7 Cara Membuat Resapan Air Limbah Rumah Tangga yang Efektif

Air limbah rumah tangga merupakan limbah cair hasil buangan dari perumahan (rumah tangga), bangunan perdagangan, perkantoran, dan sarana sejenis. Semakin banyak kegiatan manusia, maka akan semakin meningkat juga hasil limbah yang satu ini. Oleh karena itu diperlukan sistem sanitasi yang baik agar bisa mengamankan lingkungan dari berbagai hal yang tidak diinginkan. Pahami bagaimana cara membuat resapan air limbah rumah tangga yang efektif disini.
 

Membuat Resapan Air Limbah Rumah Tangga

Air deterjen sisa cucian dan air sabun adalah bentuk limbah cair rumah tangga. Anda harus bisa membedakannya dari air tinja karena limbah ini tidak bisa dimasukkan ke septic tank. Dibutuhkan sarana lain untuk bisa menyalurkan jenis limbah cair ini. Sarana tersebut bisa berupa sumur resapan dan juga saluran pembuangan air limbah. Limbah cair rumah tangga yang berupa tinja dan urine disalurkan ke tangki septik yang dilengkapi dengan sumur resapan. Limbah cair rumah tangga akan disalurkan ke saluran pembuangan air limbah. Namun, bisa juga membuat resapan lainnya untuk jenis air limbah ini.
Beberapa hal yang berkaitan dengan pengertian dan kegiatan yang berhubungan dengan limbah cair menurut PP 82 tahun 2001 yaitu :

  • Air adalah semua air yang terdapat diatas dan dibawah permukaan tanah, kecuali air laut dan fosil.
  • Sumber air adalah wadah air yang terdapat diatas dan dibawah permukaan tanah, seperti, mata air, sungai, rawa, danau, waduk, dan muara.
  • Pengelolaan kualitas air adalah upaya pemeliharaan air sehingga tercapai kualitas air yang diinginkan sesuai peruntukannya untuk menjamin kualitas tetap dalam kondisi alamiahnya.
  • Pengendalian pencemaran air adalah upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran air serta pemulihan kualitas air untuk menjamin kualitas air agar sesuai dengan baku mutu air.
  • Pencemaran air adalah masuknya  makhluk hidup, zat, energy, dan/atau komponen lain kedalam air oleh kegiatan manusia sehingga kualitas air turun sampai ketingkat tertentu yang menyebabkan air tidak berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya.
  • Limbah cair adalah sisa dari suatu hasil usaha dan atau kegiatan yang berwujud cair.
  • Baku mutu limbah cair adalah, ukuran batas atau kadar unsur pencemar yang ditenggang keberadaannya dalam limbah cair yang akan dibuang atau dilepas kedalam sumber air dari suatu usaha atau kegiatan.

Baca juga: 3 Jenis Pipa Saluran Air dengan Menggunakan Bahan Plastik
 

Setiap bangunan rumah tangga pasti akan memiliki pipa pembuangan. Melalui pipa ini maka Anda akan bisa menyambungkannya dengan saluran menuju tempat resapan. Untuk membuat resapan ini, akan dibutuhkan beberapa alat dan bahan seperti:

  • Pipa Paralon ½ inci sesuaikan dengan kebutuhan Anda untuk panjangnya.
  • Sabut atau ijuk
  • Koral (batu untuk cor)
  • Saringan pasir
  • Paku beton
  • Kompos/sampah organik (bisa dari daun-daun kering)

Baca juga: Mengenal Pentingnya Sistem Drainase di Perumahan
 

Sedangkan itu langkah pembuatan saluran resapan air limbah skala rumah tangga adalah:

  1. Potong paralon buangan air (paralon 3 inci) pada salah satu titik (cari titik tempat air paling banyak mengumpul). 
  2. Gali tanah di sekitar paralon tersebut dengan bentuk persegi. Buat dengan kedalaman +- 1 meter, ukuran lebar dan panjang sesuai kebutuhan.
  3. Potong paralon ½ inci menjadi potongan kecil-kecil sepanjang 15 cm. Masukkan potongan-potongan paralon tersebut ke dalam tanah dengan bantuan palu.
  4. Taburkan kompos atau sampah organik pada lapisan paling bawah, kompos dapat dibuat dari sampah organik atau daun-daun kering, ratakan.
  5. Letakkan koral atau bebatuan di atas kompos, ratakan. Bagian ini berfungsi sebagai penyaring untuk menjernihkan air.
  6. Untuk lapisan paling atas, masukkan sabut kelapa yang akan berfungsi sebagai filter untuk menyaring air sabun dan bahan-bahan hasil dari produk kimia.
  7. Masukkan saringan pasir ke dalam tanah, dan paku dengan paku beton. Saringan pasir ini berfungsi menahan sabut kelapa agar tidak mengapung.

Nah itulah dia cara membuat resapan air limbah rumah tangga yang bisa Anda coba. Temukan berbagai kebutuhan Anda dan cek harga pipa air di Klopmart untuk mempermudah kegiatan Anda. Yuk kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga: Pengertian Drainase dan Jenis-jenisnya

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Tips & Trik

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Selengkapnya
5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Tips & Trik

5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Selengkapnya
11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Tips & Trik

11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Selengkapnya