5 Cara Menghilangkan Bekas Cat di Lantai dengan Mudah

Cara menghilangkan bekas cat di lantai tidaklah sulit, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa membersihkan noda ini pada lantai ini. Mungkin kita sudah hati-hati dalam proses pengecatan, namun terkadang masih ada cat yang jatuh di lantai. Ketika kering, cat ini tidak bisa dibersihkan begitu saja. Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa menghilangkan bekas cat dari lantai Anda. Mari kita mulai.

Inilah Cara Menghilangkan Bekas Cat di Lantai

Noda cat yang tumpah ke lantai akan membuat rumah Anda terlihat kotor, maka sebisa mungkin harus dibersihkan. Dengan berbagai cara di bawah ini, Anda akan bisa membersihkan noda cat dengan mudah.
 

1. Membersihkan Cat Menggunakan Paint Remover

Paint remover merupakan sebuah cairan kimia khusus yang digunakan untuk membersihkan cat dari permukaan material. Jenisnya akan dibedakan berdasarkan tingkat agresivitasnya dalam membersihkan noda cat. Dalam kasus membersihkan noda cat dari lantai, pilihlah paint remover yang memiliki tingkat agresivitas yang rendah agar tidak merusak lantai keramik Anda.

Ketika ingin menggunakan cairan kimia yang satu ini, Anda harus memastikan ventilasi dan jendela terbuka untuk memperlancar sirkulasi udara. Uap dari paint remover harus segera keluar dari ruangan karena akan berbahaya jika terhirup dalam jumlah yang banyak. Gunakan juga sarung tangan karet untuk menghindari kulit Anda dari tumpahan cairan paint remover. Oleskan cairan ini menggunakan kuas pada lantai. Diamkan selama 2-3 menit. Angkat cat dengan kape/scraper secara perlahan. Bersihkan lantai dari sisa-sisa cat dan perontok cat menggunakan kain basah.

Baca juga: cara mengatasi tembok lembab dan cat mengelupas
 

2. Manfaatkan Thinner

Sama dengan paint remover, selalu ingat untuk memastikan bahwa ruangan memiliki sirkulasi udara yang lancar. Jika tidak, uap dari thinner akan mengendap di dalam ruangan. Aplikasikan thinner menggunakan kuas atau kain pada lantai yang terkena noda cat. Gunakan kembali kape untuk membersihkan area tersebut secara perlahan agar noda cat tidak melebar. Gunakan air bersih dan cairan pewangi untuk menghilangkan thinner dan baunya dari ruangan.
 

3. Gunakan Kape Untuk Mengikis Noda Cat

Jika noda cat dirasa belum membandel dan bisa dibersihkan tanpa harus menggunakan kedua cairan di atas, kape bisa Anda gunakan. Alat yang berbentuk seperti spatula dan banyak dijual di toko bahan bangunan ini bisa Anda gunakan untuk mengikis noda cat. Pegang gagang kape membentuk sudut 45 derajat dan gosok pada area yang terkena noda cat. Bersihkan sisa-sisa debu dengan kain basah atau pel. Hati-hati untuk tidak menggores lantai Anda.

Baca juga: 7 Jenis Cat Tembok Beserta Kegunaannya
 

4. Manfaatkan Amplas

Amplas dengan grade halus juga bisa membantu Anda. Berikan air pada noda cat yang akan Anda bersihkan. Gosok dengan perlahan menggunakan ampas hingga noda menghilang. Bersihkan lantai dari kotoran yang tersisa menggunakan lap.
 

5. Campuran Air dan Cuka Putih

Pertama, campurkan air dan cuka putih dengan perbandingan yang sama. Didihkan larutan ini, setelah itu oleskan larutan ke kain bersih. Oles secara perlahan pada noda cat yang menempel di lantai, hati-hati karena larutan ini masih panas. Larutan ini akan melembutkan cat yang akan bisa Anda gosok dengan sikat agar noda terangkat. 

Bahan-bahan di atas akan mudah Anda temukan pada toko peralatan bangunan. Sehingga tidak akan terlalu sulit untuk menerapkan cara-cara ini Semoga dengan informasi mengenai cara menghilangkan bekas cat di lantai ini bisa membantu Anda, cek juga harga remover cat di Klopmart sekarang juga!

Baca juga: merk cat tembok yang bagus


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
07 Apr 2021

Related Article