Memahami 8 Jenis Sambungan Pipa PVC

Pipa berbahan poly vinyl chloride atau PVC sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Fungsinya adalah untuk menyalurkan air dari tempat satu ke tempat lainnya. Agar pengaliran air berjalan maksimal dibutuhkan sambungan pipa. Mulai dari sambungan pipa lurus hingga sambungan pipa PVC empat arah. Jenis sambungan pipa PVC masih dibedakan lagi menjadi delapan jenis. Berikut di antaranya!

 

Socket

Socket dikenal sebagai sambungan pipa PVC yang utama. Fungsinya adalah untuk memperpanjang pipa dengan cara menyambungnya secara lurus antara pipa satu dengan pipa lainnya. Dalam pengaplikasiannya, socket digunakan menyambung pipa dari jenis dan ukuran yang sama. Jenis socket juga masih dibagi lagi seperti socket dengan drat yang ada di luar dan socket dengan socket di dalam. Ada juga socket yang memiliki dua drat, di luar dan di dalam.

 

Elbow

Jika socket digunakan untuk menyambung dua pipa berukuran sama, elbow memiliki fungsi untuk membelokkan aliran air. Masyarakat sering menyebutnya dengan bentuk sambungan ‘L’. Bagian ulir atau drat di elbow biasanya terdapat pada bagian dalam untuk menyambungkan antar pipa PVC. Berdasarkan tingkat derajat belokannya, elbow pun masih dibedakan lagi menjadi tiga jenis. Ada sambungan pipa elbow 90 derajat, elbow 45 derajat dan elbow yang memiliki drat luar ataupun drat dalam.

 

Tee Stuck

Sambungan pipa PVC empat arah memang efektif dalam membagi aliran air. Namun, sebelum kemunculan sambungan tersebut, sudah ada saluran yang membagi dalam dua arah yang disebut tee stuck. Nama tersebut dikarenaka bentuknya yang seperti huruf ‘T’. Aliran yang ada berasal pada pipa lurus kemudian dibelokkan menjadi dua arah ke kanan dan ke kiri. Meski familiar dengan bentuk huruf ‘T’, beberapa jenis dibuat dengan bentuk yang sedikit menyimpang seperti bentuk huruf ‘Y’.

 

Cross

Untuk sambungan pipa PVC cross, fungsinya untuk membagi saluran air menjadi tiga arah. Ketiga arah tersebut memiliki tekanan yang sama rata baik itu pada arah kiri, kanan, dan tengah. Dengan cara seperti ini masing-masing akan mendapatkan pasokan air dalam jumlah yang cukup. Keberadaan cross ini harus Anda cek terlebih dahulu sebelum digunakan untuk mengetahui apakah kondisinya masih baik agar terhindar dari kebocoran.

 

Reducer

Kemudian dalam perangkat sambungan pipa PVC ada pula yang dinamakan reducer. Kegunaannya ialah menyambung dua pipa yang memiliki diameter berbeda. Hal ini berbeda dengan socket yang hanya dapat menyambung pipa PVC dengan ukuran diameter yang sama. Reducer memiliki dua tipe yang berbeda. Reducer elbow berfungsi untuk membelokkan dan memperkecil aliran air sedangkan reducer socket fungsinya untuk menyambung pipa lurus serta memperkecil aliran di dalam socket.

 

Adapter

Adapter banyak dipilih dan menjadi sebuah solusi dalam menyambung atau menghubungkan dua buah pipa PVC. Khususnya untuk pipa yang memiliki ukuran diameter berbeda-beda. Keunggulannya adalah, pipa yang bisa disambung oleh adapter tidak hanya berjumlah dua sambungan saja tetapi dapat menyambung lebih dari dua buah.

 

Penutup

Seperti namanya, pipa ini memliki fungsi sebagai penutup pipa. Baik itu untuk menutup ujung aliran dan berfungsi sebagai plug atau penutup yang khusus untuk menutup sambungan pipa PVC empat arah dan sambungan lainnya. Ada pula yang disebut penutup cap dimana penutup ini akan menutup secara permanen dan tidak bisa dibuka kembali.

 

Nipple

Terakhir, sambungan pipa PVC yang perlu Anda ketahui adalah nipple. Pada sambungan ini fungsinya adalah untuk mengencangkan pipa-pipa yang digunakan. Biasanya nipple lebih dari sambungan pipa PVC empat arah dan berbentuk segi enam.

Itulah kedelapan sambungan pipa PVC empat arah dan sambungan lainnya yang sering digunakan. Jika Anda menginginkan pipa PVC dan sambungannya dengan kualitas terbaik bisa klik di sini. Semoga bermanfaat.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
06 Agu 2019

Related Article