Apa itu Plumbing? Mengapa Sebuah Bangunan Membutuhkannya?

Apa itu plumbing? Mengapa sebuah bangunan memerlukan plumbing? Plumbing adalah suatu sistem yang memampukan air mengalir ke seluruh area bangunan. Bayangkan jika rumah Anda tidak memiliki sistem plumbing yang mengalirkan air ke seluruh rumah, Anda pasti tidak bisa menggunakan air di toilet, dapur, atau area lainnya.

Sekilas penjelasan ini sudah sedikit memberi tahu kita betapa pentingnya plumbing dan mengapa setiap bangunan membutuhkannya. Untuk memahami plumbing lebih lanjut, Anda bisa membacanya di bawah ini.

Apa itu Plumbing?

Plumbing adalah suatu sistem pemasangan pipa yang memiliki fungsi utama menyediakan air bersih dan sebagai penyalur air ke area-area yang telah ditentukan. Plumbing juga memiliki fungsi lain yaitu menyediakan sistem pembuangan limbah supaya tidak mencemari lingkungan. Sederhananya, plumbing merupakan sistem perpipaan yang harus ada pada semua bangunan.

Sistem perpipaan berarti menyangkut semua perawatan dan pemasangan pada setiap pipa yang terpasang. Tidak adanya sistem plumbing berarti tidak ada air yang bisa mengalir ke seluruh area bangunan, baik itu airan air bersih atau aliran limbah untuk dibuang. Ini sama saja seperti Anda tidak bisa menggunakan air apapun di dalam rumah dan semua aktivitas bisa terganggu.

Baca juga: 4 Cara Instalasi Pipa Air yang Benar untuk Rumah & Bangunan!

Prinsip Dasar Instalasi Plumbing

Dalam proses instalasi pipa di sebuah bangunan, ada beberapa prinsip dasar yang perlu diperhatikan. Mengimplementasikan prinsip-prinsip ini penting supaya struktur pipa tidak mengganggu proses konstruksi dan begitu juga sebaliknya.

1. Mengikuti Konsep Denah Bangunan

Sebelum memasang pipa, penting untuk melihat denah konstruksi dari bangunan tersebut. Melihat denah bangunan tersebut akan memastikan bahwa pemasangan pipa-pipa berada pada tempat yang tepat. Apabila pemasangan pipa-pipa dilakukan dengan sembarangan atau tidak berdasarkan denah, ada kemungkinan besar terjadi kebocoran dan struktur bangunan tidak bisa kokoh seperti yang seharusnya.

Baca juga: Standarisasi Pipa Air

2. Perlindungan Konstruksi

Masih berhubungan dengan poin pertama, pemasangan pipa yang tidak baik dapat merusak struktur bangunan tersebut. Bisa saja bangunan tersebut berdiri, namun dalam 2-5 tahun ke depan semua struktur akan goyah. Jadi pemasangan plumbing juga harus mementingkan dan memperhatikan perlindungan konstruksi bangunan. Untuk memastikan bangunan dapat berdiri kokoh, perlu ditambahkan selubung pada area-area yang akan ditembus oleh pipa.

3. Perlindungan Pipa

Tidak hanya struktur konstruksi yang harus diperhatikan, tetapi juga pipa. Percuma saja bila struktur bangunan diperkuat tetapi sistem pipa jadi berantakan. Jika ini terjadi, sistem pipa yang bermasalah akan merusak struktur kokoh yang sudah dibuat sedemikian rupa.

Dengan begitu semua usaha perlindungan pun sia-sia. Oleh karena itu sistem pipa yang telah dipasang juga harus diberi perlindungan. Lapisan untuk melindungi pipa bisa dilakukan dengan memberi lapisan cat atau aspal.

Baca juga: Tabel Ukuran Pipa PVC dari Jenis AW, D dan kelas C

4. Peralatan yang Sesuai

Peralatan yang digunakan dalam instalasi pipa ini juga harus diperhatikan. Setiap bangunan memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda-beda, sehingga semua peralatan yang digunakan berbeda-beda.

5. Perencanaan Instalasi yang Baik

Instalasi pipa yang baik dan benar memerlukan suatu tempat pengeluaran udara. Tempat pengeluaran udara ini pada dasarnya berguna untuk menghindari penyumbatan yang mungkin terjadi. Instalasi yang baik perlu memasang katup dengan posisi yang benar, yaitu bergantung pada kemiringan dari pipa yang dipasang. Sebagai contoh, jika pipa berada dalam kemiringan normal (datar), pemasangan katup perlu sedikit miring dan searah dengan aliran air.

Baca juga: 8 Jenis Sambungan Pipa PVC

6. Perencanaan Sistem Pembuangan

Sempat disebut di awal bahwa sistem plumbing juga memiliki fungsi sebagai sistem pembuangan limbah. Pada prinsip ini, pipa untuk pembuangan limbah perlu memiliki kemiringan yang sama atau lebih besar dari diameter pipa. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada yang tersumbat di dalam pipa dan terhindar dari risiko turbulensi aliran.

Dengan ini kita mengerti bahwa keberadaan sistem plumbing sangat penting bagi semua bangunan. Memilih pipa yang tepat untuk pemasangan pipa-pipa ini juga penting. Sedang mencari spesifikasi serta harga pipa air? Anda bisa langsung mengunjungi website KlopMart. Terdapat berbagai macam pipa air beserta sambungan pipa yang bisa Anda pilih dan pesan dengan cepat.

Demikian artikel mengenai apa itu plumbing dan mengapa sistem ini penting dalam sebuah bangunan, silakan mengunjungi website kami untuk membaca artikel bermanfaat lainnya.

Sumber artikel:

  • https://stellamariscollege.org/sistem-plumbing/

Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
19 Mar 2022

Related Article