memiliki minyak tanah, Anda dapat menggunakan kapur barus saja untuk menghilangkan kutu kasur. Anda tinggal mengoleskan kapur barus pada area-area yang diserang oleh tungau atau kutu. Tetapi, karena kapur barus terbuat dari bahan kimia, ada baiknya Anda tidak menggunakan kapur barus terlalu sering apalagi jika ada anak kecil di rumah Anda.

Baca Juga: 3 Manfaat Kapur Barus Untuk Pakaian

6. Sinar Matahari

Jika Anda tidak ingin menggunakan bahan kimia, sinar matahari adalah salah satu cara efektif untuk membasmi keberadaan kutu kasur. Caranya pun sangat sederhana. Anda tinggal menjemur kasur, bantal, guling, dan peralatan tidur lainnya di bawah sinar matahari langsung.

Dengan membiarkan kasur Anda di bawah sinar matahari langsung, suhu kasur Anda akan meningkat dan membuatnya menjadi tidak lembab. Kutu kasur atau tungau tidak suka dan tidak bisa hidup di tempat yang tidak lembab.

Untuk dapat membunuh kutu kasur secara efektif, pastikan Anda memindahkan semua barang-barang dan membersihkan kamar Anda agar kutu kasur atau tungau tidak dapat menemukan tempat lain untuk bersembunyi.

7. Air Panas

Jika Anda memiliki waktu luang, ada baiknya Anda mencuci kasur Anda dengan air panas untuk dapat membunuh kutu kasur dengan mudah. Saat mencuci kasur, ada baiknya Anda mencampurkan air panas dengan sabun anti bakteri.

Jika Anda memiliki ketel listrik, Anda bisa menggunakannya untuk membuat uap panas. Uap panas ini dapat digunakan untuk menghilangkan kutu kasur di sudut-sudut kasur yang sulit dijangkau.

bahan material bangunan klopmart

Kesimpulan

Itulah dia cara membasmi kutu busuk yang dapat Anda lakukan. Kutu busuk yang bersarang di kasur memang bisa sangat mengganggu karena hewan tersebut bisa membuat kulit gatal dan menimbulkan alergi. Jika kasur Anda terdapat hewan tersebut, segera lakukan cara-cara di atas.

Apabila Anda ingin membasmi kutu kasur dengan cara mencucinya, tentunya dibutuhkan peralatan kebersihan yang lengkap, salah satunya selang air.

Sebagai Toko Material Bahan Bangunan Online Terlengkap, Klopmart menyediakan selang benang yang sesuai dengan kebutuhan Anda! Selain itu, untuk proyek konstruksi yang lebih efisien dan berkualitas, pastikan Anda memilih bahan bangunan terbaik dari Klopmart.

Kami menawarkan berbagai pilihan produk konstruksi berkualitas tinggi dengan harga bersaing. Dengan produk yang andal dan pelayanan yang profesional, Anda dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas proyek konstruksi Anda.

Jangan ragu untuk menghubungi Klopmart untuk kebutuhan bahan bangunan Anda. Temukan produk terbaik untuk proyek Anda hanya di Toko Jual Material Bahan Bangunan Online Terlengkap!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya