Pompa dan Pipa

10 Jenis Jenis Tandon Air, Kenali Plus Minusnya Sebelum Membeli!

Media
10 Mei 2023

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Jenis-jenis tandon air yang ada di pasaran saat ini sudah sangat banyak. Jadi Anda punya banyak pilihan tandon untuk menyesuaikan kebutuhan. Untuk bisa melakukan pembelian yang tepat, tentunya Anda harus tahu masing-masing perbedaan yang ditawarkan oleh berbagai jenis tandon. 


Penting untuk memperhatikan berbagai aspek seperti kualitas bahan yang digunakan, tujuan pemakaian, hingga kapasitasnya dalam menampung air. Langkah pertama dari semua proses pemilihannya ialah memahami kebutuhan Anda. Saat kebutuhan sudah diketahui dengan baik maka mudah saja memilih jenis tandon air yang tepat. 


Mempelajari berbagai jenisnya juga akan membuat Anda memahami seluruh karakteristik tandon yang dipilih sehingga perawatan berkala bisa dilakukan dengan benar. Kalau begitu tanpa berpanjang lebar lagi mari langsung saja simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Manfaat Tandon Air

Tandon air atau yang biasanya disebut sebagai tangki air merupakan tempat penampungan untuk air hujan. Jadi hujan yang turun tidak terbuang ke tanah begitu saja melainkan dimanfaatkan secara maksimal untuk penggunaan rumah tangga ataupun pabrik. 


Tandon air sejatinya memang tidak wajib digunakan oleh seluruh masyarakat. Namun akan sangat baik dan berguna apabila Anda memilikinya di rumah. Coba perhatikan beberapa manfaatnya berikut ini. 

1. Mengurangi Pengeluaran per Bulan

Biaya air yang Anda keluarkan setiap bulannya bisa ditekan dengan kepemilikan tandon air. Hal ini dapat terjadi karena telah tersedia air bersih dari hujan yang ditampung di dalam tandon. Jadi Anda tidak lagi membutuhkan air bersih dari lembaga terkait dan bisa memanfaatkan air hujan yang terus tersedia sepanjang tahun. 

2. Upaya Menjaga Lingkungan

Meski air hujan tidak terbatas jumlahnya, tetapi ada waktu-waktu tertentu hujan tidak turun. Apabila terjadi dalam waktu yang panjang maka kekeringan bisa terjadi dan mengakibatkan kerusakan lingkungan. 


Namun kekeringan tidak akan jadi masalah saat Anda memiliki ketersediaan air yang banyak untuk menyiram tanah. Pastinya hal ini akan membantu menjaga lingkungan serta ekosistem dapat berjalan sebagaimana seharusnya. 

3. Persediaan Air Tidak Habis

Apabila listrik mati maka secara otomatis air juga tidak akan bisa diakses. Padahal air termasuk kebutuhan primer yang harus terus ada agar aktivitas rumah tangga dapat berjalan lancar. Keberadaan tandon air di rumah Anda jelas banyak membantu ketika hal ini terjadi. Anda masih dapat menggunakan air bersih hasil tampungan serta penyaringan yang sudah dilakukan sebelumnya. 

4. Penyimpanan Air Bersih Aman

Penyimpanan air dalam tandon sejatinya sangat aman dan bersih. Apabila Anda menggunakan berbagai macam filter untuk menyaring air hujan yang tertampung maka ketersediaan air bersih akan tetap ada. 


Baca juga: Pembuatan Konstruksi Tandon Air dari Beton

Jenis-Jenis Tandon Air 


Seperti disebutkan sebelumnya, Anda punya banyak pilihan untuk memilih jenis tandon air yang paling tepat. Tanpa berpanjang lebar, langsung saja pelajari masing-masing perbedaannya di bawah ini. 

1. Tandon Stainless Steel

Tandon stainless steel paling banyak dicari karena bahan materialnya yang kuat dan tahan lama. Meskipun logam, bahan stainless steel sudah dikenal tidak rentan berkarat sehingga penggunaannya terbilang aman. Anda juga tidak perlu khawatir akan campuran bahan kimia lainnya seperti merkuri yang dapat menyebabkan kanker. 


Stainless steel dapat dipastikan aman serta memiliki maintenance alias perawatan yang jauh lebih mudah. Asalkan Anda melakukan perawatan dan dibersihkan secara berkala maka tandon stainless steel bisa digunakan dalam jangka waktu panjang. 

2. Tandon Fiberglass Atas Tanah

Selain tandon dari bahan stainless steel, masyarakat juga banyak yang menggunakan bahan fiberglass. Hal ini dikarenakan bahan fiberglass memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan stainless steel


Meski demikian, kualitas tandon air dari fiberglass tetap baik. Daya tampungnya kuat serta sangat ringan apabila ingin dipindahkan. Penempatan fiberglass sendiri terbagi menjadi dua yakni di atas dan di bawah tanah. Tandon fiberglass di atas tanah jelas akan memudahkan Anda dalam perawatan berkala dan pengaturan apabila terjadi masalah teknis. 

3. Tandon Fiberglass Bawah Tanah

Kualitas tandon fiberglass bawah tanah tentunya tetap sangat baik. Menempatkannya di bawah tanah membuat Anda punya ruang yang lebih luas karena tidak perlu menyediakan tempat untuk tandon. 


Rumah Anda pun jadi terlihat lebih rapi tanpa adanya tandon yang terlihat. Namun memang menempatkan tandon di bawah tanah memerlukan usaha yang jauh lebih besar. Anda harus memperhitungkan segala kemungkinan masalah yang terjadi agar tidak kerepotan pada kemudian hari. 

4. Tandon Polyethylene (PE)

Tandon polyethylene atau bisa disebut juga sebagai tandon plastik merupakan tempat penampungan air alternatif yang lebih terjangkau daripada stainless steel. Tandon jenis ini memiliki bobot yang ringan sehingga Anda bisa memindahkannya dengan mudah. 


Bahan polyethylene dipilih karena penggunaannya yang kokoh dan tahan benturan. Jadi Anda tidak perlu khawatir terhadap kebocoran atau keretakan akibat benturan yang keras. 

5. Tandon Baja yang Disolder Karbon

Tandon yang terbuat dari baja pastinya memiliki daya tahan sangat kuat. Karakteristik materialnya yang kokoh pasti mampu menahan segala benturan tanpa masalah kebocoran. Namun Anda perlu mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk memiliki tandon jenis ini mengingat bahan baja memang sangat berkualitas. 

6. Tandon Bladder Model Bantal

Kalau Anda membutuhkan tempat penampungan sementara maka tandon bladder model bantal bisa jadi pilihan tepat. Sama seperti namanya, yakni model bantal, tandon air satu ini punya bentuk persegi panjang menggunakan bahan PVC yang menyerupai bantal. 


Biasanya jenis tandon ini tidak digunakan untuk penyimpanan rumah tangga tetapi lebih kepada pengantaran air bersih dari satu tempat ke tempat lainnya. 

7. Tandon Lipat atau Folding

Tandon lipat juga sangat fleksibel dalam pemakaian. Anda hanya perlu membuka lipatan tandon lalu mengisinya dengan air. Apabila sudah tidak digunakan maka Anda bisa langsung melipatnya dan menyimpannya untuk kebutuhan pada kemudian hari. 


Kepemilikan tandon lipat ini akan sangat berguna dalam keadaan genting seperti dalam acara-acara tertentu. Namun ingat penggunaannya hanya untuk penyimpanan air sementara. Apabila Anda menggunakannya untuk penyimpanan air permanen, tandon satu ini tidak akan bertahan lama. 

8. Tandon Corrugated untuk Industri

Tempat penampungan air bersih tidak hanya dibutuhkan oleh rumah tangga saja. Perusahaan besar dan industri juga membutuhkan tempat penampungan air yang baik. Kalau Anda sedang mencari ukuran besar untuk industri maka tandon corrugated adalah jawabannya. Kualitas bahan yang digunakan juga sudah bagus sehingga bisa bertahan dalam jangka waktu panjang.

9. Tandon Baja Berukuran Besar

Ada juga tandon baja berukuran besar yang umumnya digunakan untuk bisnis perhotelan serta rumah sakit. Keberadaan tandon air tersebut pastinya memudahkan bisnis untuk memenuhi kebutuhan air mereka. 

10. Tandon Beton

Terakhir ada jenis tandon yang menggunakan beton untuk pemakaian yang sangat lama. Penggunaan beton dalam hal ini sangat cerdas karena air yang ditampung di dalamnya bisa tetap tersimpan dengan baik. 


Namun Anda perlu memperhatikan pembuatannya dan penempatannya agar tidak terjadi masalah kebocoran atau munculnya lumut yang dapat mengontaminasi air. 

Tips Memilih Tandon Air Sesuai Kebutuhan


Setelah memahami berbagai jenis tandon air, sudah saatnya Anda memilih yang tepat sesuai kebutuhan. Ada 7 hal penting yang harus Anda perhatikan berikut ini: 

  1. Kapasitas: Pertimbangkan kapasitas tandon air yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Contohnya keluarga kecil yang hanya membutuhkan air untuk keperluan sehari-hari maka tandon air dengan kapasitas 500 liter sudah cukup.

  2. Bahan: Pilihlah tandon air yang terbuat dari bahan yang aman dan tahan lama.

  3. Bentuk dan ukuran: Pilihlah bentuk dan ukuran tandon air yang sesuai dengan ruang yang tersedia di rumah atau di tempat kerja. Ada beberapa bentuk tandon air yang tersedia, seperti bulat, persegi, atau segitiga.

  4. Sistem Penyimpanan: Pilihlah jenis tandon air yang sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar, seperti tandon air dengan sistem penyimpanan tertutup atau terbuka. Jika lingkungan sekitar sering terkena debu, tandon air dengan sistem penyimpanan tertutup bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

  5. Harga: Sesuaikan harga tandon air dengan budget yang tersedia. Harga tandon air dapat bervariasi tergantung pada kapasitas, bahan, dan fitur yang disediakan.

  6. Merek: Pilihlah merek tandon air tepercaya dan memiliki kualitas yang baik. Cari referensi dari teman atau keluarga yang sudah menggunakan tandon air untuk memudahkan Anda dalam memilih merek yang tepat.

  7. Kualitas Air: Perhatikan juga kualitas air yang akan disimpan di dalam tandon air. Pastikan air yang akan disimpan sudah melalui proses penyaringan atau pengolahan yang baik.


Dalam memilih jenis tandon air yang tepat, Anda tidak bisa bertindak sembarangan. Pastikan Anda sudah memahami semua informasi yang dijelaskan di atas demi menemukan tandon air yang tepat. Klopmart juga menawarkan produk tandon air yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Langsung kunjungi Klopmart dan cek harga toren air yang tersedia. 


Baca juga: KIAT MEMILIH TANGKI AIR (TANDON AIR)


Setelah itu tinggal lakukan pembayaran dan tandon akan dikirim ke alamat Anda. Jangan ragu untuk menghubungi tim Klopmart jika ada kendala atau pertanyaan lebih lanjut. Klopmart siap membantu Anda dalam memilih tandon air yang tepat sesuai kebutuhan! Selamat berbelanja di Klopmart dan semoga informasi jenis-jenis tandon air di atas bermanfaat untuk Anda! 


Sumber rujukan: 

  • https://www.rumah.com/panduan-properti/toren-air-31784
  • https://www.klopmart.com/article/detail/tandon-air-adalah
  • https://berita.99.co/tandon-air/
  • https://arafuru.com/material/jenis-jenis-tangki-air-menurut-bahan-pembuatnya.html

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya