12 Jenis Jenis Tang dan Fungsinya

Tidak hanya satu jenis, ada banyak jenis-jenis tang yang perlu Anda ketahui. Jenis-jenis tang memiliki fungsi yang berbeda yang sangat esensial bagi kalangan di industri otomotif hingga kepemilikan pribadi di rumah. 

Secara umum, tang merupakan salah satu hand tools yang berfungsi untuk memegang atau menjepit suatu benda secara kuat. Selain itu, tang jenis tertentu juga berfungsi untuk memotong benda yang memiliki karakteristik tebal dan keras. 

Memiliki tang sebagai inventaris pribadi di rumah merupakan hal yang perlu Anda pertimbangkan. Hal ini karena tang akan berguna untuk membantu pekerjaan yang memiliki hubungan dengan pemeliharaan rumah dan berbagai bidang lainnya seperti kelistrikan atau reparasi. 

Jika Anda berniat ingin membeli tang untuk inventaris pribadi, ada baiknya untuk mengetahui jenis jenis tang yang ada. Beruntungnya Anda karena Klopmart akan mengulas jenis-jenis tang beserta fungsinya. Simak artikel berikut hingga akhir untuk menentukan jenis tang mana yang cocok untuk Anda miliki!

12 Jenis-jenis Tang dan Fungsinya 

Perlu Anda ketahui, tang memiliki banyak jenis yang berbeda. Setiap jenisnya bahkan memiliki fungsi masing-masing. Ingin tahu apa saja jenis-jenis tang? Berikut adalah 10 jenis tang beserta fungsinya.

1. Tang Potong 

Jenis Tang Potong

Jenis tang yang pertama adalah tang potong atau side cutting plier. Bentuk dari tang potong ini memiliki ujung kepala yang lonjong dan rahangnya tajam. 

Fungsi utama dari tang potong sesuai dengan namanya, yaitu untuk memotong. Tang potong berfungsi untuk memotong benda seperti kabel atau kawat, dan mengupas kulit kabel. Selain itu, fungsinya juga untuk memasang dan melepas cotter pin. Pastikan untuk tidak memotong benda logam yang keras dengan tang potong karena akan merusak bagian rahang pada tang dan membuatnya menjadi tidak tahan lama.

2. Tang Sambung Slip

Tang sambung slip atau slip joint plier adalah jeni tang yang berfungsi sebagai penjepit. Tang jenis ini banyak dimiliki, karena pada umumnya tang sambung slip akan menjadi bonus bila Anda membeli kendaraan bermotor beserta kunci-kunci yang lainnya. Tang sambung slip dapat digunakan untuk menjepit barang dari yang berdiameter kecil hingga besar. 

Jenis tang ini memiliki kelebihan seperti ukuran rahang tangnya yang dapat diperbesar. Maka dari itu, tang sambung slip bersifat adjustable dan mudah digunakan dalam beberapa kasus reparasi. 

Baca juga: 8 Macam Paku yang Harus Anda Kenali

3. Tang Catut

Tang catut memiliki banyak nama lain seperti tang geget atau tang kakatua. Model rahang pada tang catut hampir menyerupai paruh burung kakatua. Selain itu, tang catut juga disebut dengan end cutting plier. 

Fungsi dari tang catut adalah untuk memotong benda. Benda yang dapat dipotong oleh tang catut seperti kawat atau tembaga dari ukuran yang kecil hingga ukuran yang besar. Selain itu, tang catut juga berfungsi untuk mencabut paku.

4. Tang Crimping

Tang crimping adalah jenis tang yang paling populer dalam dunia kelistrikan. Tang crimping berfungsi untuk mengupas kabel. Desain dari tang crimping sendiri sudah disesuaikan sedemikian rupa untuk mengunci terminal ke kabel dan berbagai macam ukuran kabel.

Tang crimping dinilai sebagai jenis tang yang paling baik untuk memotong kawat dan kabel. Hal ini dikarenakan tang crimping akan memotong atau mengupas kabel tanpa harus ada rasa khawatir bila tembaganya akan ikut terpotong.

5. Tang Snap Ring

Tang Snap Ring

Tang snap ring atau circlip plier adalah tang yang sering Anda jumpai. Bentuk uniknya yang memiliki ujung bulat dan runcing memudahkan untuk masuk ke lubang snap ring. Sehingga, jika berurusan dengan snap ring seperti melepas dan memasang, tang inilah bala bantuan Anda.

6. Tang Kombinasi

Anda pasti tidak akan asing dengan jenis tang kombinasi. Tang kombinasi atau combination plier adalah tang yang paling banyak dimiliki karena memiliki beberapa fungsi sekaligus. Tang ini memiliki bentuk yang besar dan kuat. 

Tang kombinasi memiliki banyak permintaan yang tinggi di pasaran karena memiliki fungsi yang beragam. Asal nama tang kombinasi sendiri juga berasal dari fungsinya yang berkombinasi pada satu alat saja. Beberapa fungsi yang dari tang kombinasi di antaranya adalah : 

  • Tang kombinasi berfungsi untuk menjepit dan mencengkram kabel, kawat hingga lembaran plat;
  • Tang kombinasi berfungsi untuk mengunci mur, kepala baut atau batang yang berbentuk bulat dengan diameter kurang dari 1 cm; 
  • Tang kombinasi juga berfungsi untuk memotong kawat atau kabel kecil.

Baca juga: 6 Langkah dan Cara Plester Tembok yang Baik dan Benar

7. Tang Lancip

Tang Lancip

Tang lancip atau tang cucut juga bisa disebut long nose plier. Nama lancip atau cucut ini karena bentuk dari tang ini yang runcing dan panjang, sehingga memberi kesan lancip. Permukaan pada penggenggamnya berbentuk gerigi seperti moncong ikan cucut.

Fungsi dari tang lancip ini adalah untuk memegang benda yang kecil di bagian yang sempit. Selain itu, tang ini berfungsi untuk membentuk atau membelokkan kabel atau lembaran besi yang bersifat lunak.

8. Tang Air

Tang air juga biasa disebut sebagai tang burung. Pada bagian tangkai di tang air ini memiliki slot dan pin yang berfungsi untuk menggeser bagian tangkai yang lainnya sesuai dengan keinginan.

Fungsi dari tang air adalah untuk menjepit atau memutar benda yang berukuran besar seperti pipa dengan diameter besar. Tang air juga berfungsi untuk menjepit clamp pada selang radiator. 

9. Tang Buaya

Tang buaya atau vice grip memiliki nama yang unik karena bentuknya yang mirip dengan moncong buaya. Tang buaya memiliki fitur pengunci benda yang dijepit secara kuat. 

Fungsi dari tang buaya adalah sebagai penjepit dan penahan benda dengan kuat agar benda yang dijepit tidak mudah bergeser. Penjepitan ini dilakukan sambil melakukan proses lain terhadap benda seperti pengelasan, memotong, mengebor, atau menggerinda.

10. Tang Paku Keling

Tang Paku Keling

Tang paku keling atau tang rivet adalah jenis tang yang memiliki gagang panjang dengan ujung tang yang berbentuk silinder. Pada bagian tengah silinder memiliki lubang yang berfungsi untuk tempat paku keling atau paku rivet. 

Fungsi tang paku keling adalah khusus untuk memasang paku keling atau paku rivet. Setelah pemasangan benda, tang paku keling akan memotong batang paku keling yang digunakan tadi.

11. Tang Slip Joint

Tang slip joint merupakan jenis tang yang digunakan untuk memindahkan atau memutar benda kerja seperti baut dan mur. Kelebihan dari tang ini adalah tang ini memiliki bentuk dan ukuran rahang tang yang dapat diperbesar.

12. Tang Press Manual

Tang press manual adalah jenis tang yang pada umumnya bermanfaat untuk menyambungkan kabel kecil yang memiliki tegangan listrik yang tidak terlalu tinggi. Jenis tang ini juga bisa untuk memotong kabel dengan bentuk yang lebih sempurna.

Fungsi dari tang ini adalah untuk menghubungkan kabel atau skun kabel dengan kabel-kabel lainnya.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa jenis-jenis tang beserta fungsinya yang dapat Anda gunakan untuk sehari-hari. Setelah mengenal jenis-jenis tang, apakah Anda sudah menentukan pilihan untuk membeli yang mana? Untuk pembelian segala jenis tang dengan kualitas bagus, Anda bisa membelinya di Klopmart! 

Berbagai macam jenis tang tersedia di Klopmart. Kami jual tang potong dan jenis tang lainnya dengan spesifikasi yang tersedia secara lengkap di website Klopmart! Tunggu apalagi, segera hubungi kami di sini dan temukan jenis-jenis tang yang bisa Anda inginkan!

Sumber referensi: 

  • https://bacabrosur.blogspot.com/2019/08/macam-macam-tang-dan-fungsinya.html
  • https://www.qhomemart.com/blog/macam-macam-tang/
  • https://www.amesbostonhotel.com/macam-macam-tang/

Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
25 Nov 2022

Related Article