7 Cara Membuat Saluran Pembuangan Air Limbah Rumah Tangga dengan Mudah

Seperti apa sih cara membuat saluran pembuangan air limbah rumah tangga? Kenapa tidak dibuang begitu saja di halaman, kan air bisa menguap jika terkena panas matahari? Atau langsung dibuang ke sungai saja?  Ini adalah pemikiran yang salah. 

Sebuah air limbah hasil dari kegiatan rumah tangga adalah sesuatu yang tidak akan ingin Anda lihat berserakan di halaman rumah. Ada banyak kerugian yang ingin Anda hindari dari hal yang satu ini. Lalu bagaimana cara untuk mengolah limbah ini agar tidak merusak lingkungan? Jawabanya ada dengan saluran pembuangan air limbah yang dirancang dengan baik. Untuk menjawab pertanyaan Anda di awal, berikut ini adalah berbagai macam informasi yang bisa membantu dalam permasalahan ini.


Mengapa Anda Harus Membuat Saluran Pembuangan Air Limbah Rumah Tangga?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, air limbah adalah sesuatu yang tidak akan ingin Anda buang ke lingkungan secara langsung. Beberapa alasan yang mendukung hal ini adalah:

  1. Air Limbah Sangat Bau

Jika Anda membuang air limbah langsung ke lingkungan, maka aroma tidak sedap adalah hal pertama yang akan langsung bisa Anda rasakan. Membuat kegiatan sehari-hari menjadi tidak nyaman.

  1. Berbagai Macam Bakteri Berbahaya

Kotoran manusia secara alami mengandung bakteri coliform, seperti E.coli dan bakteri lain yang dapat menyebabkan penyakit. Setelah air terinfeksi bakteri ini, maka kesehatan orang banyak akan menjadi taruhannya.

  1. Banyaknya Kandungan Berbahaya Lainnya

Air limbah mengandung nitrogen dan fosfat yang dapat mendorong pertumbuhan alga. Pertumbuhan alga yang berlebihan dapat menghalangi sinar matahari dan mengotori air. Ada juga bahan organik yang akan mulai membuat bakteri di lingkungan mulai membusuk. 

Pada proses ini, bakteri akan mengkonsumsi oksigen di dalam air. Kurangnya oksigen yang dihasilkan bisa membunuh makhluk hidup di air sungai seperti ikan. Air limbah juga bisa membuat air terlihat keruh dan dapat mempengaruhi kemampuan banyak ikan untuk bernapas dan melihat. Alga yang meningkat, berkurangnya oksigen, dan kekeruhan menghancurkan kemampuan sungai atau danau untuk mendukung kehidupan liar, dan semua ikan, katak, dan bentuk kehidupan lainnya akan perlahan bisa mati.


Bagaimana Cara Membuat Saluran Pembuangan Air Limbah Rumah Tangga?

Untuk mengatasi ini, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat sumur resapan. Caranya yaitu sebagai berikut:

Bahan dan alat:

  • Pipa 1/2i nci secukupnya
  • Sabut atau ijuk
  • Koral
  • Saringan pasir
  • Paku beton secukupnya
  • Kompos/sampah organik atau daun-daun kering
  • Palu, gunting kawat, pacul, cetok, dan pisau cutter

Proses Pembuatan:

  1. Potong pipa buangan air pada titik tempat air paling banyak mengumpul. 
  2. Gali tanah di sekitar pipa tersebut dengan kedalaman +- 1 meter, ukuran lebar dan panjang bisa disesuaikan.
  3. Potong pipa ½ inci menjadi potongan kecil-kecil sepanjang 15 cm. Masukkan potongan-potongan pipa ke dalam tanah dengan bantuan palu.
  4. Taburkan kompos atau sampah organik pada lapisan paling bawah.
  5. Letakkan batu koral di atas kompos yang berfungsi sebagai penyaring untuk menjernihkan air
  6. Masukkan sabut kelapa sebagai lapisan paling atas. Benda ini akan menjadi filter yang akan menyaring sabun dan bahan-bahan hasil dari produk kimia.
  7. Pasang saringan pasir dan masukkan ke dalam tanah. Gunakan paku untuk menahannya. Saringan pasir ini berfungsi menahan sabut kelapa agar tidak mengapung.

Membiarkan air limbah rumah tangga tersebar di halaman atau dibuang langsung ke sungai bukanlah solusi yang tepat. Selain menyebabkan bau tidak sedap, air limbah juga mengandung berbagai bakteri berbahaya dan zat kimia yang dapat merusak lingkungan serta kesehatan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Oleh karena itu, penting untuk membangun saluran pembuangan air limbah yang sesuai dengan standar dan mematuhi prosedur yang benar. Salah satu solusinya adalah dengan membuat sumur resapan yang menggunakan berbagai bahan dan alat untuk menyaring dan membersihkan air limbah sebelum disalurkan ke tanah. Dengan demikian, kita dapat menjaga kebersihan lingkungan dan mencegah terjadinya dampak negatif akibat pembuangan limbah secara sembarangan.

Bila Anda membutuhkan pipa, maka langsung saja cek di Klopmart karena kami adalah agen pipa PVC Rucika yang siap membantu Anda. Gunakan pipa kami untuk melengkapi cara membuat saluran pembuangan air limbah rumah tangga ini.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya