Pompa dan Pipa

STANDARISASI PIPA AIR

Media
10 Feb 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Table Of Contents

    Setelah membahas jenis-jenis pipa air, sekarang kita bahas tentang standarisasi pipa yang umum ada di Indonesia. Standarisasi ini umumnya digunakan untuk proyek pembangunan jaringan saluran air pada bangunan dan rumah tinggal. Standarisasi ini berlaku untuk industri pembuatan pipa air, sehingga ukuran-ukuran yang dibuatnya pun sesuai di dalam batasan-batasan. Tidak ngawur asal buat.

    Standarisasi yang ada di Indonesia itu ada 4 macam, yaitu SNI, JIS, BS, dan ASTM. Mari kita bahas satu per satu.

     

    SNI atau Standar Nasional Indonesia adalah standarisasi industri yang dikeluarkan oleh otoritas Panitia Teknis yang ditetapkan oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN). Standar SNI berlaku nasional yaitu di seluruh wilayah yang termasuk di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

     

    JIS atau Japanese Industrial Standards mengatur standarisasi kegiatan industri Jepang. Standarisasi ini dikoordinasi oleh Komite Standar Industri Jepang yang dirilis oleh Japanese Industrial Standards Association (JSA) atau Asosiasi Standar Jepang. Sebagai sebuah negara industri, Jepang perlu memiliki standarisasi sendiri sehingga kualitas hasil industrinya tetap terjaga.

     

    BS atau British Standards adalah standarisasi yang dikeluarkan oleh British Standard Institution (BSI). Standarisasi ini sudah ada sejak 1901 dan dibuat berdasarkan aspek rekayasa, sistem kualitas, keselamatan, dan keamanan. Standarisasi ini mengatur seluruh produk industri barang maupun jasa di seluruh wilayah Kerajaan Inggris beserta negara-negara persemakmurannya (commonwealth).

     

    ASTM atau American Society for Testing and Material yang didirikan oleh para insinyur dan ilmuwan Amerika Serikat tahun 1898. Awalnya untuk membuat suatu standar baku untuk rel kereta api saat industri perkeretaapian sedang berkembang pesat. Standarisasi ini adalah yang paling tua, sebelum BS dan saat ini digunakan oleh negara negara maju dan negara-negara berkembang, selain wilayah negara Amerika Serikat sendiri.

     

     

    Mari kita perhatikan perbandingan ukuran antara SNI, JIS, BS dan ASTM:

    Catatan:

    ND: Nominal Diameter (diameter nominal pipa)

    OD: Outer Diameter (diameter luar pipa)

    (Sumber Wikipedia.com dan PipaAir.com)

    Inspirasi Lainnya

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Alat Safety

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Selengkapnya
    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Alat Safety

    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Selengkapnya
    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Cat dan Kimia

    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Selengkapnya